Ladies, Yuk Kenalan dengan Infeksi Saluran Kemih!

Fakta mengatakan bahwa angka kejadian infeksi saluran kemih (ISK) sebesar 50-60% kasus terjadi pada wanita dan 25% wanita mengalami ISK berulang

Fakta tersebut disampaikan oleh dr. Boy Abidin, SpOG(K) dalam acara Blogger Gathering dan Talkshow tentang “Pentingnya Menjaga Kesehatan Saluran Kemih pada Wanita” yang diselenggarakan oleh Combiphar pada hari Sabtu, 26 Mei 2018 di Hotel Harris Kelapa Gading.

Sebagai wanita, informasi ini membuat saya tercenung cukup lama. Saya ingat-ingat lagi apakah mungkin saya sendiri pernah mengalami infeksi saluran kemih ya? Talkshow interaktif dengan dr. Boy (panggilan akrab dr. Boy Abidin), dokter yang menjadi host acara dr. Oz Indonesia, banyak memberikan saya insight pengetahuan dan ilmu baru terkait kesehatan area kewanitaan.

Infeksi Saluran Kemih dalam Kehamilan

Saya ingat betul saat kehamilan di tahun 2015, saya mendapati flek selama dua minggu di awal kehamilan yang sangat membuat calon ibu muda ini panik dan sedih! Dokter kandungan saya menjelaskan bahwa flek ini berasal dari infeksi mulut rahim akibat keputihan yang saya alami. Ya keputihan itu memang hal yang wajar terjadi pada wanita (keputihan fisiologis), tapi keputihan bisa dikatakan abnormal jika gejala keputihannya berbau, berwarna, dalam jumlah yang tak wajar (banyak), dan terasa gatal di sekitar area genital. Ini yang saya alami dulu saat hamil dan ini cukup mengganggu. Dokter kandungan saya memberikan antibiotik (yang aman dikonsumsi ibu hamil) untuk membantu mengatasi masalah tersebut.

dr boy menjelaskan tentang infeksi saluran kemih
dr. Boy Abidin, SpOG(K), narasumber talkshow

Saya mengkonfirmasi ke dr. Boy saat talkshow, apakah benar keputihan demikian bisa menyebabkan flek?

He said YES!

Dr. Boy menjelaskan bahwa di area vagina wanita banyak terdapat pembuluh darah. Keputihan yang abnormal bisa menyebabkan infeksi di sekitar vagina yang menyebabkan terjadinya pembuluh darah pecah. Nah, pecahnya pembuluh darah akibat infeksi dari keputihan inilah yang menyebabkan flek.

Seseorang yang pernah mengalami infeksi saluran kemih, bisa saja mengalami infeksi saluran kemih berulang. Oleh karena itu, penanganan gejala ini harus tuntas dilakukan. Kalau dibiarkan berlarut-larut, terutama bagi ibu hamil, bisa sekali terjadi komplikasi berikut ini:

Komplikasi infeksi saluran kemih pada kehamilan

  1. Kelahiran premature
  2. Bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR) yaitu < 2,5 kg
  3. Preeklampsi
  4. Hipertensi
  5. Gagal ginjal
  6. Kematian janin
Read also:   Belajar Fotografi dengan Modal Smartphone

Saya sempat menanyakan ke dr. Oz (maksudnya Dr. Boy), berhubung gelaja infeksi saluran kemih ini mirip sekali dengan gejala-gejala yang wajar dialami oleh ibu hamil, lalu bagaimana seorang ibu hamil bisa tahu atau bisa membedakan apakah gejala yang dialaminya merupakan suatu hal wajar akibat kehamilan atau justru gejala tersebut mengarah ke gejala infeksi saluran kemih? dr. Boy menyarankan untuk cek laboratorium karena hasil cek tersebut adalah jawaban akurat untuk mendiagnosis gejala ISK pada ibu hamil.

 

Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah infeksi yang terjadi pada sistem kemih, termasuk di dalamnya adalah organ ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Infeksi saluran kemih bisa terjadi pada siapa saja: anak-anak, pria, wanita, wanita hamil dan menopause, dan penderita diabetes. Dibandingkan pria, wanita lebih rentan mengalami ISK karena wanita mempunyai saluran uretra yang lebih pendek daripada pria.

Penyebab infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih disebabkan adanya koloni kuman di saluran kemih yang masuk secara hematogen (aliran darah) dan ascending (menjalar ke atas). Sebagian besar kasus ISK disebabkan oleh bakteri Escherichia coli atau E. coli yang biasanya hidup di dalam saluran cerna. Ketika area kewanitaan dalam kondisi kurang bersih, bakteri E. coli jahat bisa masuk ke dalam saluran uretra. Kondisi kurang bersih ini bisa disebabkan antara lain karena: penggunaan toilet yang tidak bersih (biasanya toilet umum), air pembasuh yang tidak bersih, dan arah membasuh yang salah.

Penyebab lain yang turut berpartisipasi dalam terjadinya ISK antara lain kurang minum, menahan pipis, aktivitas seksual, diabetes, dan kehamilan.

penyebab infeksi saluran kemih
5 dari 10 wanita pernah mengalami infeksi saluran kemih

Gejala infeksi saluran kemih

Gejala ISK dibagi menjadi dua, yaitu gejala ISK bagian bawah dan ISK bagian atas. ISK bagian bawah adalah infeksi yang terjadi pada uretra dan kandung kemih (sistitis), sedangkan ISK bagian atas merupakan infeksi yang terjadi pada ureter dan ginjal.

Gejala infeksi saluran kemih bawah

  1. Nyeri saat BAK (dysuria), rasa panas di urethra
  2. BAK lebih sering sampai di malam hari (nocturia), jumlah urin sedikit
  3. Tidak dapat menahan rasa BAK
  4. BAK tidak tuntas (anyang-anyangan)
  5. Nyeri pada perut bagian bawah (suprapubik)
  6. Demam ringan, tidak enak badan (malaise)
Read also:   Demi "Empat Jengkal", Ini 4 Cara Mencegah Obesitas

Gejala infeksi saluran kemih atas:

  1. Demam tinggi, menggigil
  2. Hilang nafsu makan
  3. Mual dan muntah
  4. Nyeri pada pinggang (lokasi ginjal)

Pencegahan infeksi saluran kemih:

– Hindari menahan BAK

– Minum air putih lebih dari 2-3 liter/ hari atau sekitar 8-10 gelas
  Tips minum air putih: minumlah sebelum haus. Kalau kita sudah merasakan haus, artinya tubuh sudah kekurangan      air.

–  Menjaga kebersihan organ intim
   Menjaga kebersihan organ intim wanita menjadi suatu hal yang penting dilakukan karena organ intim mempunyai     3 fungsi utama: menstruasi, fungsi seksual, dan reproduksi. Gangguan saluran kemih bisa mengganggu 3 fungsi         tersebut.

a. Bersihkan dari depan ke belakang

Seharusnya arah membasuh daerah intim wanita adalah dari depan (vagina) ke belakang (anus), bukan sebaliknya. Hal ini untuk mencegah kuman yang ada di anus masuk ke area vagina.

b. Gunakan pakaian dalam berbahan katun

Sebaiknya ketika bepergian, bawalah beberapa buah celana dalam berbahan katun terutama bagi wanita yang sering mengalami keputihan. Penggantian celana dalam bertujuan untuk menghindari celana dalam yang lembab. Jangan juga memakai celana dalam yang terlalu ketat ya agar daerah kewanitaan bisa “bernapas”. Saat tidur, pakaian dalam boleh dibuka jika kamu merasa tidak nyaman memakainya.

c.  Penggunaan pantyliner tidak disarankan

Allah sudah menciptakan fisiologi organ kewanitaan kita sedemikian sehingga terdapat katup di area vagina yang fungsinya untuk mengatur kelembapan organ kewanitaan. Dalam kondisi kelembapan tinggi, katup tersebut akan membuka sehingga ada aliran udara untuk “bernapas” dan area kewanitaan menjadi terasa lebih nyaman. Nah penggunaan pantyliner justru bisa mengganggu sistem tersebut.

Penggunaan pantyliner memang lebih praktis, tapi tidak disarankan dalam jangka waktu lama. Pengecualian untuk penggunaan beberapa jam saja misalnya saat menghadiri acara resepsi pernikahan. Kalau saya sendiri, jujur saja saat hamil dan keluar banyak keputihan, saya memakai all-day pantyliner karena saya merasa kepayahan kalau harus gonta-ganti celana dalam berkali-kali. Jangan ditiru ya, tidak baik loh.

d.  Penggunaan cairan/ sabun pembersih vagina diperbolehkan, asalkan:

Cairan/ sabun harus dalam kondisi PH balance agar tidak merusak kelembapan alami di sekitar area kewanitaan! Kondisi vagina tidak boleh kesat ya. Frekuensi penggunaan sabun juga tidak boleh terlalu sering karena bisa merusak flora bakteri baik yang berfungsi menjaga area intim.

Read also:   Kiat Cantik dan Sehat selama Berpuasa

–  Mengkonsumsi buah cranberry

  1. Cranberry mengandung proantocyanidin (PAC) yaitu jenis tannin yang terkondensasi, bahan aktif dalam cranberry yg menghambat perlekatan bakteri e.coli di sel epitel saluran kemih
  2. Cranberry memiliki anti-adhesi bakteri, mencegah bakteri menempel pada dinding saluran kemih.
  3. Cranberry akan berikatan dengan fimbriae bakteri sehingga bakteri tidak dapat berikatan dengan sel pada dinding saluran kemih.
  4. Keuntungann utama produk cranberry dibandingkan penggunaan antibiotic profilaksis adalah tidak menimbulkan resistensi antibiotic
  5. Mensupport kesehatan jantung, menjaga kadar gula, kesehatan dalam pencernaan, sbg antioksidan

Pencegahan infeksi saluran kemih berulang:

  1. Modifikasi pola hidup
  2. Pemberian antibiotik sesuai indikasi dan harus melalui resep dokter
  3. Konsumsi produk yang mengandung cranberry:
    Buah cranberry telah lama diteliti dan digunakan di Amerika, efektif mencegah infeksi saluran kemih. Ekstrak cranberry dengan kandungan 36 mg PAC (proantocyanidin) dapat dijadikan pilihan sebagai profilaksis ISK. PAC ini bisa mencegah penempelan bakteri E. coli pada dinding saluran kemih.Berhubung mencari buah cranberry tidak gampang di Indonesia, Combiphar menghadirkan produk Prive uri-cran untuk mencegah infeksi saluran kemih. Ekstrak cranberry di Prive uri-cran bisa bekerja aktif menjaga kesehatan saluran kemih sekaligus membebaskan kita dari gangguan anyang-anyangan.

    obat anyang-anyangan
    Anyang-anyangan adalah gejala infeksi saluran kemih

    Kamu tahu anyang-anyangan kan? Atau malah sering mengalaminya? Seperti saya tulis di atas, anyang-anyangan atau rasa ingin buang air kecil terus-menerus disertai nyeri dan tidak lancar adalah salah satu gejala awal infeksi saluran kemih. Tentu saja anyang-anyangan ini sangat mengganggu aktivitas kita, terutama bagi ibu hamil yang kepayahan kalau musti bolak-balik ke kamar mandi.

     

    Prive uri-cran tersedia dalam entuk kapsul dan powder sachet. Produk ini tersedia di Century, Guardian, Watsons, Kimia Farma, Viva Health, dan apotek lainnya.

    infeksi saluran kemih dan cranberry
    Prive uri-cran dengan ekstrak cranberry

-SKA-

Please follow and like me:

9 thoughts on “Ladies, Yuk Kenalan dengan Infeksi Saluran Kemih!

  • PErnah nyobain jus cranberry dan menurut agak asam kecut gimana gitu hehehe. Tapi seger sih. Nah Uri-Cran ini super enak jadi ga kerasa minum minuman yang berguna bagi kesehatan.

  • Aku dulu pernah suka nahan pipis dan ngalamin anyang-anyangan. Rasanya nggak lagi-lagi deh, makanya aku juga konsen banget sama anak-anak supaya jangan suka nahan pipis

  • Oooowww ternyata kurang minum dan menahan pipis itu salah satu penyebab penyakit infeksi saluran kandung kemih ya. Aku usahain sih sehari minum 8-10 gelap air putih… makin banyak minum kadang takut beser wkwkwkwk apalagi pas bepergian .

  • Duh ini enggak banet deh. Pernah kena soalnya, rasanya perih di bawah gak enak banget.
    Memang sebaiknya banyak minum air putih ya mbak plus menjaga kebersihan area kewanitaan supaya enggak ada bakteri jahat yg bikin ISK. TFS.

  • Bener banget nih wanita rawan infeksi saluran kemih, anak temenku batita bisa kena sampai demam dan dirawat loh. PR ingetin anak perempuanku rajin minum air putih

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *