Arisan Backlinks: Inna Riana si Emak Riweuh yang Produktif dengan Segudang Aktivitas

Profil blogger yang akan saya bahas kali ini adalah Mba Inna Riana aka Riana Wulandari. Mba Inna, sapaan akrabnya, lebih dikenal sebagai “emak riweuh” yang akhirnya julukan tersebut menjadi nama personal branding blognya. Pertemuan saya dengan Mba Inna pertama kali di acara BlogHolicID di Dilo Bogor. Selanjutnya, Mba Inna menjadi salah satu koordinator di grup WhatsApp Arisan Backlinks yang sangat rajin mengingatkan membernya untuk segera setor arisan tiap dua minggu sekali.

Seorang ibu dari 3 orang anak ini, lahir 40 tahun lalu. Setelah menikah tahun 2002 lalu, Mba Inna mengikuti suaminya merantau di beberapa daerah di Indonesia: Semarang, Banjarmasin, Solo, Denpasar, Palangkaraya, dan Makassar. Kata Mba Inna, dalam 11 tahun ini beliau sudah pindah rumah sebanyak 10 kali. Waaah, saya cuma terbayang betapa rempongnya berpindah-pindah rumah seperti Mba Inna. Saya sendiri saja malas duluan jika membayangkan harus berpindah dari satu rumah ke rumah lainnya. Apalagi sampai sepuluh kali ya.

Wanita berdarah campuran Sunda dan Jawa ini membuat nama “Emak Riweuh” untuk blog dan twitternya karena terinspirasi dari situasi rumah tangganya yang diakui riweuh alias repot karena Mba Inna mengasuh ketiga anaknya tanpa asisten rumah tangga. Meskipun riweuh, Mba Inna ini tetap menyempatkan waktunya  untuk menuliskan pengalamannya di rantau dan tempat-tempat wisata yang pernah ia kunjungi

Yang saya salutkan dari seorang Mba Inna adalah kemampuan manajemen waktunya dalam berkegiatan sehari-hari sebagai ibu rumah tangga, blogger, mengurus orang tua, dan merintis usaha kecil-kecilannya. Sudah kebayang memang pasti riweuh banget ya menjadi seorang Mba Inna. Mba Inna dan suaminya juga punya toko obat loh. Selain itu, sempat juga berjualan aksesori handmade secara online dan dititip ke toko busana muslim tetangganya tapi sementara ini usaha tersebut vakum karena Mba Inna kerepotan dalam membagi waktunya yang superrrr padat itu.

Read also:   Arisan Backlinks: Tertular Semangat dari Sosok Ina Tanaya

Di tengah kepadatan aktivitasnya, wanita berkacamata lulusan Kesejahteraan Sosial FISIP UNPAD Bandung ini ternyata mengelola tujuh blog! APA? Iya TUJUH BLOG! Meskipun menurutnya hanya tiga blog saja yang selalu up to date, tetap saja saya takjub dengan “ke-iseng-an”nya dalam beternak blog. He he he… Yuk silakan diintip nih alamat blognya Mba Inna:

  1. www.emakriweuh.com tentang parenting, jalan-jalan, dan blogging.
  2. www.innariana.com tentang cerita curhat, fashion, fiksi, dan lomba.
  3. www.dapurngebut.com tentang resep masakan, cerita memasak, dan seputar kuliner.
  4. www.inas-craft.blogspot.com tentang aksesoris handmade dan tutorial cara membuatnya. Rencananya, Mba Inna ingin membuat online store khusus dari blog ini. Semoga terwujud segera ya Mba…
  5. Blog Kompasiana : www.kompasiana.com/innariana. Tidak aktif.
  6. Blog Detik : http://innariana.blogdetik.com. Tidak aktif.
  7. Blog rahasia

“Sejak mengenal blog, saya seolah menemukan dunia baru. Mendapat banyak ilmu dan teman baru lewat komunitas blogger. Berkat blog, saya bisa menerbitkan buku antologi “Heart Ring. Ketika Hati Saling Memiliki” pada tahun 2014 bersama komunitas Warung Blogger. Pada tahun yang sama, saya terpilih menjadi Finalis 50 Besar Srikandi Blogger 2014. Berkat ajang ini, saya mendapatkan kesempatan berkunjung ke Kantor Google Indonesia di Jakarta. Meskipun tidak menang, saya senang bisa kenalan dengan para finalis yang sekarang sudah menjadi blogger ternama.” (Inna Riana).

Waaaah ternyata sebelumnya, di tahun 2014, saya pernah ada di satu event dengan Mba Inna yaitu saat acara Srikandi Blogger. Saat itu, saya baru saja mengenal Komunitas Emak2 Blogger (KEB) dan saya diberi kesempatan mengisi sesi fashion show di acara tersebut. Ternyata oh ternyata, saat itu Mba Inna sudah melanglangbuana di dunia blog dan bahkan menjadi 50 besar finalis Srikandi Blogger! Saluuutt….

Read also:   NKRI Harga Mati, NKRI Tempat Kembali

Oh ya, saat ramadhan kemarin, timeline FB dan instagram saya hampir tidak pernah telat dari postingan masakan dari Mba Inna yang hobi masak di “dapur ngebut”nya ini. Dalam sehari dia bisa memposting dua sampai tiga kali. Pertama makanan sahur, cemilan pengantar buka puasa, dan makanan buka puasa.

“Dapur ngebut memang selalu ngebut dalam memasak. Ketika matang, hasil masakan saya potret dengan terburu-buru. Saat sahur, saya cuma punya waktu 10 menit untuk memotret sebelum membangunkan pasukan riweuh untuk makan sahur. Untuk memotret masakan buka puasa atau cemilannya, saya ‘berkejaran’ dengan matahari yang mau tenggelam. Lalu buru-buru mandi jelang adzan maghrib. Keringetan bo!”

Di dunia blog, Mba Inna sesekali ikut meramaikan giveaway dari teman-teman blogger untuk menjalin silaturahim dan meramaikan ajang, terkadang jadi sponsor juga. Tetapi, Mba Inna jarang sekali ikutan lomba blog, katanya sih karena nggak kuat begadang untuk menemukan ide yang tokcer hehehehe. Ada pun prestasi dan hadiah lomba yang pernah diperoleh oleh Mba Inna antara lain smartphone Samsung Galaxy Note 3 sebagai Juara kedua dari Morinaga Chil-Go! Writing Competition pada Februari 2016.

Selain ngeblog, Mba Inna juga hobi memotret dengan smartphone. Terkadang dia ikutan kontes foto, berikut ini hadiah yang pernah dimenangkannya:

  • April 2015: Juara dua kontes foto Smartphonegraphy (via Twitter). Mendapat hadiah menginap gratis di Hotel Padjadjaran Suite and Resort, serta voucher diskon Jungle, Jungle Land, dan Jungle Fest
  • Maret 2016: salah satu dari tiga pemenang kontes foto dari Mariza Foods (via Instagram). Mendapat hadiah satu set alat masak merk Maxim dan produk Mariza foods.

Waah lumayan banget kan menjadi seorang blogger (yang sangat produktif seperti Mba Inna ini). Yuk teman-teman yang mau mengenal lebih dekat lagi dengan Emak Riweuh, silakan mampir ke medsosnua

Read also:   Arisan Backlinks: Shine Fikri si Mamah Muda Inspiratif

Facebook: Inna Riana

Twitter: @EmakRiweuh

Instagram: @innariana

Email: helloinnariana@gmail.com

 

Please follow and like me:

Comments

  1. Inna Riana says:

    wah, makasih buat tulisannya ya eska.
    maaf baru sempat komen.
    duh, coba waktu acara srikandi blogger aku dateng ya. bentrok sama reuni temen kuliah suami di bandung. kalo dateng pasti kita ketemuan duluan deh 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *