Bantu Redakan Gejala Batuk Pilek pada Bayi: Oleskan MotherLove Calming Cream

Bantu Redakan Gejala Batuk Pilek pada Bayi: Oleskan MotherLove Calming Cream

Beberapa waktu lalu, seseorang bertanya pada saya: “Kalau anakku (bayi) batuk pilek, antibiotik perlu diberikan setelah batuk pileknya berlangsung berapa lama ya?”

 

Mak deggg…

 

Saya kaget dapat pertanyaan seperti itu.

Pertama, saya bukan dokter yang bisa meresepkan antibiotik. Kedua, helooo anak batuk pilek kan belum tentu perlu dikasih antibiotik? Kalau batuk pileknya disebabkan virus, tentu saja pemberian antibiotik malah nggak efektif sama sekali.

Tentang Rational Use of Medicine

 

Jujur saja saya merasa prihatin ternyata orang-orang di sekitar saya sendiri masih belum aware tentang rational use of medicine (RUM). Tapi hal ini ya bisa dimaklumi karena memang regulasi pemberian & penjualan antibiotik di Indonesia masih perlu mendapat perhatian khusus dari pemerintah. Perlu perjuangan lebih keras lagi agar penggunaan antibiotik bisa diberikan secara tepat, tidak sembarangan, dan tidak diperjualbelikan secara bebas tanpa resep dokter. Belum lagi PR untuk mengedukasi masyarakat perihal ini. 

 

Dengan adanya kasus gagal ginjal akut misterius di Indonesia akhir-akhir ini mestinya bisa lebih menyadarkan masyarakat kita supaya nggak sedikit-sedikit ngasih obat ke anak kalau lagi sakit. Apalagi “cuma batuk pilek” (commond cold) yang sifatnya self-limiting diseases alias bisa sembuh dengan sendirinya koq! Bapak ibu cuma perlu lebih bersabar saja sebenarnya.

 

motherlove calming cream
Motherlove Calming Cream

 

Tapi Anakku jadi Lebih Gampang Sakit nih…

 

Ada yang relate dengan kondisi anak lebih mudah sakit akhir-akhir ini? Padahal “cuma” batuk pilek tapi sekalinya sakit, recovery-nya bisa 1-2 mingguan.

 

Ketika saya menuliskan blog post ini, kondisinya saya habis begadang semalaman karena si kakak (yang sudah masuk TK) sedang pilek disusul demam sejak kemarin sore. Dalam sebulan, dia bisa kena batuk pilek sampai 2 ronde loh, bergiliran sakitnya dengan teman-teman sekelasnya.

 

Disusul kemudian si adik bayi (yang juga lagi pilek) menjelang tengah malam badannya juga ikutan demam. Paket combo deh yaaa kalau satu anak sudah sakit pasti anak yang lainnya biasanya menyusul ketularan sakit juga. Sabarr, sabarr…..

 

Menurut dr. Dimple Nagrani, SpA, kondisi anak yang akhir-akhir ini jadi lebih mudah sakit sebenarnya sedang dialami oleh banyak anak karena mereka tumbuh di era pandemi. Sebelum ini, anak-anak diisolasi, jarang bertemu orang lain, jarang berkenalan dengan virus dan bakteri, jarang berbagi penyakit. Nah, sekarang inilah saatnya mereka mulai beradaptasi dengan berbagai paparan virus dan bakteri. Jadi sangat wajar loh Moms kalau anak kita jadi gampang sakit. Yang penting kita sabar dan tetap menjalani pola hidup sehat.

 

Batuk Pilek (Common Cold) pada Anak 

 

Batuk pilek (common cold) atau infeksi saluran pernafasan atas sebenarnya penyakit yang paling sering menghampiri anak-anak. Sebagian besar anak akan mengalami common cold setidaknya antara 6-8 kali per tahun, terlebih lagi untuk anak yang dititipkan di daycare atau sudah bersekolah pastinya akan lebih sering mengalami penyakit ini karena sifatnya menular. Apalagi kalau lagi musim pancaroba, akan lebih sering lagi terjadi batuk pilek.

 

  • Apakah batuk pilek ini berbahaya terutama pada bayi?

Sebenarnya penyakit ini adalah hal yang biasa terjadi pada anak-anak terutama pada bayi yang usianya masih di bawah setahun karena sistem imunnya masih berkembang. Umumnya tidak berbahaya ya, kecuali memang ada tanda kegawatdaruratan seperti sesak napas, demam tinggi selama lebih dari 3 hari, asma, dll.

 

  • Apa saja gejalanya?

Gejala batuk pilek ini bervariasi, misalnya demam, hidung meler, hidung tersumbat, batuk, bersin-bersin, bayi lebih rewel, hilang nafsu makan, dll.

 

  • Apa yang harus dilakukan kalau bayi kena batuk pilek?

Karena batuk pilek (common cold)  ini disebabkan oleh virus jadi ya nggak ada treatment khusus, Moms. Sistem kekebalan tubuh bayi akan melawan dan mengusir virus itu sendiri. Perlu dicatat yaa kalau antibiotik bukan untuk mengobati virus tetapi untuk mengusir bakteri. Yang bisa orang tua lakukan di rumah ketika bayi mengalami batuk pilek adalah membuat dia merasa lebih nyaman.

 

motherlove calming cream
Motherlove Calming Cream Kemasannya Travel-Friendly

 

Cara Membuat Bayi Lebih Nyaman ketika sedang Batuk Pilek

 

Ada beberapa treatment nih yang bisa orang tua lakukan di rumah agar bayi yang sedang sakit bisa lebih nyaman dan tidak terlalu rewel:

  • Berikan cairan lebih banyak.

Untuk bayi di bawah 6 bulan bisa terus disusui ya Moms, sedangkan bayi di atas 6 bulan yang sudah mulai makan MPASI (makanan pendamping air susu ibu), bisa diberikan air mineral atau smoothies, buah-buahan yang tinggi kadar air, sambil terus disusui.

  • Perbanyak istirahat.
  • Gunakan saline drops (obat tetes hidung bayi) untuk mengatasi hidung yang tersumbat, bisa juga menggunakan alat penghisap lendir untuk cairan ingusnya.
  • Gunakan humidifier (pelembab udara) di kamar ketika bayi sedang tidur, kalau nggak ada humidifier, bisa dengan berendam di air hangat di kamar mandi tertutup agar uap hangatnya bisa terhirup bayi.
  • Gunakan oil atau krim penghangat tubuh yang juga bisa membantu meredakan gejala pileknya, misalnya Motherlove Calming Cream.

 

motherlove calming cream
Motherlove Calming Cream untuk Meredakan Gejala Batuk Pilek pada Bayi

 

Tentang Motherlove Calming Cream

 

Moms, siapa nih yang tim oles-oles minyak atau krim di tubuh bayi kalau bayi lagi nggak enak badan? Fungsi oles-oles ini bukan untuk mengobati loh ya, tapi fungsinya lebih untuk meringankan atau meredakan gejala batuk pilek yang sedang dialami bayi.

 

Saya mau sharing tentang baby Amira yang sekarang lagi pilek. Setiap selesai mandi pagi dan sore, biasanya sebelum dipakaikan baju, saya oleskan dulu Motherlove Calming Cream  ke area dada, perut, leher, dan punggungnya. Oles tipis-tipis saja. Aroma eucalyptusnya  lembut nggak menyengat, di kulit bayi juga tidak panas (ditandai tidak tampak berbekas kemerahan dan bayi juga nggak rewel setelah dioles krim tersebut). Motherlove Calming Cream ini bisa digunakan setiap kali setelah mandi atau sebelum tidur ya Moms.

 

motherlove calming cream
Adik Bayi tampak Nyaman setelah Menggunakan Mothelove Calming Cream

 

Setelah mandi, biasanya ketika beraktivitas si baby akan mengeluarkan ingusnya dan saya bantu menyedot ingusnya menggunakan nasal aspirator. Pengolesan Motherlove Calming Cream dan penyedotan ingus bayi bisa juga dilakukan sebelum tidur agar bayi merasa lebih nyaman dan tidak terlalu rewel ketika tidur. 

 

  • Kandungan dan Bahan Utama Motherlove Calming Cream

Krim ini mengandung Eucalyptus Oil yang bisa membantu menenangkan kulit dengan sensasi lembut dan hangat. Eucalyptus yang digunakan pun merupakan jenis yang disarankan dan aman untuk bayi (namanya Eucalyptus Radiata).

Selain itu, krim ini juga mengandung Ekstrak Aloe Vera Organik & Olive Husk Oil yang menjaga kulit bayi tetap halus dan lembab.

 

motherlove calming cream
Kandungan Motherlove Calming Cream

 

  • Kelebihan Motherlove Calming Cream

  1. Produknya telah teruji hipoalergenik dan sudah halal MUI
  2. Desainnya tube sehingga meminimalkan risiko terkontaminasi tangan atau udara luar, praktis dibawa traveling, dan nggak mudah tumpah isinya.
  3. Tingkat kehangatannya pas dan cocok untuk kulit bayi baru lahir yang masih sensitif. Tentu saja krim ini cocok digunakan sejak usia newborn ya Moms.
  4. Mudah ditemukan produknya karena Motherlove Calming Cream ini bisa dibeli di e-commerce, baby shops, supermarket, atau apotek

 

Perlunya Membuat Bayi Lebih Nyaman ketika sedang Sakit

 

Kalau bayi sedang merasa nggak nyaman akibat sakit, pengaruhnya bisa ke nafsu makannya menurun, jam tidurnya juga menjadi kacau, jadwal makan berantakan. Padahal, 1000 hari pertama kehidupan bayi adalah Golden Window alias periode masa emas pertumbuhan bayi. Orang tua perlu memberikan asupan makanan bergizi dan stimulasi yang tepat untuk tumbuh kembang optimalnya. 

 

Kalau periode masa emasnya terganggu, tumbuh kembangnya juga bisa menjadi kacau. Misalnya ya ketika bayi sedang sakit. Kalau bayi lagi sakit, pastilah rewel minta ampun karena dia belum bisa berbicara menyampaikan apa yang sedang dia rasakan. Komunikasinya hanya bisa dengan menangis dan tampak lebih rewel. Nggak jarang juga bayi sakit membuat orang tua harus begadang menemaninya. 

 

Untuk itulah perlunya kita sebagai orang tua membuat bayi yang sakit merasa lebih nyaman menjalani gangguan-gangguan dalam dua tahun pertama kehidupannya, misalnya, yangs sering terjadi adalah masalah pernafasannya (batuk dan pilek) dan masalah pencernaan (seperti kolik, susah buang air besar).

 

motherlove calming cream
Bye bye Begadang karena Bayi Rewel

 

Kapan Kita Perlu Membawa Bayi ke Dokter?

 

Kalau ikhtiar kita untuk merawat bayi di rumah sudah dilakukan tetapi gejala sakitnya tidak mereda, kita perlu segera berkonsultasi dengan dokter spesialis anak untuk bisa mendapatkan diagnosis dan saran yang tepat.

 

Tanda-tanda gejala yang tidak mereda atau memburuk, antara lain:

  • Bayi mengalami dehidrasi (jumlah cairan yang diminum lebih sedikit dibandingkan biasanya, ini bisa ditandai dengan diapernya yang tidak terlalu basah).
  • Terjadi gangguan pernapasan, misalnya napasnya lebih cepat atau sulit bernapas.
  • Batuknya semakin parah dan tidak mereda.
  • Telinganya sakit
  • Mata berwarna kemerahan atau terdapat cairan mata berwarna kuning kehijauan
  • Bayi malas menyusu
  • Kesehatannya tidak kunjung membaik dalam satu pekan

 

Tanda-tanda kegawatdaruratan pada bayi yang harus segera kita bawa ke Instalasi Gawat Darurat, misalnya:

  • Demam tinggi
  • Gemetar/Menggigil
  • Napas cepat
  • Menolak minum cairan
  • Lemas atau tidak mampu bangun tidur
  • Bibir, wajah, atau dada membiru

Sekian sharing-sharing dari saya ya Moms, semoga bermanfaat dan semoga sehat selalu.

 

Referensi:

https://www.lancastergeneralhealth.org/health-hub-home/motherhood/the-first-year/all-about-babys-first-cold

https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=upper-respiratory-infection-uri-or-common-cold-90-P02966 

 

30 thoughts on “Bantu Redakan Gejala Batuk Pilek pada Bayi: Oleskan MotherLove Calming Cream

  1. Kalau baby sakit batpil rasanya kasihan ya mbk, karena mereka hanya bisa menangis gitu. Jadi kalau sakit batpil, paling lega itu diolesi cream seperti Motherlove calming cream, bikin anget di badan

  2. Waaah Iya nih dulu PR banget nih kalau bocah sakit. Apalagi masih bayi. Kalau pilek pasti gak bisa nafas dan bikin bayi rewel.

    Menyedot ingus dan memberi penghangat seperti Mother love calming cream bisa bikin bayi nyaman dan bisa tidur serta gak rewel lagi ya

  3. Saya punya calming cream di rumah, tapi kemasajannya jar, jadi kadang agak ribet kalau mau pake. Kalau tube gini lebih praktis dan higienis ya memang.

  4. Masyaallah melihat tawa adik bayi bikin ayem ya Bun. Anak-anak kalau sakit emang bikin emaknya begadang, selalu khawatir dengan kondisinya. Kalau mampu ya gak tidur semalaman meski kadang ketiduran kayak gak sadar gitu ya.
    Wah, jadi penasaran dengan motherlove calming creamnya. Misalnya untuk anak-anak yang sudah bukan bayi atau balita, oke-oke aja kan ya? Saya suka dengan aroma-aroma calming cream yang bikin tidur nyenyak gini

  5. Paling sedih memang kalo anak lagi demam, disusul batuk dan pilek. Kita yang ngurusin pasti kecapekan dan resiko ketularan sakit itu jelas ada. Untung sekarang ada banyak pertolongan berupa alat-alat medis praktis dan obat oles sebagai pertolongan pertama..

  6. Agak ngeri ya kalau dengan mudah kasih antibiotik. Tetapi, memang beberapa masyarakat kita ngegampangin banget kasih obat, termasuk antibiotik.

    Kalau sekadar batuk pilek, saya jarang kasih obat ke anak. Setuju dengan tips di sini. Pastikan aja anak cukup istirahat dan banyak asupan cairan. Calming oil juga bisa membantu supaya bisa istirahat dengan nyenyak

  7. kadang yang bikin bingung itu saat kapan sudah harus ke dokter-nya ini. apalagi kalau udah dehidrasi tuh udah kasian banget anaknya, kan jadi lemes banget ya, huhuhu

    tapi bener sih, namanya virus, emang benernya cuma bisa digempur dengan yang bisa membuat anak-anak nyaman dan meningkatkan imunitasnya, supaya tubuhnya bisa makin kuat melawan virusnya itu. kapan2 jadi mau cobain calming cream juga deh ke anak yang ketiga kalau dia sakit.

  8. Iya kadang orang tua yang nggak sabar nunggu sistem pertahanan alami tubuh anak bekerja, pengennya segera bawa anak ke dokter aja.

    Melatih sabarnya bisa dengan pakai produk motherlove ini ya mbak, yang membantu meredakan gejalanya.

  9. Nah iya, sekarang ini saat batpil agak khawatir kasih obat sirup. Makanya kadang saya kasih madu aja atau Multivitamin. Nah bagus juga ya ada Motherlove calming cream ini.

  10. Sedih ya kalau lihat anak sakit apalagi kalau bayi batuk pilek, masih kecil pula takut terganggu pernapasannya. Ditambah beberapa waktu lalu obat2 sirup yang tercemar jadi makin takut kasih obat.
    Untuk treatment awal kalau bisa dilakukan dirumah lebih baik ya pakai motherlove calimg cream bikin hangat bayi

  11. Baca2 manfaatnya kok kayak mirip minyak telon ya mbak, cuma minyak telon buat baby kan agak panas, kalau bentuk krim gini lebih membuat nyaman yaa.Salah satu krim yang dibutuhkan nih untuk membuat anak merasa nyaman. TFS info dan reviewnya.

  12. Ternyata anak lahir pada suatu masa tuh bisa juga dijadikan tolak ukur sebagai kekuatan daya tahan tubuhnya gitu yaa.. Dan semoga dengan menggunakan produk Motherlove Calming Cream, solusi bayi tenang dan nyaman.

  13. Anak bayi kita kalau batuk pilek itu ya, bikin kita sering begadang. Anak rewelnya minta ampun, dll.

    Boleh dicoba nih Mother Love Calming biar anak nyaman ketika sakit. Dan ya bye bye begadang.

  14. Alhamdulillah sekarang udah bisa tinggalkan komentar nih Kak…
    Saya pernah mengalami kondisi anak itu sampai lemes. Beruntung segera dibawa ke puskesmas jadi meski tidak ada dokter bisa langsung dikasih obat dan diinfus.
    Anak sakit itu memang bikin kita orangtuanya ikut sakit ya….

  15. Related banget mbak, anakku perasaan akhir-akhir ini sering banget bapil. Recovery nya emang agak lama, nanti recovery belum bener-bener tuntas eh bapil lagi .. kan sedih banget, apalagi berita akhir-akhir ini dihebohkan sama penyakit ginjal akut pada anak 🙁

    Untuk pertolongan pertama, biar anak nyaman emang perlu banget Calming Cream seperti Motherlove ini, biar gak dikit-dikit kasih obat

  16. bener kemaren tuh capek rasanya anak gantian bapil sebulan 2x padahal anakku udah gede tapi tetp aja rasanya cemas dan jadi kurang waktu istirahatnya, apalagi kalau anaknya masih bayi, duh pasti bener-bener capek begadang. kudu punya persediaan calming cream yang aman buat bayi apalagi kalau anaknya sensitif kulitnya

  17. Saya pun menghindari sekali pemberian obat kepada anak, kecuali urgent. Dulu anak sudah sempat merasakan pengobatan saat masuk NICU karena kuning. Jadi makin ke sini hati-hati mau ngasih obat.

    Untuk sakit ringan seperti batuk pilek sebisa mungkin diberesin dengan non obat. Syukur Aksara juga sudah mengenal Motherlove Calming Cream, jadi kalau ada gejala bapil langsung dihempas dengan krim ini.

  18. Pas bgt nih anakku lgi pilek krna ketularan kakaknya, kasian klo pas malem jdi susah bobo. Mau pake motherlove juga deh biar ga rewel dan begadang lagi

  19. Kadang orang tua emang udah parno duluan kalau anaknya sakit, apalagi perasaanku itu kalau tiap berobat pake bpjs, hampir sering dikasih antibiotik. Ya gimana, cara teraman memang pake oles-oles aja ya. Ini Motherlove calming cream bisa juga kali ya kalau dipakai anak-anak?

  20. Adek bayi memang jadinya rewel ya mom kalau badan sedang tidak enak. Oles-oles calming cream gini bisa bantu memberikan rasa hangat di tubuhnya. Insya Allah gejala pilek segera reda dan adek bayi bisa segera nyaman kembali.

  21. Aku juga kalau anak bapil nggak aku kasih obat mbak. Biarin aja dah sampai sembuh sendiri. Yang repot kalau pas lagi bapil terus kakek neneknya tau. Heboh dah. wkwkwk..

    Aku belum pernah cobain nih motherlove calming creamnya. Mau cobain deh buat oles-oles kalau anak bapil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *