Arisan Backlinks: April Hamsa yang Produktif Menulis dan Mengurus Keluarga

Ketika ada event invitation di komunitas blogger dan di antara banyaknya komentar para membernya tentang event tersebut, ada yang khas di sana yaitu pertanyaan “boleh bawa anak, nggak? :P”

Itulah bagaimana saya mencirikan seorang Mbak Aprillia Ekasari atau yang lebih kondang dengan nama penanya “April Hamsa”. Saya tersenyum saja ketika beberapa kali Mba April melontarkan pertanyaan serupa di beberapa event invitation bagi para member komunitas blogger. Jika nanti saya punya anak mungkin saya akan meniru Mba April: membawa krucils-nya ke event-event blogger. Mau bagaimana lagi, sesama anak rantau yang hidup jauh dari keluarga dan sanak saudara ini.

Beberapa waktu lalu, di acara workshop parenting dan launching KLOP cookies, saya bertemu untuk kedua kalinya dengan Mba April di Bistronomy-Kemang. Saat itu, Mba April yang datang dengan ditemani dua balitanya terlihat sibuk menyuapi si kecil. Saya ngga habis pikir bagaimana cara Mba April bisa membagi konsentrasi ke acara utama dengan keriweuhan dua anaknya itu (riweuh nggak sih?). Yang jelas, saya Cuma ternganga-nganga saja begitu Mba April posting resportase acara tersebut di blognya. Sumpah lengkap buangetttttssss…….. dan memang ciri khas lain dari Mba April ini adalah tulisan reportase event-event yang dihadirinya itu loh yang super lengkap dari pembukaan sampai penutupan. Ini beneran bikin saya heran sejadi-jadinya. Padahal, Mba April mengaku kalau sebenarnya dia belum bisa menjadwalkan waktu menulis harus jam segini atau jam segitu karena Maxy dan Dema, dua balitanya itu, suka marah kalau ibunya pegang leptop. Kalau mau nulis di malam hari eeh gantian ayahnya yang sebel. Jadi, jika memang ada sela saat semua orang tidur, barulah dia bisa menulis. Tapi tetap saja saya heran “koq bisa sangat produktif ya?” belum lagi beberapa hari sekali saya pasti melihat Mba April membagikan tulisan-tulisan terbarunya di medsos.

Read also:   Pengalaman Melahirkan dengan "Gentle"

Mengenal sosok Mba April lebih dekat lagi, dia arek Suroboyo yang sudah hobi menulis sejak kecil. Setelah menikah, dia berhijrah ke Jakarta. Saat di Surabaya dulu, dia pernah bergabung di lembaga pers mahasiswa kampus dan sempat menjadi pemimpin redaksinya. Selain itu, dia juga sempat bergabung di Forum Lingkar Pena Surabaya, kemudian dengan beberapa orang temannya, mereka mendirikan FLP Kids Surabaya (wadah untuk anak-anak yang ingin menulis) yang berlangsung selama satu periode.

Mba April memiliki cita-cita suatu hari nanti bisa mempunyai buku cerita untuk anak-anak. Semangat dan prestasinya di dunia tulis menulis memang patut diapresiasi. Saat bergabung di lembaga pers kampus, tulisan-tulisannya banyak dipublikasikan di media sekolah/ kampus. Mba April ini mempunyai dua buku antologi yaitu “Kolak Ramadhan: Kumpulan Kisah Manis di Bulan Suci (2008, Buku Antologi bersama Komunitas Sekolah Kehidupan)” dan “Cinta dari Cikini (2010, Buku Antologi bersama Komunitas MP4Palestine”. Satu bukunya lagi akan launching tanggal 20 Juni 2016 nanti.  Dia juga pernah menjadi Juara Pertama Lomba Surat Lingkungan “Life for Live” oleh Kedai Baca WALHI dan Universitas Airlangga (12 Juni 2007).

Pengalaman Mba April di dunia blog sudah sejak tahun 2005-2006, dia sempat berganti platform dari Multiply ke self-hosted blog yang hingga kini masih dipakai yaitu www.keluargahamsa.com. FYI, “Hamsa” itu adalah gabungan nama suaminya (Ilham) dan Mba April (Sari). Umur blognya sudah 3 tahunan lebih, tetapi Mba April baru aktif lagi mengisinya sekitar 6 bulan terakhir ini. Dulu kesibukan mengurus Maxy dan toko online rupanya begitu menyita waktunya. Mba April memutuskan untuk banyak menulis tentang parenting dan kesehatan ibu dan anak. Dari keaktivannya mengisi blog, dia mendapat tawaran menjadi content writer di salah satu web kesehatan ibu dan anak yaitu web bernama rumpibayi.com. Berkah ngeblog lainnya yang dia dapatkan yaitu menjadi Juara Harapan I Giveaway Nostalgia Putih Abu yang diselenggarakan oleh www.arinamabruroh.com (2015) dan Juara II Lomba Potret Laki-laki dan Dunia Anak yang diselenggarakan oleh www.nchiehanie.com, www.deyfikri.com, dan ceritabudi.wordpress.com (2013).

Read also:   Arisan Backlinks: Tya Napitupulu dan Kekerasan pada Perempuan

Nah bagi yang ingin berkontak langsung dengan Mba April, si mommy blogger yang inspiratif ini, silakan langsung menuju medsosnya:

  • Blog: www.keluargahamsa.com
  • Facebook: April Hamsa
  • Twitter @april_hamsa
  • IG: @april.hamsa
  • email: april@keluargahamsa.com
Please follow and like me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *