Mengenal Batik, Warisan Budaya Indonesia

Siapa yang di rumah nggak punya baju batik? Saya rasa sebagian besar warga Indonesia terutama yang ada di Pulau Jawa pasti punya koleksi baju berbahan batik. Kalau saya sendiri nih, di lemari pakaian ada beberapa macam baju batik mulai dari daster harian (ini baju ternyaman buat para emak-emak, betul nggak?), blus batik wanita buat kerja, baju batik kutu baru buat kondangan, kemeja batik punya suami, sampai ke kain jarik bermotif batik. Rasanya warisan budaya Indonesia bernama batik ini sudah mendarah daging buat saya dan keluarga. Salah satu barang seserahan waktu menikah dulu juga kain batik (kata orang Jawa ini hal yang wajib ada buat seserahan). Koleksi batik lainnya yang saya punya masih berupa kain belum dijahit pemberian rekan kerja, ada batik tulis khas Madura dan batik Cirebon.

HARGA BATIK DITENTUKAN OLEH BEBERAPA HAL

Kalau kita survey di pasaran, harga baju batik bervariasi. Ada yang harganya relatif murah di bawah 100 ribu rupiah, ada juga yang harganya ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Apa sih yang menentukan harga batik? Berikut ini beberapa hal yang menjadi faktor penentu harga batik.

MOTIF BATIK

Motif atau corak batik beraneka ragam dan masing-masing punya makna tersendiri, misalnya Batik Kraton yang merupakan awal mula dari perkembangan semua jenis batik di Indonesia, coraknya mempunya makna filosofi hidup. Batik Sida Mukti yang biasanya digunakan dalam upacara perkawinan mengandung arti harapan untuk mencapai kebahagiaan lahir dan batin. Batik Semen Rana dimaknai sebagai penggambaran dari kehidupan yang berkembang atau makmur, selain itu sering juga dikaitkan dengan cerita Ramayana. Corak batik lainnya antara lain Batik Sudagaran, Batik Cuwiri, Batik Petani, Batik Tambal, Batik Sekar Jagad, Batik Pringgondani, dll.

batik sida mukti
Batik Sida Mukti (Sumber: Wikipedia)

JENIS BATIK

Menurut teknik pengerjaannya, batik dibagi menjadi 3: batik tulis, batik cap, dan batik printing. Harga batik tulis lebih mahal dibandingkan lainnya karena proses pengerjaannya  bisa memakan waktu sangat lama dan semuanya dilakukan manual dengan tangan. Proses pembuatan coraknya digores menggunakan canting (seperti orang melukis). Selain itu, batik tulis ini eksklusif karena motifnya nggak ada yang sama persis antara satu dengan lainnya. Berbeda dengan batik cap yang pengerjaannya seperti memberi stempel di sehelai kain, waktu pembuatan batik cap hanya sekitar dua sampai tiga minggu. Harga jual batik cap relatif lebih murah dibandingkan dengan batik tulis. Lain halnya dengan batik print, proses pengerjaannya dilakukan oleh mesin modern sehingga motifnya sangat rapi dan teratur. Batik print harga jual di pasaran biasanya sangat murah.

teknik batik tulis
Teknik Batik Tulis (Sumber: https://mahanigallery.wordpress.com)

 

Read also:   Kreasi Es Kepal Skippy

 

BAHAN BATIK

Nggak semua kain bisa dibuat batik lho ya, hanya kain tertentu yang bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat batik. Misalnya kain tersebut harus memenuhi kriteria seperti tidak mudah rusak karena proses pembatikan dan kain bisa diberi warna dalam suhu dingin/ suhu kamar. Macam-macam jenis kain batik antara lain kain mori (yang paling bagus kualitasnya adalah kain mori primissima), kain katun, kain paris, kain serat nanas,kain sutera. Kain-kain tersebut punya tingkatan kualitas bahan masing-masing.

BRAND dan DESIGNER BATIK

Batik yang sudah punya brand besar seperti Batik Keris atau Danar Hadi tentunya harga jualnya yang lebih tinggi dibandingkan yang lainnya. Sebut saja Dea Valencia si designer muda dengan brand Batik Kultur-nya, dia menawarkan model-model baju batik modern yang elegan dengan harga ratusan ribu rupiah.

BATIK TAK LEKANG OLEH ZAMAN

Meskipun batik dikenal sejak zaman leluhur, tapi pesonanya tak lekang oleh zaman. Seperti yang saya katakan di awal tadi, siapa sih yang nggak punya baju bermotif batik? Apalagi sekarang sudah banyak model baju batik modern yang bisa dipakai di segala keperluan: pakaian untuk kerja, pakaian untuk pesta, pakaian untuk acara formal lainnya (tentunya selain jadi daster ya Buibuk…. ).

Saya lagi pengin nambah beberapa koleksi batik seperti blus batik wanita untuk dipakai ke kantor. sarimbitan batik buat kondangan, dan jas atau outer batik untuk acara formal atau santai. Untuk blus batik wanita yang saya pakai ke kantor, saya suka memadupadankan dengan bawahan rok polos dan jilbab polos. Kebetulan saya masih punya beberapa stok kain batik, tinggal cari penjahit yang cocok.

Barangkali ada kenalan penjahit recommended untuk area Depok dan sekitarnya? Please let me know ya : )

Please follow and like me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *