Rencana Liburan ke Gili Trawangan

Mommy Halwa butuh liburan nih. Liburan dalam arti sebenarnya lho ya, yaitu liburan yang benar-benar bisa dinikmati dengan sepenuh hati, bukan sekadar liburan yang kebetulan disambi urusan kerjaan. Kayaknya udah lama banget, bahkan sejak nikah saya belum pernah lagi traveling ke suatu tempat untuk rekreasi. Dulu saya nggak sempat menikmati honeymoon atau babymoon. Nah, sekarang ini mumpung Halwa sudah agak gedean (belum genap 2 tahun jadi masih dihitung sebagai infant kalau naik pesawat kan, hehe) saya jadi kepikiran untuk merencanakan liburan bareng keluarga. Iya bertiga aja bareng Mas Ry dan Baby Halwa biar lebih intim.

Pulau Gili Trawangan

Destinasi yang terpikir oleh saya pertama kali adalah Gili Trawangan! Saya penasaran banget ingin ke pulau yang menjadi top 6 destinasi wisata yang paling diminati di Asia ini. Gili Trawangan berlokasi di barat daya Pulau Lombok dan ini adalah gili terbesar di antara gili atau pulau kecil lainnya di Lombok. Banyak wisatawan mancanegara dan lokal yang berkunjung ke Gili Trawangan selama musim liburan.

peta lokasi gili trawangan di lombok
Lokasi Gili Trawangan Lombok

Gili Trawangan, gili yang popular dibandingkan Gili Meno dan Gili Air, menawarkan beragam fasiiltas bagi para wisatawan. Menurut informasi, Gili Trawangan ini dulunya adalah kampung nelayan yang beberapa tahun terakhir ini bertransformasi menjadi lokasi wisata yang menawarkan beragam restaurant, aktivitas seru, dan kelas akomodasi mulai dari Gili Trawangan hotel dengan gaya backpacker hingga hotel berbintang (exclusive).

Pas baca review turis yang pernah berwisata ke Gili Trawangan, aiiiihh makin excited deh saya buat liburan di sana. Sudah kebayang betapa bahagianya bisa menikmati keindahan pulau dan pemandangan di Gili Trawangan. Katanya, yang asyik dari Gili Trawangan adalah kita bisa menikmati sunrise dan sunset sekaligus di pulau itu! Kenapa bisa begitu karena Gili Trawangan punya banyak pantai menghadap timur dan barat yang jaraknya nggak terlalu jauh. Seru ya pagi bisa liat sunrise dan sorenya liat sunset di pantai.

Oh ya, di Gili Trawangan dan dua gili lainnya ada aturan yang nggak mengizinkan adanya kendaraan bermotor, jadi jangan harap di sana kita bisa sewa ojek online ya. Sarana transportasi yang biasa digunakan adalah sepeda. Biasanya penduduk setempat menyewakan sepeda untuk para wisatawan. Selain sepeda, ada juga cidomo atau kereta kuda sederhana yang lazim dijumpai di Lombok. Nah, adapun kapal bermotor dan speedboat digunakan penduduk untuk bepergian dari satu gili ke gili lainnya.

Aktivitas Seru di Gili Trawangan

Aktivitas populer yang biasanya dilakukan para wisatawan di Gili Trawangan, tentunya selain menikmati view pantai ya, antara lain:

Read also:   Resolusi 2018: Ingin Menjejakkan Kaki ke Benua Eropa

·         Menikmati sunrise dengan background Gunung Rinjani

Pastinya saya harus bangun lebih pagi biar nggak ketinggalan moment indah nan menakjubkan ini. Katanya sih, lokasi yang paling asyik untuk menikmati sunrise adalah di bagian utara pulau di depan masjid atau di sekitar penangkaran penyu.

·         Menikmati Sunset sambil bermain ayunan

Sebenarnya ada sih lokasi di sekitar Anyer (Provinsi Banten) yang di pantainya ada ayunan semacam di Gili Trawangan ini. Bedanya, kalau di Gili Trawangan kita bisa menjumpai lebih banyak ayunan semacam ini di bagian selatan pulau atau di sunset point, tentunya dengan hamparan lautan yang jernih dan indah.

ayunan di gili trawangan hotel
Ayunan di tengah laut di Gili Trawangan (source: pasajemasbarato.blogspot.co.id)

·         Bersepeda menjelajah pulau

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas tadi, di gili tidak diperbolehkan ada kendaraan bermotor jadi bersepeda adalah satu-satunya cara terbaik untuk menjelajahi lokasi, baik melalui perkampungan atau sepanjang garis pantai. Yang perlu diingat adalah di area pulau ini mostly jalanan berpasir jadi pilihlah sepeda yang bannya besar atau pilihlah jalanan yang tidak full pasir biar nggak terlalu berat beban saat mengayuh. Tarif sewa sepeda sekitar 100k/ hari.

·         Diving

Siapa yang suka menyelam? Saya suka. Pernah saat di Bali saya melakukan Marine Walk atau berjalan di dasar lautan dengan bantuan oksigen dari atas kapal. Seru dan asyik banget! Saya berjalan mengikuti petunjuk sambil memberi makan ikan-ikan cantik. Nah di Gili Trawangan ini selain Marine Walk, ada beberapa tipe diving yang ditawarkan antara lain: PADI Course (kursus diving berstandar internasional), Shark Diving See (kita bisa melihat kehidupan hiu karang), UV Night dive (menyelam di malam hari dengan terpaan sinar rembulan), dan Freediving atau menyelam tanpa bantuan oksigen dengan gaya bebas di kedalaman hingga 200 meter.

·         Snorkeling

Asyiknya snorkeling di Gili Trawangan adalah kita bisa berenang dari  bibir pantai tanpa harus menyewa perahu (di pantai sebelah timur laut). Begitu berada di dalam air, pemandangan bawah laut dengan berwarna-warni terumbu karang dan ikan-ikan cantik langsung bisa dinikmati. Jangan lupa bawa kamera waterproof dan pastikan juga lokasi penginapannya dekat dengan pantai (kira-kira ada nggak tuh Gili Trawangan hotel yang murah dan lokasinya dekat pantai ya). Untuk snorkeling ini, tarifnya sekitar 50k.

Selain yang sudah saya sebutkan di atas, masih ada beberapa aktivitas seru lainnya yang bisa dilakukan di Gili Trawangan, antara lain menjelajahi perairan sekitar pulau dengan kayak transparan (Kayaking). Banyak tempat penyewaan kayak, yang terkena adalah Karma Kayak. Tarif sewa kayak sekitar 300k. Selain itu ada juga aktivitas glass bottom boat, aqua flights, surfing, menunggang kuda, yoga class, menonton film terbaru, dan naik cidomo.

Read also:   Berbelanja di Supermarket Asuransi Online Futuready
menjelajahi pantai gili trawangan dengan transparant kayaking
transparant kayaking (source: indonesia.tripcanvas.co)

Nah semakin nggak sabar nih saya buat menyusun itinerary. Eits tapi sebelum sampai ke itinerary, saya mengecek dulu harga tiket pesawat dan akomodasi biar nggak kaget gitu loh. Maklum kami maunya liburan dengan budget murah jadi kami harus cermat dalam berhemat hehehe, termasuk dalam memilih Gili Trawangan hotel yang nggak menguras kantong.

Memilih Akomodasi di Gili Trawangan

Ada sekitar 100 lebih dari penginapan di Gili Trawangan yang terbagi dalam beberapa kategori  berupa homestay, private villa, boutique resort, dan hotel di Gili Trawangan Lombok. Selama musim liburan sekolah (Juli-Agustus) atau tahun baru, biasanya Gili Trawangan dipadati oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Bahkan katanya bisa sampai kehabisan kamar. Hemm, berarti memang kudu prepare jauh-jauh hari untuk booking penginapan donk ya. Saya rencananya mau pilih akomodasi  Gili Trawangan hotel yang murah tapi tetap dengan kualitas oke dan nyaman donk ya, hehe.

By the way, ini ada beberapa tips yang saya dapat untuk pertimbangan ketika memilih akomodasi di Gili Trawangan:

1.       Kita harus tau seberapa jauh jarak lokasi hotel dengan pelabuhan dan apakah pihak hotel menyediakan layanan penjemputan, juga apakah layanan penjemputan sudah included dengan harga kamar. Perlu diingat ya bahwa nggak ada kendaraan bermotor di pulau ini jadi alat transportasi yang memungkinkan hanyalah cidomo (sejenis delman) atau sepeda. Nggak semua hotel menyediakan layanan penjemputan sehingga wisatawan harus menggunakan cidomo yang tarifnya cukup mahal (tergantung jarak hotel).

2.       Kita perlu menanyakan apakah hotel menyediakan layanan penjemputan dari bandara karena beberapa hotel sudah ada yang menyediakan penjemputan, termasuk juga menyediakan fastboat yang akan kita gunakan ke lokasi pulau. Kalau hotel tidak menyediakan layanan penjemputan dari bandara dan juga tidak menyediakan boat, berarti kita harus arrange sendiri transportasi tersebut.

3.       Pastikan bahwa kita memilih hotel yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita. Misalnya tujuan kita adalah snorkel, pilihlah hotel yang lokasinya dekat dengan area snorkel. FYI, tidak semua pantai di pulau ini menjadi tujuan snorkel ya, artinya kita harus tahu di mana wilayah tujuan snorkel yang bagus agar kita bisa memilih hotel di sekitar pantai tersebut.

Read also:   Bermain di Taman Pemuda Pratama, Taman Ramah Anak di Kota Depok

 

Setelah googling dan berkunjung ke beberapa situs untuk booking akomodasi, saya rasa list hotel di situs Traveloka pilihannya paling lengkap dan harganya relatif lebih murah dibandingkan situs-situs pencarian hotel lainnya. Jujur saja saya belum pernah booking hotel lewat Traveloka karena lebih seringnya sih beli tiket pesawat atau kereta.

Saat mencari hotel Traveloka, saya mengisikan beberapa informasi berikut ini:

1.       Lokasi tujuan/ nama hotel

2.       Durasi menginap dengan mengisi tanggal check-in dan check-out

3.       Jumlah tamu dan jumlah kamar yang akan dipesan

4.     Kita bisa memfilter informasi yang kita perlukan misalnya kita hanya ingin mencari Gili Trawangan hotel yang murah, atau hotel popular, atau hotel dengan high price, atau hotel dengan nilai review yang bagus. Selain itu, kita bisa juga memfilter range harga hotel per malam yang kita inginkan, fasilitas yang kita mau, kategori hotel berbintang, dll.

Nggak lama kemudian, Traveloka akan menampilkan berbagai macam akomodasi yang sesuai dengan kriteria pencarian kita. Nah, saatnya kita memilih mana yang sesuai dengan selera kita. Beberapa pertimbangan yang bisa kita pakai saat memilih hotel di Gili Trawangan:

1.       Jumlah star menunjukkan kelas hotel (hotel bintang berapa)

2.       Review dan penilaian orang-orang yang pernah menggunakan hotel tersebut (range 1-10)

3.       Harga per malam apakah sesuai dengan budget kita

4.       Fasilitas hotel: AC, parkir area, front-desk 24 jam, kolam renang, restaurant, wifi

5.       Nearby attraction plus maps yang menunjukkan lokasi hotel yang kita pilih.

Proses booking hotel murah di Gili Trawangan melalui situs Traveloka ini nggak makan waktu lama dan nggak pakai ribet. Pembayarannya pun mudah dengan beberapa metode pilihan pembayaran yang cukup lengkap. Traveloka nggak hanya menampilkan berbagai pilihan hotel yang cukup lengkap di Indonesia tapi juga di seluruh dunia.

Based on pengalaman saya beberapa kali menggunakan Traveloka, situs ini rekomended banget untuk booking tiket pesawat dan hotel. Bahkan bayar listrik pun bisa lewat sini. Hehehe.

-SKA-

 

Referensi:

https://www.dilombok.com/gili-trawangan/1654/

http://www.lombokgilis.com/object-wisata-lombok-gilis/134-pulau-gili-trawangan-lombok.html

https://www.surgawisata.com/

 

Please follow and like me:

19 thoughts on “Rencana Liburan ke Gili Trawangan