Review Grab for Business: Aktifkan Profil Bisnismu!

Koq Eska belum makan sih?

Jangan bikin aku khawatir ya,… Yuk pesan GrabFood dulu pake kode promo ini.

 

Capek ya begadang semalem?

Biar bisa nyaman tidur di perjalanan, naik GrabCar aja!

Gak usah pusing bayarnya, biar hemat, GrabCar kasih kamu voucher!

 

Pulang kantor males macet di jalan? Naik GrabBike aja!

 

 

Hai kamu familiar nggak dengan pertanyaan-pertanyaan seperti itu? Kalau saya sih YES, nggak tau deh kalau Mas Anang. Ups!

 

Kalau kamu menjawab familiar, berarti kamu adalah Grabbers Sejati! Hahaha.

 

Soalnya pertanyaan-pertanyaan itu khas banget perhatian dari operator Grab buat para customer-nya. Ya ampun, coba kalau waktu jomblo eh single dulu sudah ada aplikasi Grab, betapa diriku ini merasa diperhatikan sekali dengan isi pesan yang dia berikan tiap harinya. Kocak deh Grab tuh kalau mau infoin kode voucher pasti pakai kata-kata yang membuat hati ini serasa melayang!! (Iye melayangkan khayalan buat dapetin banyak promo haha).

 

Let’s see ya:

pesan dari grab
Eaaa perhatian bener deh ^^

 

Kalau kamu nih, layanan apa sih yang sering kamu pakai di aplikasi Grab? Kalau saya lebih sering pakai GrabBike dan GrabCar. Apalagi kalau lagi ada kode voucher alias promo dengan pembayaran pakai OVO. Pernah loh saya dapat harga perjalanan hanya 1 rupiah! Iya, bener-bener cuma 1 rupiah. Coba itu kalau bayarnya cash pake duit logam 100 rupiah juga masih dikasih kembalian.

 

Kadang kepikiran nggak sih, drivernya dapet untung berapa kalau harga perjalanannya 1 rupiah? Nah, ternyata driver itu tetap dapat imbalan normal dari Grab-nya. Jadi, nikmati saja promo dari Grab yang sedang memanjakan customernya dan buang jauh-jauh rasa kasihanmu sama driver kalau lagi dapat promo 1 rupiah ya guys! Tapi kalau kamu mau kasih tips ke abang drivernya boleh banget biar mereka makin happy karena pekerjaannya diapresiasi.

 

 

Transformasi Grab

 

Pernah dengar teori “PERUBAHAN” nggak? Kurang lebih, teori PERUBAHAN menyatakan bahwa di dunia ini nggak ada yang kekal abadi kecuali perubahan itu sendiri.

 

Dunia itu terus berputar. Kalau kita nggak bisa mengikuti perubahan zaman ya kita akan tergerus oleh zaman. Begitu juga dengan sebuah bisnis. Di era perkembangan teknologi yang semakin pesat ini, kalau sebuah bisnis start up nggak melakukan inovasi ya akan kalah saing dengan rival lainnya. Kalau dicontohkan sudah banyak perusahaan besar yang dulunya berjaya tapi sekarang sudah mulai tumbang pesonanya, seperti IBM, Yahoo, Nokia, BlackBerry, dll.

 

Nah, Grab ini adalah perusahaan start up berbasis online transportasi yang tentunya dia punya banyak pesaing, ya nggak? Tapi, geliat inovasi yang diluncurkan oleh Grab menurut saya  massive banget. Yang tadinya kita tahu layanan Grab itu adalah ojek motor dan taksi (GrabBike dan GrabCar), sekarang deh coba buka aplikasi Grab kamu. Sudah banyak layanan lainnya persembahan dari Grab seperti GrabFood, GrabDelivery, esCooter, Trip Planner, Groceries, Hotels, Tickets, Bills, dll

 

layanan grab
Berbagai macam layanan dari Grab

 

 

Grab saat ini bukan hanya penyedia layanan transportasi, but beyond it! Grab ini telah bertransformasi untuk selanjutnya mewujudkan impiannya menjadi Everyday Super App. Nantinya segala kebutuhan kita akan bisa dilayani oleh perusahaan ini. Visioner sekali ya?

 

 

Fitur Layanan Grab For Business

 

Kalau kata Ibu Shanti Iriani (Corporate Culture Partner Grab Indonesia),  yang namanya bisnis ya harus terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan customer. Apalagi di era VUCA (Volatile, Uncertainty, Complexity, Ambiguity) saat ini, tantangan pebisnis start up lebih berat lagi. Tapi Grab ini punya cara smart menghadapi tantangan itu. VUCA ya mesti dilawan dengan VUCA (Vision leader, Unleash the hidden potential, Change agent, Agility Builder).

 

shanti iriani
Shanti Iriani (Corporate Culture Partner Grab Indonesia)

 

Dalam rangka memahami kebutuhan konsumennya, Grab meluncurkan fitur Grab for Business. Kamu sudah coba fitur ini?

 

Grab for Business adalah salah satu solusi perjalanan bisnis yang berguna banget untuk suatu perusahaan. Fitur ini membantu perusahaan dalam mengelola anggaran transportasi dan mengecek pengeluaran perjalanan bisnis para karyawannya

 

 

Keuntungan kalau kita pakai Grab for Business:

1.      Riwayat perjalanan bisnis terdokumentasi secara digital

2.      Bisa mengelola pengeluaran transportasi karyawan, menentukan kebijakan, dan men-download       laporan perjalanan

3.      Bisa mengontrol dan memantau penggunanan layanan Grab for Business.

4.      Banyak REWARDS yang bisa kamu dapatkan (ini yang membuat saya tergiur untuk switch ke profil bisnis!)

 

 

Grab For Business cuma buat karyawan & perusahaan?

Oh enggak begitu. Pas hari Rabu (28 Agustus 2019) saya datang di acara Ngobrol Produktif bareng Grab di GIOI, Senopati Jakarta Selatan, Ibu Olivia Yoviani (Partnership Grab For Business) menjelaskan bahwa fitur ini bisa dipakai oleh khalayak luas.

 

olivia yoviani
Olivia Yoviani (Partnership Grab For Business

 

Saya detilkan saja ya, Grab For Business ini cocok untuk siapa saja sih?

1.      Perusahaan

2.      Karyawan

3.      UMKM / Enterpreneur

4.      Freelancer

5.      Ibu rumah tangga

 

Pada dasarnya Grab For Business bisa banget dipakai oleh siapa saja yang memerlukan informasi perjalanan terdokumentasi secara digital misalnya untuk urusan reimbursement transportasi. Grab for Business ini bisa memisahkan laporan biaya perjalanan bisnis versus perjalanan pribadi. Nanti laporan perjalanan tersebut bisa kita dapatkan di akhir bulan.

 

Jadi untuk para pelaku UMKM, freelancer seperti blogger yang sering datang ke event, ibu-ibu rumah tangga yang concern dengan pencatatan pos pengeluaran bulanan rutin, aktivis organisasi, dan lain-lainnya, Grab for Business ini akan sangat membantu dalam hal pencatatan pelaporan.

 

Intinya sih itu ya: Grab for Business berguna untuk memisahkan pencatatan laporan keuangan transportasi personal dengan transportasi bisnis.

 

REWARDS

Ada weekly rewards dan seasonal rewards yang akan diberikan kepada pengguna tag bisnis.

 

Weekly Rewards. Kalau kamu sudah menggunakan profil bisnis untuk perjalannmu, kamu bisa mendapatkan rewards berupa promo potongan harga setiap minggunya (syarat dan ketentuan berlaku). Potongan harga ini akan tersedia setiap Rabu di beranda aplikasi Grab kamu (gulir ke bawah bagian beranda aplikasi Grab). Oh ya akumulasi perjalanan bisnis akan terhitung dari Senin sampai Minggu ya!

 

rewards
Potongan harga yang bisa didapat setiap minggu kalau kamu pakai profil bisnis

 

Seasonal Rewards. Di periode 15 Juli – 30 September ini, 10 pengguna tag bisnis terbanyak akan mendapat Samsung Galaxy Watch Active! Wow…

 

Beberapa produk Grab for Business

Nah, Grab for Business ini punya beberapa fitur selain fitur perjalanan yang saya bahas di atas tadi.

 

fitur grab for business
Fitur Grab for Business

 

 

1.      Grab for Business Corporate Portal

Fitur ini ditujukan untuk membantu perusahaan dalam mengelola budget transportasi dan menelusuri riwayat perjalanan para karyawannya. Dengan menggunakan fitur ini, harapannya perusahaan lebih efisien dalam hal pembiayaan, produktivitas meningkat, dan terhindar dari fraud. Metode pembayaran dari perusahaan ke Grab bisa dengan debit card atau corporate credit, bisa juga cash dengan sistem reimbursement.

 

2.      Business Profile

Ini fitur yang cocok dipakai untuk para freelancer, pekerja informal, pelaku UMKM, aktivis organisasi, karyawan, ibu rumah tangga, dan semua orang yang perlu memisahkan perjalanan bisnis dari perjalanan pribadinya misalnya untuk keperluan reimbursement. Nantinya laporan perjalananan akan dikirimkan melalui email setiap minggu atau bulan. Fitur ini juga sudah terinterasi loh dengan provider expenses sistem seperti Concur.

Metode pembayaran ya seperti Grab yang kita biasa pakai yaitu bisa melalui kartu kredit, cash, dan OVO.

 

3.      Grab Concierge

Ini adalah web untuk memesan perjalanan atas nama orang lain misalnya karyawan, tamu, dan costumer. Fitur ini bisa dipakai oleh siapa saja. Caranya adalah dengan login ke portal concierge Grab for Business lalu nanti kita bisa memesan perjalanan untuk penumpang lain dengan menyebutkan nama, nomor telepon, dan detil tujuan mereka.

 

4.      Grab Gifts

Nah ini gift yang menyenangkan dari Grab berupa super voucher yang bisa digunakan untuk melakukan perjalanan dengan GrabCar, GrabBike, dll. Selain itu bisa juga untuk memesan kurir melalui GrabExpress. Satu hal lagi, order GrabFood juga bisa. Yeay.

 

grab gifts
GrabGifts

 

GrabGift ini bisa diberikan untuk rewards para karyawan (misalnya kamu bosnya nih), bisa dipakai juga untuk campaign, service recovery, dll. Atau kamu mau kasih hadiah GrabGift ini ke saya juga boleh loh, hehe. Pembelian GrabGift ini dilakukan prepaid melalui e-commerce.

 

 

Business Profile (Bisnis Profil)

Berhubung ini adalah fitur yang paling dekat dengan kehidupan para blogger kaya saya, saya bahas saja soal business profile (profil bisnis) ya. Kenapa perlu punya profil bisnis? Berikut ini alasannya:

 

profil bisnis
Profil Bisnis

 

 

Nah di bawah ini adalah 5 tahapan mudah untuk membuat profil bisnis:

 

1.      Masuk ke aplikasi Grab kamu, lalu klik “Account” di pojok kanan bawah. Lalu klik foto avatar profil kamu.

2.      Klik pada bagian “Add a business profil” (ada di bagian sebelah bawah).

3.      Masukkan alamat email kamu, email ini yang menyangkut dengan bisnis kamu. Atau, mau pakai email pribadi yang biasa dipakai juga nggak apa-apa.

4.      Masukkan kode verifikasi yang dikirim ke alamat email kamu.

5.      Well done! Profil bisnis kamu sudah jadi.

 

membuat profil bisnis
Cara membuat profil bisnis

 

Nanti setelah profil bisnis terbuat, di aplikasi akan muncul dua profil: personal dan business. Nah ketika akan memesan layanan misalnya GrabBike, kita tinggal atur saja mau pakai profil personal atau profil bisnis. Semudah itu sih.

 

tags
Tags ini bisa di-switch dari personal ke business, dan sebaliknya

 

 

 

Pengalaman saya menggunakan Profil Bisnis

Karena saya tergiur dengan rewards potongan harga yang bisa didapatkan dari pemakaian profil bisnis, jadi saya buat akun bisnis dengan 5 langkah mudah yang sudah saya tulis di atas:

profil bisnis
Akun bisnis saya sudah jadi

 

Setelah itu, setiap kali saya bepergian, saya selalu menggunakan tag profil bisnis. Cara memesan GrabBike atau GrabCar seperti biasanya, hanya saja sebelum klik tombol “Order”, saya switch dulu tag-nya dari personal ke business. 

 

cara memakai profil bisnis
Di bagian tengah itu, tag default-nya “personal”, kemudian saya ganti menjadi “business”. Kalau ada kode promo, bisa dimasukkan seperti biasanya. Saya pakai kode “OVOGBJKT”

 

 

tag profil bisnis
Ketika saya memilih tag “business”, akan muncul detil seperti ini. Silakan diisi Trip Code dan Trip Description. Ini sifatnya opsional jadi nggak diisi juga nggak masalah. Kalau saya tetap isi bagian description-nya.

 

 

perjalanan bisnis
Nah, nanti setelah selesai mengisi deskripsi lalu kembali lagi ke halaman utama, bentuknya seperti ini ya. Tag-nya sudah berganti menjadi menjadi “business”. Lalu saya book deh.

 

Kalau dari cara memesan sebetulnya sama seperti biasanya, hanya saja saya mengganti tag “personal” menjadi “business”. Kalau dari segi biaya perjalanan juga nggak ada perbedaan. Kode promo sama-sama bisa dipakai untuk profil personal maupun bisnis. Setelah saya menyelesaikan perjalanan, saya akan mendapat kiriman e-receipt melalui email. Bentuknya seperti di bawah ini.

 

e-receipt
e-receipt

E-receipt ini bisa berlaku sebagai kuitansi perjalanan yang bisa kita lampirkan saat akan melakukan reimbursement. Kalau saya isikan Trip Code dan Trip Description sebelum memesan transportasi, di e-receipt akan muncul keterangan di bagian bawah (lihat yang saya lingkari merah). Menurut saya, kalau untuk minta reimbursement ke unit finance di kantor, sebaiknya diisi lengkap saja baik Trip Code maupun Trip Description. Hal ini akan sangat memudahkan kita untuk melacak dan mengecek perjalanan bisnis kita. Jadi, saat mau memberikan LPJ (Laporan PertanggungJawaban) pengeluaran dana ke finance, kita jadi nggak repot untuk mengingat-ingat e-receipt ini tuh untuk jalan ke mana dan dalam rangka apa ya?”. Apalagi kalau dalam seminggu atau sebulan kita melakukan banyak perjalanan bisnis. Kalau nggak diberi deskripsi bisa mumet sendiri kita, ya ‘kan?

 

 

Kalau kita mau melihat laporan akumulasi perjalanan yang sudah kita lakukan dalam periode waktu tertentu, langsung saja masuk ke https://www.grab.com/id/business.

Nanti setelah log in, kita bisa atur waktu perjalanan dari kapan hingga kapan yang mau kita cek laporannya.

 

forgot password

 

 

Berikut ini adalah hasil download laporan perjalanan bisnis saya selama periode tertentu. Ibaratnya lagi nabung di bank, ini semacam rekening koran kali ya? Terang benderang semua informasi perjalanan bisnis kita di sini.  Laporan ini nggak termasuk perjalanan dengan tag personal ya.

 

 

trip status

Laporan Perjalanan Bisnis 

 

Well, bagaimana dengan rewards, apakah saya dapat potongan perjalanan seperti yang saya harapkan di awal? Beluuum. Saya belum dapat rewards. Kalau dilihat dari laporan, perjalanan saya frekuensinya sebanyak 2 kali di minggu pertama dan 4 kali di minggu kedua. Nah, berhubung rewards akan diberikan di hari Rabu, jadi seharusnya Rabu minggu depan saya akan mendapatkan rewards perjalanan saya yang saya lakukan di minggu kedua.  Kalau kamu mau tahu pengalaman teman saya yang sudah berhasil mendapatkan rewards potongan harga perjalanan, silakan berkunjung ke tulisannya Koh Giovanni ya.

 

 

-SKA-

Please follow and like me:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.