Kiat Cantik dan Sehat selama Berpuasa

Bulan ramadan sudah berjalan dua-per-tiga waktunya, semoga para bunda masih tetap semangat menjalani bulan penuh hikmah ini hingga akhir nanti ya. Lemes saat berpuasa? Sudah pasti! Apalagi untuk para bunda yang aktivitasnya luar biasa padat. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang Kiat Cantik dan Sehat selama Berpuasa.

Materi ini saya dapatkan saat saya menghadiri talkshow acara ABC (Andalan Bunda Cerdas) pada Sabtu, 25 Juni 2016 di Gedung Dakwah MUI, Depok. Di acara ini, hadir dua narasumber keren yaitu dr. Nanny Djaja Sp.GK dan Artika Sari Devi (mantan Puteri Indonesia). Yuk disimak kiat-kiatnya.

 

Asupan Makanan dan Cairan

Ketika berpuasa, pola makan kita berubah. Dari yang biasanya makan tiga kali sehari: pagi-siang-sore. Kini, kita makan dua kali saja: buka dan sahur (itu pun kalau sahurnya nggak telat bangun ya? Hehehe). Untuk itu, asupan makan selama buka dan sahur harus benar-benar diperhatikan dengan tujuan agar selama berpuasa kita bisa menekan rasa lapar, meningkatkan cairan tubuh yang berkurang selama puasa, termasuk juga untuk mencegah kulit kering.

Menurut dr. Nanny Djaja Sp.GK, untuk pilihan karbohidrat kita bisa mengganti beras putih dengan beras merah karena beras merah mengandung serat yang tinggi sehingga bisa membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Bagi yang tidak terbiasa makan beras merah atau mungkin nggak doyan, bisa disiasati dengan mengkombinasikan beras merah dan beras putih. Tips memasak beras merah: beras merah direndam terlebih dahulu sekitar 10 menit, lalu dimasukkan ke dalam rice cooker agar rasanya lebih enak dan empuk.

Nah, untuk pilihan protein, kita bisa memilih tahu dan tempe tapi mengolahnya sebaiknya jangan digoreng ya. Tahu dan tempe bisa dibikin sup, pepes, semur, dll. Selama berpuasa sebaiknya kita memang menghindari terlalu banyak makanan gorengan. Kenapa? Untuk bisa mencerna gorengan menjadi energi, tubuh kita memerlukan lebih banyak oksigen. Jadi, misalnya kita berbuka atau sahur dengan gorengan, setelahnya kita bisa cepat mengantuk karena tubuh kekurangan oksigen.

Read also:   Kelas Parenting bersama Tiga Generasi: “Mendisiplinkan Anak sejak Bayi, Bisa Nggak Ya?”

Pilihan menu saat berbuka puasa dianjurkan makanan yang manis agar bisa cepat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh kita. Makanan manis yang dianjurkan misalnya kurma, madu, dll.

Tips untuk Ibu Hamil

Bagi ibu hamil diperbolehkan menjalani puasa selama kondisi ibu dan janin memungkinkan. Untuk ibu hamil yang berpuasa, dianjurkan untuk memilih buah-buahan yang banyak mengandung air. Pepaya sangat baik untuk bisa menetralisir asam lambung yang meningkat.  Selain itu, konsumsi juga sayur-sayuran dan kacang-kacangan. Untuk menu lauk-pauk, bisa dipilih tahu, tempe, ikan, dll.

Mengonsumsi kacang hijau juga sangat disarankan, asalkan jangan terlalu banyak santannya ya. Dr Nanny memberikan tips cara memasak kacang hijau agar zat gizinya tidak hilang. Caranya, saat air mendidih, masukkan kacang hijau hingga bergolak kurang lebih beberapa menit. Ketika air rebusan sudah berwarna hijau, matikan kompor dan ambil air tersebut. Air rebusan kacang hijau itulah yang banyak mengandung vitamin B dan baik untuk dikonsumsi.

Kesehatan Kulit

Pemilihan asupan makanan juga bertujuan untuk meningkatkan cairan tubuh yang berkurang selama puasa, termasuk juga untuk mencegah kulit kering. Khusus untuk kulit rambut, penggunaan shampo saja tidaklah cukup. Diperlukan perawatan lainnya dengan conditioner untuk mengurangi kerontokan dan menjaga kelembapan kulit.

Untuk kesehatan kulit wajah, khususnya untuk mengatasi masalah kulit kering, gunakan moisturizer dan krim malam agar kulit wajah tetap lembab. Jika timbul jerawat di badan, kita perlu menggunakan sabun khusus dan sebaiknya mandi menggunakan air dingin.

Kebutuhan Jam Tidur

Lebih lanjut, dr. Nanny menjelaskan bahwa dalam ilmu kedokteran, tidur merupakan suatu hal yang penting untuk proses regenerasi sel tubuh. Sesibuk apapun kita, kebutuhan tidur harus tercukupi minimal 6-7 jam sehari. Tentunya durasi tidur berbeda-beda sesuai usia ya. Untuk anak dibutuhkan  8-9 jam, dewasa sekitar 7 jam, dan lansia pola tidurnya semakin singkat yaitu sekitar 5-6 jam.

Read also:   Tips Menulis Konten Reportase ala Blogger

Jika memang kita punya waktu untuk tidur siang, sebaiknya manfaatkan dengan baik kesempatan itu. Cukup 1 jam saja tidur berkualitas di siang hari bisa menggantikan kebutuhan 3 jam tidur di malam harinya.

Agar tetap Cantik

Selain tips yang sudah dipaparkan di atas, Mba Artika Sari Devi menambahkan tips agar tetap tampil cantik selama berpuasa. Kuncinya adalah sebagai wanita yang mempunya multi-peran (sebagai ibu, istri, diri sendiri), jangan lupa untuk memperhatikan diri sendiri. Selain itu, kita juga perlu kurangi mengeluh, dan banyak bersyukur agar kita tetap bahagia.

Artika Sari Devi berselfie bareng pasukan merah

 Semoga dengan kiat-kiat di atas, bunda bisa bertambah wawasan dan semakin cerdas ya. Saya sangat beruntung mendapat undangan dari Kumpulan Emak2 Blogger dan bisa menghadiri langsung acara seru ABC. Selain talkshow dan sesi diskusi tanya-jawab yang menggugah antusiasme para peserta, acara tersebut juga bertabur banyak hadiah yang pastinya dinanti-nantikan oleh para peserta (yang kebanyakan adalah emak-emak). Keseruan acara ditambah dengan adanya photo contest dan lomba kreasi hijab, serta banyaknya doorprize yang dibagikan dari awal hingga akhir acara. Peserta yang menggunakan dress-code merah terlihat sangat kompak dan antusias mengikuti keseluruhan acara ABC.

Artika Sari Devi bersama pemenang lomba kreasi hijab
Kumpulan Emak2 Blogger in action

Andalan Bunda Cerdas

Acara yang bertajuk Kiat Cantik dan Sehat selama Berpuasa ini diselenggarakan oleh Andalan Bunda Cerdas (ABC). ABC adalah sebuah program kerja sama antara Alfamart dan P&G yang khusus diciptakan untuk membantu Bunda agar semakin cerdas di dalam mengurus rumah tangga sehingga menjadi bunda, istri, dan bunda rumah tangga yang sempurna bagi keluarga.

ABC didesain untuk menjadi sahabat dan partner andalan bunda yang akan selalu menyediakan

  • Informasi, tips, dan artikel penting dan bermanfaat seputar kecantikan wanita, kesehatan, keluarga, dan dunia si kecil.
  • Produk-produk berkualitas yang menjadi andalan bagi seluruh keluarga
  • Promosi-promosi menarik dan hadiah seru
Read also:   Persembahan Pampers untuk Momen Pertama bersama Buah Hati

Bagi para bunda yang ingin mengikuti program ABC, bisa langsung klik website Alfamartku di http://www.alfamartku.com/andalan-bunda-cerdas/. Isikan nama dan nomor hp bunda, pilih produk yang ingin dibeli. Tunggu sebentar, lalu bunda akan mendapatkan SMS A-voucher berupa potongan harga produk P&G.

Untuk menghubungi call center ABC, bisa di line (021) 1500.959 kemudian tunggu pilihan dan tekan angka 4. Call center ini bisa dihubungi dari telpon rumah atau ponsel.

 

Please follow and like me:

Comments

  1. lindaleenk says:

    Artika masih cantik banget ya :O

  2. jaka says:

    makasih gan infonya dan salam sukses

  3. kumpulan says:

    Siap-siap buat puasa tahun depan, yipiii. Thanks for sharing, btw.

    Salam,
    Syanu.

    1. eskaningrum says:

      thaanks for visiting my blog 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *