Rekomendasi Pasta Gigi Ibu Hamil yang Tidak Memicu Mual “Motherlove Gentle Toothpaste”

Rekomendasi Pasta Gigi Ibu Hamil yang Tidak Memicu Mual “Motherlove Gentle Toothpaste”

Bagi sebagian ibu hamil, trimester pertama kehamilan adalah bagian terberat yang dijalani saat hamil. Sebenarnya sepanjang masa kehamilan 9 bulan hampir sepenuhnya terasa berat ya Moms, but the hardest part is the first trimester (setidaknya itu pengalaman saya setiap menjalani kehamilan). Nafsu makan menurun, morning sickness, lelah berlebihan, mual. Makan tak enak, tidur pun tak nyenyak deh.

Bahkan, untuk urusan menggosok gigi saat hamil bisa menjadi momok menakutkan buat saya loh. Kenapa? Karena setiap kali bersentuhan dengan sikat dan pasta gigi, ada trigger kuat untuk memuntahkan isi perut (istilahnya gag reflux). Ada yang mengalami hal sama dengan saya nggak Moms?

Belum lagi berbagai masalah kesehatan gigi yang rentan terjadi ketika hamil. Kehamilan memang membuat tubuh kita mengalami perubahan hormonal yang dampaknya bisa bermacam-macam. Salah satu dampak pada kesehatan gigi dan mulut yaitu bisa membuat gusi lebih mudah meradang. Bagi ibu hamil yang pernah mengalami gusi merah, bengkak, atau lunak dan berdarah saat menyikat gigi, itu bisa saja terjadi karena adanya respon berlebihan terhadap plak yang menumpuk di gigi.

 Kenapa Kesehatan Gigi Ibu Hamil Harus Dijaga?

Kesehatan gigi ketika hamil tetap perlu dijaga meskipun saat menggosok gigi butuh perjuangan bagi sebagian ibu hamil. Memang dilematis ya Moms. Saya pernah di kehamilan yang lalu rutin berkunjung ke dokter gigi bahkan sampai harus melakukan tindakan bedah mulut. Rasa ngilunya luar biasa deh dan sakit gigi saat hamil juga berpotensi mengalami kontraksi pada janin. Oleh karena itu, saya bertekad kalau hamil lagi, saya harus lebih rajin menjaga kesehatan gigi.

Menurut The American Academy of Family Physicians, kesehatan gigi yang buruk berkorelasi dengan peningkatan risiko kelahiran prematur dan bayi lahir dengan berat badan lahir rendah (BBLR). Jika hal ini terjadi, bayi prematur dan BBLR berisiko mengalami berbagai gangguan kesehatan. Penelitian menunjukkan beberapa kelahiran prematur dapat dipicu oleh penyakit periodontal.

Mayo Clinic juga menyatakan kalau kesehatan gigi yang buruk bisa berkontribusi pada masalah jantung dan kardiovaskular, infeksi sinus, dan bahkan stroke. Jadi, itulah kenapa ibu yang sedang hamil harus memberikan perhatian ekstra terhadap kesehatan gigi dan mulut mereka.

 

pasta gigi ibu hamil

 

   Read also: Pengalaman Melahirkan dengan Gentle Birth

 

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi selama Kehamilan:

 

  • Gosok gigi dengan rutin
  • Hindari makanan & minuman yang mengandung tinggi gula/manis.
  • Makan berbagai macam makanan sehat dan bergizi seimbang.
  • Makan lebih banyak makanan berkalsium tinggi, seperti susu dan produk turunannya. Kalsium sangat penting untuk gigi dan pertumbuhan tulang bayi.

 

Tips Mencegah Mual & Muntah pada Ibu Hamil saat Menggosok Gigi

Buat Moms yang sedang hamil dan sering mengalami mual saat menggosok gigi, mungkin beberapa tips ini bisa dicoba ya:

  1. Beralih ke pasta gigi yang rasa mint-nya tidak terlalu kuat, direkomendasikan carilah rasa buah-buahan seperti semangka, kayu manis, jeruk, lemon, atai blueberry. Bisa juga gunakan pasta gigi balita yang menawarkan rasa buah-buahan karena biasanya konsentrasinya lebih lembut bahkan tanpa rasa sama sekali.
  2. Gunakan sikat gigi berkepala kecil yang lembut yang biasanya dirancang khusus untuk anak-anak.
  3. Mulailah menyikat gigi di pagi hari saat Moms tidak terlalu sering muntah.
  4. Berkonsentrasilah pada pernapasan terutama saat Moms membersihkan gigi bagian belakang.
  5. Bersihkan gigi dan gusi secara menyeluruh dua kali sehari untuk menghindari penumpukan plak.
  6. Menyikat gigi di pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Sesekali bisa gunakan benang gigi (dental floss) sekali sehari.

pasta gigi bumil

Rekomendasi Pasta Gigi Rasa Blueberry dari Motherlove Gentle Toothpaste

Berdasarkan pengalaman saya yang sering mengalami morning sickness saat hamil dan selalu berjuang keras untuk menyikat gigi tanpa mual atau muntah, saya menggunakan pasta gigi Motherlove Gentle Toothpaste. Pasta gigi ini diformulasikan dengan kandungan bahan alami, agar aman dipakai oleh ibu hamil dan menyusui.

Saya nyaman banget memakai pasta gigi ini karena nggak terasa rasa mint dan busanya juga nggak banyak (hampir nggak berbusa malah). Ketika diaplikasikan di mulut, yang terasa adalah rasa buah blueberry yang nggak memicu lambung untuk muntah. Pasta gigi ini bisa menjadi pilihan tepat saat menjalani kehamilan karena mengandung folic acid & honey propolis, hingga busa yang terbuat dari ekstrak kelapa.

Pasta gigi dengan rasa blueberry ini sudah teruji aman, menggunakan 99% bahan alami dan organik. Motherlove Gentle Toothpaste juga nggak meninggalkan residu berbahaya dan nggak memicu mual karena rasanya yang mild. Produknya juga bisa mudah didapatkan di di e-commerce, baby shops, atau supermarket.

 

Read also: Review Layanan Pijat Hamil di Depok

 

Cara penggunaan

  • Basahi sikat gigi dengan sedikit air lalu keluarkan pasta gigi sebesar biji kacang polong pada sikat gigi
  • Gosok gigi selama 2 menit
  • aKumur dan buang sisa pasta gigi
  • Gosok gigi 2 kali sehari.

 

manfaat pasta gigi

 

 

Kandungan & bahan utama:

  • Ekstrak Eucalyptus, Sage, dan Honey Propolis: mencegah gigi
  • berlubang dan merawat kesehatan gusi.
  • Ekstrak Aloe vera dan Folic acid: merawat & menenangkan gusi.
  • Ekstrak Mint & Green Tea: menyegarkan nafas & mencegah bau mulut.
  • Xylitol: membantu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab gigi
  • berlubang

 

Kelebihan Motherlove Gentle Toothpaste for Moms:

  • Menggunakan bahan alami & organik yang telah tersertifikasi.
  • Pasta gigi pertama untuk ibu hamil & menyusui yang menggunakan
  • folic acid & honey propolis.
  • Teruji secara medis untuk ibu menyusui & ibu hamil.
  • Mencegah cavity & plak (bakteri).
  • Diformulasi & diuji di Korea Selatan.
  • Tanpa kandungan bahan berbahaya.
  • Tidak diuji pada hewan.

 

Sebenarnya waktu yang paling tepat untuk merawat kesehatan gusi dan gigi kita adalah sebelum menjalani kehamilan karena perawatan gigi sebelum hamil dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi serta mengurangi risiko kelahiran prematur. Jadi, sebelum hamil, rajin-rajinlah berkunjung ke dokter gigi ya Moms agar ketika hamil kita lebih nyaman menjalaninya karena terhindar dari masalah kesehatan gigi yang buruk.

 

rekomendasi pasta gigi

 

 

Referensi:

  • https://dentalhealthsociety.com/oral-health/the-best-toothpaste-to-use-while-pregnant-and-other-dental-advice-for-expectant-moms/#:~:text=The%20American%20Dental%20Association%20has,water%20and%20using%20fluoride%20toothpaste.
  • https://www.pregnancybirthbaby.org.au/looking-after-your-teeth-during-pregnancy
  • https://www.washingtondentalnj.com/blog/2019/09/pregnancy-can-affect-oral-health/

 

 

 

 

 

 

53 thoughts on “Rekomendasi Pasta Gigi Ibu Hamil yang Tidak Memicu Mual “Motherlove Gentle Toothpaste”

  1. bener banget mak kesehatan gigi bumil itu harus dijaga. karena ngaruh banget lo kehamilan dengan kesehatan gigi. ibu2 yang beberapa kali melahirkan itu biasanya rentan gigi keropos lo

  2. Mantap nih produk Motherlove ada pasta gigi yang cocok buat ibu hamil. Wah, ada rasa bluberry juga, menyegarkan ya. Menyikat gigi selama kurang lebih dua menit itu sudah cukup bersih. Ibu hamil kadang merasa eneg dan kepengen muntah. Untung ada Motherlove ya. Kesehatan gigi bumil jadi lebih terjaga.

  3. kalau sedang hamil, pakai produk apapun memang harus jauh lebih selektif ya, bund. Semi keselamatan buah hati dan diri sendiri tentunya.

    1. Setuju banget 🙂 Pokoknya buat ibu hamil maupun menyusui, pakai produk apapun kudu lebih selektif. Untung ada pasta gigi Motherlove yang tidak memicu mual ya. Gigi lebih sehat, hindari nyeri dan keluhan lainnya.

  4. Keren ya Motherlove. Bukan hanya untuk anak, produk yang dikeluarkan pun ada yang untuk ibu. Pasta gigi untuk ibu hamil ini penting karena ada yang tiba2 tidak gak cocok sama pasti gigi yang sebelumnya dipergunakan. Jadinya bisa beralih ke Motherlove.

  5. Ada lho temenku juga mba pas trimes 1 tuh tiap gosok gigi pasti mual trus muntah. Kayanya aku bisa rekomenin Motherlove Gentle Toothpaste ini deh. Ngga berasa mintnya dan busanya ngga banyak kan? Tentu aja udah terjamin aman dengan bahan alami dan organik ya.

  6. Ibu hamil memang sering mengalami mual ya mbak
    Apa saja bisa buat mual
    Termasuk saat menggunakan pasta gigi
    Untungnya sekarang ada pasta gigi dari Motherlove ini
    Jadi nggak mual lagi kalau gosok Gigi

  7. Aku termasuk salah satu perempuan yang menderita ketika hamil. Mual parah selama 9 bulan. Apa saja yang masuk mulut pengen dimuntahin. Bahkan saat gosok gigi. Baru deketin sikat gigi ke mulut aja udah oek oek muntah haha. Banyak faktor sih, salah satunya mungkin karena ga suka sama bau pasta gigi.

    Andai 20 tahun lalu pasta gigi Motherlove Gentle Toothpaste udah ada, mungkin bisa bantu aku atasi mual/muntah saat gosok gigi 😀

  8. Oh ternyata penyebab bumil kadang susah membersihkan gigi dengan pasta gigi rasa mint itu bikin mual? Aku nggak ngalamin sih karena hamil ngebo, nggak pernah ngalamin mual gitu. Tapi iparku dulu tiap sikat gigi pasti lama banget katanya mual parah. Beruntung bumil sekarang dengan adanya Motherlove Gentle Toothpaste yang rasa blueberry jadi gak bikin mual saat sikat gigi

  9. MashaAllah~
    Perjuangan yang harus dilewati ibu hamil dalam proses kehamilan ini memang masing-masing ya.. Aku juga trimester pertama ini warbyasaaaa banget deh..
    Kudu banget dijagain untuk kesehatan gigi dan mulut. Alhamdulillah, sudah hadir produk pasta gigi sahabat ibu hamil yang banyak keluhan ini..
    Motherlove Gentle Toothpaste bisa menjadi pilihan pasta gigi rekomendasi bagi ibu hamil agar selalu jaga kesehatan gigi mulut.

  10. Menarik ini, mengingat bumil sering terpicu mual karena pasta gigi tertentu. Dan setuju merawat kesehatan gusi dan gigi sebelum menjalani kehamilan karena perawatan gigi sebelum hamil dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi serta mengurangi risiko kelahiran prematur pada bayi

  11. jadi ingat waktu jaman hamil, konsen pertamaku memang di pasta gigi dan perlengkapan mandi lainnya. Pokoknya harus yang aman untuk ibu hamil, enaknya sekarang tuh semakin banyak produknya. Kalau jaman aku hamil dulu masih terbatas sekali.

  12. Wah, pas saya hamil belum tahu ada Motherlove Gentle Toothpaste for Moms. Dulu, untuk mengurangi mual pas gosok gigi, saya menggunakan air hangat. Entah kenapa dulu cocok di mulut dg air hangat.

    Bumil kudu menjaga kesehatan giginya. Biar bisa mencegah hal-hal yg tak diinginkan buat bumil sendiri atau jabang bayinya.

  13. Memang perjuangan banget hamil di tri semester pertama. Perihal gosok gigi ini, aku pernah mengalaminya. Mual bawaannya ya, Mbak. Beruntung ada produk dr Motherlove ini. Aku baru tauu. Hihihi

  14. Alhamdulillah ya sekarang ada pasta gigi untuk mengurangi mual saat gosok gigi. Lumayan banget banget ini buat ibu hamil yang mengalami morning sickness atau yang tergolong hamilnya cukup berat karena mual yang panjang.

  15. memang kalau lagi hamil itu ada beberapa ibu yang bermasalah dengan giginya ya, mbak. saya juga pas hamil dulu sempat mual kalau lagi sikat gigi. keren euy sekarang ada juga pasta gigi dengan kandungan bahan alami yang aman untuk ibu hamil

      1. Iya juga sih, yang nggak hamil aja kalo sikat gigi kadang bisa mual dan hoek hoek, wkwkwkk.

        Bersyukur sekarang ibu hamil terbantu dengan produk Motherlove Gentle Toothepaste. Rasa mint yang samar karena adanya rasa Bluberry jadi bisa ngilangin mual bagi bumil dan gigi serta rongga mulut juga tetap terjaga kesehatannya

  16. Betul banget mbak, salah satu hal yang bikin bumil agak parno itu waktu sikat gigi.. Aku dulu sering banget mual dan berujung muntah kl sikat gigi. Alhamdulillah sekarang ada solusinya ya

  17. Ibu hamil dan menyusui di masa kini menurutku semakin dimudahkan oleh produk consumer good, di mana urusan pasta gigi pun diciptakan dengan banyak keunggulan termasuk mencegah mual saat sedang gosok gigi.

    Pasta gigi Motherlove Gentle Toothpaste recommended ya!

  18. kandungannya semua bahan herbal ya mbak. kulihat ada Ekstrak Eucalyptus, Sage, dan Honey Propolis – Ekstrak Aloe vera dan Folic acid – Ekstrak Mint & Green Tea sama Xylitol

    jadi aman buat bumil

  19. Wah ada juga ya yang bau pasta gigi saja jd mual? Tapi iya sih, bawaan hamil macem2 banget. Kadang aneh-aneh juga…sesuatu yg impossible saat tidak hamil, jadi possible saja hihihi. Membayangkan sakit gigi saat hamil, aduuuuh semoga tidak ada yg mengalami ya… Jadi memang penting banget jaga kesehatan gigi pada saat hamil. Tentunya pakai pasta yg aman utk bumil spt dr motherlove ini….

  20. Jadi ibu hamil ini beneran harus pilih produk yang pas. Termasuk untuk pasta gigi ya mba karena kalau terlalu kuat aroma atau rasa, nggak sreg bagi bumil. Pilihan pasta gigi ini pas buat bumil cantik

  21. Cocok nih Mak buat aku rekomendasikan ke temen-temen bumil yang masih di awal masa kehamilan. Kayanya pada ngeluh mau ngapa-ngapain rasanya kok ga enak karena mual mulu bawaannya 🙁

  22. Mbakku pas hamil Keponakan, gak peduli pagi atau sore, pas sikat gigi tuh auto muntah. Jadi ya sebisa mungkin gak makan dulu sebelum ritual ini. Daripada mubadzir gitu. Well karena tahu ada pasta gigi khusus buat bumil, catet deh Motherlove Gentle Toothpaste ini. Buat jaga-jaga kalau aku hamil nanti

  23. Wah iya banget deh, masa hamil muda itu, gosok gigi adalah aktivitas yang paling bikin males. Abisnya bikin mual makin menjadi. Jadinya aku kalo hamil muda gosok giginya skin pasta gigi. Beruntung deh bumil-bumil zaman now, ada pasta gigi khusus yang meminimalkan mual saat gosok gigi. Keren!

  24. Jaman sekarang ya apa apa serba canggih. Rasanya jadi tertantang untuk bisa hamil lagi dan merasa siap secara jaman sekarang mulai skincare, susu ibu hamil sampai pasta gigi dan kebutuhan lainnya sudah tersedia. Ibu hamil jadi berasa dimanjakan ya

  25. Saat hamil anak kedua, tahun 2017 lalu tuh saya merasakan banget yang namanya mual. Rasanya semua gak enak, termasuk aroma pasta gigi. Andai aja dulu udah ada motherlove gentle toothpaste ini huhuhu.. gak mesti nahan-nahan aroma pasta gigi biasa dulu tuh..

  26. perawatan gigi saat hamil itu penting lo. Karena saat hamil itu gigi para bumil mudah keropos karena kebutuhan kalsium bayi kan tinggi. kalau giginya ga dirawat bisa bermasalah banget nantinya

  27. Wah ternyata ibu hamil juga wajib memperhatikan kesehatan gigi dan mulutnya karena kalau enggak akibatnya bisa mempengruhi kesehatannya dan itu paah banget pengaruhnya ya.
    Lho Mbak Eska hamil kah? Baru tauuu
    Senang ada pasta gigi khusus bumil krn pasti merasa nyaman dan aman, gak banyak mengandung bahan2 kimia yaa.

  28. Penting banget menjaga kehamilan agar kondisi Ibu dan bayi sama-sama sehat dari awal hingga melahirkan. Salah satu yang wajib dijaga adalah kesehatan gigi dan mulut sehingga ibu hamil bisa nyaman menikmati masa-masa bahagianya.

  29. Aroma mint malah bikin mual ya Mbak? Aku pas hamil justru peppermint ngilangin mual. Sampai qtetes ke air mandi segala. Kalau sabun nya pake aroma ginger baru deh aku bisa sabunan. Bluberry di pasta gigi Motherlove ini patut dicoba sih

  30. produk kehamilan untuk para bumil jaman now tuh beragam dan lengkap ya, lega deh jadi bumil hihi. Apalagi banyak juga sih yg cerita lagi hamil dan harus sikat gigi dan ujung2 nya jadi mual gitu

  31. Kalau trisemester pertama emang bikin mual. Segala pasta gigi aja ga mau. Dulu waktu hamil abang mau ga mau hajar weeh.. Eneg2 juga. Kalau Adek mah ga terlalu. Andai pasta gigi motherlove dah ada dr dulu mgkn nyaman banget kali ya

  32. Waah nanti bisa nih saya rekomendasikan ke sodara yang lagi hamil. Memang buat sebagian bumil yang mudah mual ketika sikat gigi, produk seperti ini sangat membantu.

  33. salah satu masalah saat hamil ya emang ini ya Mbak, gosok gigi, tapi gimana doong tetap harus karena menjaga kesehatan gigi selama kehamilan juga itu adalah keharusan, lagi gak hamil aja kalau sakit gigi gimanaaa gitu apalagi kalau saat hamil, duuuh kasian juga bisa pengaruh ke bayi nantinya.
    oohh ternyata pasta gigi yang mengandung mint itu ya jadi salah satu pemicu mual saat gosok gigi bagi ibu hamil. Boleh nih nanti rekomendasikan pasta gigi ini buat para bumil di sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *