Arisan Backlinks: Tya Napitupulu dan Kekerasan pada Perempuan

Teman Arisan Blogger yang akan saya bahas adalah seorang mahasiswa UI (wah kita satu almamater donk yah) bernama Chintya, tapi dia lebih dikenal dengan nama Tya Napitupulu. Tya, begitu sapaan akrabnya, mengambil Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Sejarah (FIB UI). Meskipun berstatus mahasiswa, Tya mengaku lebih aktif berkegiatan dengan komunitas di luar kampus. Apalagi setelah Tya menyadari bahwa passionnya bukan di program studi yang dia ambil saat ini.

Tya adalah seorang relawan di Yayasan Lentera Sintas Indonesia. Lentera ini awalnya adalah komunitas bagi penyintas kekerasan seksual, tapi kemudian berkembang menjadi sebuah yayasan. Selain terlibat aktif di Lentera, Tya juga aktif menjadi Sahabat Jurnal Perempuan. Kegiatan-kegiatan di luar kampus tersebut melengkapi hari-hari Tya selain berkuliah di kampus kuning.

Di dunia blog, Tya sudah mulai menulis di blog sejak kelas 3 SMP. Tulisan yang dia buat kala itu masih berisi curhatan-curhatan ala remaja, bukan serius untuk kepentingan monetisasi. Blognya pun sering bergonta-ganti karena Tya suka lupa password hihihi…. Mengenai monetisasi blog, Tya sudah mengetahuinya tetapi kala itu dia hanya tahu kalau blog bisa mendatangkan pundi-pundi dollar melalui adsense. Bahwasanya blog bisa dimonetisasi dalam bentuk-bentuk lainnya, Tya baru mengetahui hal tersebut di tahun 2016 ini. Mirip sekali dengan saya, sependek yang saya ketahui juga monetisasi blog hanya melalui pasang iklan. Makanya setelah tahu ada cara-cara lainnya, baik Tya maupun saya jadi kembali aktif ngeblog dengan niat yang lebih serius setelah sebelumnya vakum. Toss dulu ah Tya.

“Belum tau mau diarahkan ke mana, mengingat saya sendiri masih mencari jati diri. Tapi ke depan, saya ingin blog ini berisi informasi yang menarik, supaya bisa banyak pengunjungnya *ups*. Melalui blog ini, saya juga ingin membagikan hal-hal yang saya yakini dan perjuangkan. Misalnya, mungkin melalui blog ini saya bisa membagikan kampanye anti kekerasan seksual….”

Blog dengan niche lifestyle milik Tya beralamat di www.tyanapit.com. Selain ngeblog, Tya ternyata juga suka menulis di Qureta dan Archive of Our Own (AO3). Qureta itu mirip Kompasiana, tapi tulisan di sana dimoderasi oleh admin sebelum diterbitkan. Kalau Archive of Our Own, Tya menulis fanfiction di sana. Fanfiction itu semacam karya fiksi tapi tokoh-tokohnya bisa artis, orang terkenal, atau tokoh drama dan kartun. Sebenarnya Tya juga menulis di Kompasiana dan Fanfiction.net, tapi sekarang dia tidak terlalu aktif..

Read also:   Kuesioner Praskrining untuk Bayi 6 bulan

Prestasi yang pernah Tya capai di dunia blog adalah saat mengikuti kompetisi blog yang diselenggarakan Blogger Perempuan bersama In Harmony Clinic. Salut deh sama Tya, walaupun blognya masih tergolong baru, tapi dia sudah bisa menorehkan prestasinya. Oh ya, dia juga pernah mengadakan mini give away di bulan September lalu dengan tema “#MulaiBicara Kekerasan Seksual di Kendaraan Umum”. Saya jadi ingin belajar untuk mengadakan give away seperti Tya deh. Ke depannya, saya percaya Tya bisa memperoleh prestasi-prestasi lainnya dengan keseriusannya menggarap blognya, tapi jangan sampai melalaikan tugas kuliahnya ya Tya J

Jika ingin berdiskusi seputar kekerasan seksual pada perempuan atau hal-hal lainnya, silakan kontak Tya di akun berikut ya:

Facebook/Twitter/Instagram : @tyanapit

Email : tya_napit[at]hotmail.com

Please follow and like me:

Comments

  1. Ani Berta says:

    Seru banget ya Mba Arisan link kayak gini, nambah silaturahim dan mengenal dekat teman-teman maya kita 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *