minyak bekatul cover

Minyak Bekatul: Minyak Goreng Sehat untuk Diet

Seperti kebanyakan kaum hawa lainnya, saya ingin banget loh menurunkan berat badan. Nggak banyak koq cuma ingin turun 5-7 kilo saja. Usaha yang sudah saya lakukan adalah mengurangi porsi karbohidrat dan menambah asupan sayur & buah yang tinggi serat. Is it work? Hm, sometimes yes, but mostly not. Loh piye toh? Soalnya saya nggak rutin olahraga juga sih. Selain itu, saya masih hobi ngemilin gorengan. Hehe.

Btw, hampir tiap hari di rumah pasti bikin tempe goreng karena kami sekeluarga cinta tempe goreng!

Kalau mau beneran diet sih harusnya totally hindari gorengan ya. Tapi yaa namanya juga manusia tak luput dari rasa ingin ngemil gorengan. Mengubah kebiasaan makan itu susah, perlu niat yang kuat untuk konsisten. Saya cuma mikir gimana caranya makan gorengan bira lebih sehat ya?

 

gorengan
Gorengan is the best 🙂

 

Lalu, saya baca berita katanya Krisdayanti (KD) lagi menerapkan diet khusus biar penampilannya bisa selalu fit dan cantik. Penasaran, apa saja sih menu khusus ala KD? Jawaban dia begini:

 

“Roti gandum yang di-toast itu lebih bagus. Terus ayam digoreng pakai minyak bekatul. Malam aku minum susu yang mengandung 12 antioksidan. Jadi aku udah program sama dokter giziku,” ujar KD di Kantor MD Picture, Setiabudi, Jakarta Pusat, Kamis, 7 April 2016

 

Agak kaget pas denger dia bilang minyak bekatul. Loh, bekatul itu kan makanan ternak ya? Wkwkwk.

 

Apa kriteria kamu dalam memilih minyak goreng?

Bicara soal minyak goreng, duluuu menurut saya semua minyak goreng sama saja. Fungsinya ya buat menggoreng. Saya nggak ada kriteria khusus dalam memilih minyak goreng. Pokoknya cari saja minyak goreng yang lagi diskon di swalayan tiap weekend. Hahaha.

 

Pas fase MPASI Halwa, saya mulai tahu ada jenis minyak EVOO dan ELOO yang nyatanya lebih sehat untuk dikonsumsi. Sejak saat itu saya jadi lebih tahu bahwa ada jenis minyak lain untuk masakan selain minyak goreng yang biasa dipake di rumah.

 

Nah, sekarang saya baru tahu juga kalau bekatul itu bisa dijadikan minyak goreng sehat. Kemarin pas jalan-jalan ke swalayan, saya lihat ada minyak bekatul “Oryza Grace” langsung deh inget sama KD yang diet pake minyak bekatul.

 

Read also: Demi “Empat Jengkal”, Ini 4 Cara Mencegah Obesitas

 

Tentang Rice Bran Oil / Minyak Bekatul

 

Didukung rasa penasaran yang tinggi, saya cari tahu soal minyak bekatul alias minyak dedak ini. Jadi, minyak ini terbuat dari serbuk halus yang melapisi kulit beras dalam biji padi.

 

rice bran oil
Bagian dari biji beras, rice bran adalah selaput bagian dalamnya

 

Saya jadi inget materi gizi pas zaman kuliah dulu. Kulit beras ini kandungan gizinya tinggi karena terdiri dari berbagai kandungan vitamin, mineral, vitamin E, zat antioksidan, dll. Makanya disarankan kalau kita mau masak nasi, mencuci berasnya jangan terlalu bersih ya Moms  agar kita nggak kehilangan si selaput beras yang kaya akan kandungan gizi ini.

 

 

Keunggulan Rice Bran healthy oil ini antara lain:

 

  1. Kandungan minyak jenuhnya rendah

Lemak jenuh adalah salah satu jenis lemak yang kalau dikonsumsi berlebihan bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan. Minyak jenuh ini ditengarai menjadi penyebab kolesterol ‘jahat’ (LDL) yang merupakan cikal bakal penyakit kardiovaskular seperti jantung koroner dan stroke. Jadi, sebisa mungkin kita hindari makanan yang tinggi minyak jenuhnya, sebaliknya, konsumsilah makanan yang mengandung lemak tak jenuh.

 

Read also: Ini 5 Langkah GERMAS untuk Kendalikan Penyakit Tidak Menular

 

lemak jenuh
Kandungan lemak jenuh dan tak jenuh pada berbagai macam minyak

 

  1. Titik asap paling tinggi di antara minyak lainnya (bisa mencapai 245 derajat)

Rice Bran Oil cenderung stabil dan aman dipanaskan di suhu wajan yang panasnya mencapai 220 derajat.  Artinya, proses penggorengan nggak akan menyebabkan lemak tak jenuhnya rusak (lemak tak jenuh ini bagus untuk tubuh kita).

 

titik asap
Titik asap pada berbagai jenis minyak

 

  1. Tidak menyebabkan batuk

Rice Bran Oil punya titik asap tinggi sehingga makanan yang digoreng nggak menyebabkan batuk.

Titik asap adalah titik ketahanan minyak goreng terhadap panas. Kalau minyak goreng punya titik asap rendah di bawah panasnya suhu wajan, (biasa ditandai proses penggorengan minyak akan terlihat berasap), artinya:

1) Ikatan rangkap pada semua kandungan Lemak Tak Jenuh dalam minyak telah rusak sehingga berubah total menjadi Lemak Jenuh yang bisa menimbulkan risiko peningkatan kolesterol LDL dalam darah

2) Terbentuknya zat acrolein dalam minyak yang menimbulkan beberapa akibat yang merugikan kesehatan, di antaranya menyebabkan batuk.

  1. Melezatkan makanan

Minyak goreng sehat ini cocok untuk menggoreng (deep frying), menumis, memanggang, salad dressing dan berbagai cara penyajian lainnya.

rice bran oil
Oryza Grace Rice Bran Oil untuk segala sajian masakan

 

  1. Bisa dipakai sebagai kosmetik

Katanya, Rice Bran Oil adalah salah satu “Anti-Aging Secrets” yang biasanya banyak digunakan di produk kecantikan untuk mencegah penuaan dan membuat kulit lebih cerah.

Saya baca satu artikel seorang beauty blogger yang dia pake si minyak dedak ini sebagai make up removal dan pengganti krim malam. Katanya, kulit jadi terasa bersih dan kenyal setelah pemakaian. Katanya sih, minyak ini mudah diserap kulit dan bagus untuk kulit yang sangat kering/ sunburn.

Di Jepang dan China, Rice Bran Oil ternyata sudah lama dipakai untuk pengobatan dan kecantikan. Bahkan ada sebuah tradisi di Jepang menyebutkan bahwa perempuan menggunakan Rice Bran Oil di wajah mereka untuk menjaga kulit mereka mulus.

 

 

Review saya setelah mengonsumsi “Oryza Grace” Rice Bran Oil 

Singkat cerita, si minyak bekatul atau Rice Bran Oil itu “mendarat” di dapur rumah saya. Hehe. Saya mengonsumsi ini belum ada sebulan ya Moms, jadi belum terasa efek kesehatan yang signifikan. Yang pasti, saya merasa lebih aman memasak menggunakan Rice Bran Oil ini karena saya sudah mempelajari kandungan zat gizinya.

kandungan rice bran oil
Kandungan Oryza Grace Rice Bran Oil

 

Selain itu, saya juga jadi punya alternatif healthy oil untuk dressing salad selain pakai minyak zaitun. Penggunaan Rice Bran Oil juga lebih luas dibanding minyak zaitun. Kalau minyak zaitun kan sebaiknya nggak dipanaskan untuk mendapatkan manfaat optimal, nah kalau Rice Bran Oil ini bisa untuk menggoreng apa saja. Para pecinta gorengan di rumah kami jadi nggak khawatir batuk-batuk akibat kebanyakan ngemil tempe goreng dan kawan-kawan genk-nya.

 

Harga minyak goreng Oryza Grace Healthy Oil ini untuk botol 1 Liter Rp 79.900, sedangkan botol 5 Liter Rp 377.900. Memang harganya jauh lebih mahal daripada minyak sawit ya, tapi tetap masih lebih murah dibanding minyak zaitun. Oh ya, Oryza Grace ini sudah tersertifikasi Halal Thailand jadi insyaAllah aman dikonsumsi Moms.

 

oryza grace halal
Oryza Grace sudah berlabel HALAL

 

Info lengkap tentang Oryza Grace Rice Bran Oil:

www.facebook.com/ricebranoil

www.instagram.com/oryzagrace

www.oryzagrace.com

 

 

 

-SKA-

Please follow and like me:
error

17 thoughts on “Minyak Bekatul: Minyak Goreng Sehat untuk Diet

  1. Wah baru tau soal minyak bekatul ini hihi biasanya kalau di rumah pakainya minyak jagung, karena cuma itu yang ada di supermarket~ nanti coba saya pelajari lagi soal minyak bekatul ini, lumayan banget kalau memang betul-betul membantu especially untuk diet dan sehat 😀

  2. Wah, Rice bran oil ini ga bikin kita ngantuk? Trus jadi kosmetik pula buat bikin wajah jadi lebih cerah dan mengurangi penuaan dini? Mauuuuu….! Oryza Graze aman dikonsumsi ya nilai gizinya tinggi dan sudah dapat sertifikat halal Thailand. Istimewa banget ya minyak bekatul hhmm… Di minimarket dekat rumah kayaknya jarang deh, mesti ke supermarket. Cari ah. TFS, Eska 🙂

  3. Baru tahu nih sama Minyak Bekatul, ternyata manfaatnya buat kesehatan banyak banget ya. Aku memang lagi mengurangi penggunaan minyak sawit, dan sepetinya minyak bekatul ini bisa jadi pilihan ya. Thanks for sharing ya Mba

  4. Makasih infonya Mba, jadi tahu nih ada minyak bekatul dan kandungannya. Di rumah masih pakai minyak sawit biasa sih, tapi berusaha buat gak dipakai berulang2, ngeri juga kan. Ada minyak bekatul ini bisa jd pilihan terutama untuk orang yg sudah terkena stroke atau jantung biar gak makin parah ya. Semoga segera bisa ganti nih..

  5. Aku kemarin cari di supermarket belum nemu kebetulan disaranin juga pakai minya bekatul karena lagi diet sama suamiku yg udah over beratnya. Makasih infonya yah jadi tahu loh manfaat laiinya

  6. Aku dah pernah pakai minyak ii mbak, hasilnya sama renyahnya kyk kita goreng pakai minyak lain tapi enaknyagoreng pakai ini lbh sehat yaaa. Wah ternyata bisa dipakai buat kosmetik ya, tau gtu takpakai maskeran juga haha biar alusan ini wajah 😀

  7. Ooo fungsinya cuci beras jangan terlalu bersih tuh itu toh. Ada selaput beras (rice brand) yg kandungan gizinya banyak. Dulu tuh nurut2 aja, tapi setiap ditanya mengapa? Cuma bisa bilang.. biar gizinya ga hilang. Dan baca disini jadi paham banget.

    Tapi skrg mah biar ga hilang rice brandnya, tambahin aja ya minyak bekatul sedikit saat masak nasi. ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.