cara membuat es kepal skippy

Kreasi Es Kepal Skippy

Saya suka bikin camilan MPASI (Makanan Pendukung ASI) homemade untuk Halwa. Karena Halwa sudah berusia 19 bulan, menu makannya sudah bisa mengikuti menu keluarga. Tapi tetap saja saya seleksi dulu apa saja makanan yang boleh dia makan. Halwa suka banget makan cokelat, es krim, yogurt, biskuit cokelat, cake, brownies (ini sih mirip mommy-nya). Tapi, dia nggak suka makanan yang terlalu manis. Jadi, kalau bikin camilan, sering kali saya modifikasi bahan-bahannya yang sekiranya mengandung sedikit gula. Supaya praktis, saya biasanya bikin camilan yang bisa dinikmati semua anggota keluarga, termasuk Halwa.

Beberapa hari lalu, Mas Ry mengirimi saya link video cara membuat es kepal yang lagi nge-hits itu loh. Karena rasa penasaran ingin mencicipi dan membuatnya, jadilah saya berkreasi membuat “si es kepal” dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah. Tapi, saya ganti bahan dasarnya dengan cokelat batang dan selai Skippy Peanut Butter. Saya nggak pakai bubuk susu, cokelat bubuk, dan krimer kental manis cokelat karena keluarga saya nggak suka makanan yang terlalu manis, tapi kami suka yang rasanya nyoklaaat gitu. Kebetulan banget masih ada stok cokelat batang sisa membuat brownies kemarin. Selai Skippy juga ternyata masih cukup untuk digunakan (selainya tinggal sedikit sebenarnya karena Halwa nih hampir tiap hari makan roti tawar + selai cokelat kacang + taburan ceres).

Yuk boleh disimak, ini bahan-bahan dan cara membuatnya:

Bahan-bahan:

100 gram cokelat batangan

3 sendok makan selai skippy

50 ml susu UHT rasa plain (bisa juga pakai yang rasa cokelat)

1 liter es batu

Topping: bisa pakai biskuit cokelat, kismis, ceres, atau sprinkle.

 

Cara Membuat Es Kepal Skippy:

1. Siapkan cokelat batang dan lelehkan

es kepal skippy
siapkan cokelat batang 100 gram

 

Read also:   'uPang' Alat Sterilisasi Botol Susu Bayi dengan Sinar UV
lelehan cokelat batang untuk es kepal skippy
lelehkan cokelat batang dengan cara ditim

Note: Cara melelehkan cokelat batangnya dengan cara di-tim di atas api sedang (tidak sampai cokelatnya mendidih).

2. Masukkan selai skippy

cara membuat es kepal skippy
Masukkan 3sdm selai skippy

3. Masukkan susu UHT rasa plain

es kepal skippy camilan enak
Masukkan susu UHT plain

Kalau rasanya mau lebih nyokelat, susu UHT plain bisa diganti dengan susu UHT rasa cokelat. Sebaiknya masukkan susu sedikit demi sedikit ke dalam lelehan cokelat dan selai hingga didapatkan tekstur yang kental. Kalau sudah tercampur dengan tekstur yang diinginkan, matikan api.

Note: Foto di atas adalah contoh terlalu banyak susu UHT yang dicampurkan sehingga hasil akhirnya adonan menjadi terlalu encer.

4. Hancurkan es batu

es kepal skippy ala eskaningrum
hancurkan es batu dengan food processor

Cara menghancurkan es batu dengan cara pukul es batu hingga didapat bongkahan kecil-kecil lalu hancurkan menggunakan food processor. Saya pakai blender. Tapi, kalau kamu punya alat serut es batu mungkin hasilnya akan lebih bagus/ lebih lembut.

 

5. Kepal es batu dan letakkan di dalam cup/ cangkir

es serut untuk es kepal skippy
Kepal dan masukkan es batu ke dalam cangkir

 

6. Tuang adonan cokelat di atas es kepal

es kepal skippy siap dihidangkan
Tuang adonan cokelat di atas es kepal

Note: Kalau serpihan es batu sudah dikepal dan disusun di dalam cangkir, sebaiknya jangan terlalu lama jeda waktu antara es batu dikepal hingga disajikan karena es batu ini cepat mencairnya.

7. Hias dengan topping pilihan

topping untuk es kepal skippy
hias es kepal skippy dengan topping

Untuk topping ini, bisa saja kamu pilih biskuit cokelat, kismis, ceres, bubuk susu cokelat, buah-buahan, dan lain-lain sesuai selera. Kalau saya, kebetulan ada sprinkle dan astor jadi saya pakai ini.

Nah bagaimana, gampang kan bikinnya? Rasanya nyokelaat dan terasa banget selai kacang dari si skippy. Pas banget disajikan saat cuaca panas terik nih, segerrr. Kalau kita kreatif, selai skippy ini bisa banget dipakai untuk masak berbagai macam masakan. Kalau untuk olesan roti tawar, itu sudah pasti donk ya. Oh ya, saya juga suka masukkin si skippy ini ke dalam nugget pisang buat camilan Halwa. Anaknya doyan banget loh. Mungkin kamu bisa nyobain juga berkreasi membuat berbagai makanan dengan selai serbaguna ini.

Read also:   Sedang Bepergian? Anda Tetap Bisa Cek Tagihan Listrik dan Bayar dengan Cepat

 

Disclaimer: Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Praxis sebagai perwakilan SKIPPY® Peanut Butter Indonesia.

Please follow and like me:

19 thoughts on “Kreasi Es Kepal Skippy