Batal Liburan Akhir Tahun, Yuk Bikin Liburan di Rumah Jadi Seru!

Libur t’lah tiba, libur t’lah tiba, horeeeey, horeeey, horeeey!

Libur t’lah tiba, libur t’lah tiba, hatiku gembiraaaaa…

 

Menjelang akhir tahun, hawa liburan sudah sangat terasa. Anak sekolahan sudah terima raport dan siap diajak liburan. Para pegawai sudah mengajukan cuti untuk menikmati asyiknya long weekend. Beruntungnya saya sudah nggak jadi pegawai lagi karena kantor tempat saya kerja dulu malah lagi hectic prepare ini itu di akhir tahun. Hihi. Nah, jadi mau liburan kemana yuk, kita bang?

 

Pertanyaan itu sungguh bikin super duper baper hati mamak ini. Pasalnya, rencana liburan yang sudah saya plan jauh-jauh hari batal sudah. Hiks. Awalnya, saya dan keluarga mau menikmati staycation di salah satu hotel di Bandung. Kemudian “naik kereta api tut tut tuuut” dari Bandung (kalau kata Halwa sih begitu) ke Solo lanjut Kebumen. Ya liburan sekalian pulang kampung begitu rencananya. Tapi karena ada agenda pindahan rumah mendadak, jadi rusaklah semua rencana indah yang sudah disusun.

 

 

Kenapa mendadak pindahan? Simpelnya karena masa sewa rumah sudah habis plus kemarin ada sedikit insiden yang membuat kami memutuskan untuk cari rumah hunian lainnya. Namanya masih jadi kontraktor ya Moms, jadi kudu sabar-sabar dulu. And you know, pindahan rumah itu bukan sesuatu yang mengenakkan. Capek iya. Apalagi barang-barang rumah tangga kami seabreg banyaknya. Perlu mendatangkan bala bantuan buat angkut barang. Untungnya jarak antara rumah lama dan baru ini nggak terlalu jauh. Jadi bolak-balik pun terasa cepat. Alhamdulillah.

 

 

Balik lagi pada isu awal, kami pun batal liburan. Keputusan berat sebenarnya karena Ayah Halwa sudah ambil cuti sejak 21 Desember sampai awal tahun baru nanti. Tiket kereta api sudah kami kantongi. Tapi mempertimbangkan satu dan lain hal, terutama urusan beberes rumah yang belum juga kelar ditambah ada urusan bisnis yang memang harus segera diselesaikan, jadi kami nggak kemana-mana. Untuk menghibur diri paling ya wisata kuliner sekitar Depok saja, nonton TV, dan berselancar di dunia maya. Oh iya, saya juga ada beberapa deadline nulis menjelang akhir tahun ini.

 

 

Menikmati Liburan di Rumah

Here we are, di rumah aja. Sembari menyelesaikan beres-beres rumah, hiburannya ya paling nonton TV dan ber-medsos. Oleh karena itu, modal utama yang perlu kami miliki adalah channel TV yang menghibur serta kecukupan kuota internet. That’s it. Masalahnya adalah, antenna rumah kami pakai UHF yang, you know, kadang mesti puter dulu sana sini untuk dapetin sinyal satelit yang bagus. Channel A oke, eeeh gantian Channel B burem alias diacak. Hari gini masih saja begitu ya. Hihihi.

 

 

Oh ya, to be honest, kami jarang banget nonton TV sebenarnya. Jadi ya kami nggak masalah dengan antenna UHF yang kami punya. Channel yang kami tonton (lebih tepatnya sih Halwa yang nonton ya) paling hanya IN-TV dan RTV. Why? Nggak lain karena disitulah film-film kartun berada. Hahaha. Jam nonton TV pun saya batasi karena saya nggak mau Halwa kecanduan nonton TV.

 

 

Eh tapi Moms, kadang tanpa saya sadari, Halwa itu banyak banget belajar ketika dia nonton TV atau youtube loh. Ya, anak berusia 26 bulan itu jadi bisa lancar menirukan syair lagu bahasa inggris, menyebutkan warna-warna dalam bahasa inggris, menirukan gerakan lagu, menyebutkan nama benda ini itu, storytelling, dan lain-lain. Ya saya akui memang kalau TV nggak selalu berdampak negative untuk anak. Asalkan kita sebagai orang tua memilihkan channel yang tepat untuk dia tonton.

 

 

Kalau menurut Leifer dkk (dalam Elizabeth Hurlock, 1980) “Televisi bukan hanya merupakan hiburan bagi anak-anak, tetapi juga merupakan sarana sosialisasi yang penting”. Masa tumbuh kembang anak memang perlu stimulasi positif. Tayangan televisi yang berkualitas bisa menjadi salah satu cara mendidik anak melalui pemberian informasi yang dibutuhkan.

 

 

memilih-tayangan-tv

 

Memilih Tayangan yang Tepat untuk Anak

Menikmati tayangan televisi jadi lebih asyik dan seru bareng keluarga. Apalagi, sekarang TV  berlangganan berbasis satelit yang tahan cuaca makin banyak peminatnya karena begitu banyak pilihan paket yang ditawarkan. Nah, berikut ini beberapa tips kalau kita mau berlangganan program TV ya.

 

 

  1. Pilihlah paket berlangganan dengan menyesuaikan range usia anak kita. Jadi, paket yang kita pilih ini pastikan aman untuk ditonton juga oleh anak-anak kita. Kita mesti menyeleksi tayangan TV untuk anak. Sebaiknya pilih tayangan yang tidak hanya menghibur tetapi juga mengedukasi ya.
  2. Sebelum memasang TV berlangganan berbasis satelit yang tahan cuaca, kita sebagai orang tua perlu mencari informasi tentang saluran yang disediakan oleh penyedia jasa TV tersebut. Caranya? Bisa brows melalui internet atau hubungi langsung ke contact center terkait. Hindari saluran yang menayangkan sesuatu yang menyeramkan karena anak-anak terutama batita dan prasekolah gampang banget berimajinasi dan terpicu rasa takut yang berujung pada mimpi buruk.
  3. Setting “Parental Lock”. Seperti Namanya, fiture ini berfungsi mengunci siaran televisi dengan memberikan password. Bisa juga diatur sesuai jadwal pemakaian atau kebutuhan. Tentunya hal ini jadi lebih aman ya Moms karena saluran TV nggak bisa sembarang ditonton oleh anak karena kita protect dengan password.
  4. Dampingi anak saat menonton TV. Nah ini dia, meskipun tayangan TV aman ditonton oleh anak-anak, sebaiknya orang tua tetap mendampingi anak saat menonton TV. Selain untuk mempererat bonding, anak juga jadi lebih leluasa untuk berdiskusi dan berkomunikasi dengan orang tuanya tentang tayangan yang dia tonton. Orang tua pun jadi bisa tahu mana tayangan favorit anak sehingga ortu bisa memberi masukan mana tayangan yang bagus untuk ditonton oleh anak.

 

 

Ciptakan Momen Seru Bareng MNC Vision

Ada kabar bagus nih buat yang mau pasang TV berlangganan berbasis satelit yang tahan cuaca atau sekadar menghabiskan liburan di rumah kaya saya hehe. Sebagai pelopor TV berlangganan di tanah air, MNC Vision bakalan ngasih keistimewaan gratis 3 bulan tayangan dan juga free internet selama 3 bulan buat pelanggan yang berlangganan paket Super Bundle. What? GRATIS? Iya GRATIS TAYANGAN plus GRATIS INTERNET! Wow banget kan?! Nah, keistimewaan ini bisa didapatkan oleh pelanggan yang melakukan pembayaran secara advance paymen tatau 1 tahun di muka.

 

 

Nggak hanya itu saja kado akhir tahun dari MNC Vision. Kalau mau refreshing dan menikmati liburan keluar rumah, pelanggan MNC Vision juga bisa merasakan keistimewaan promo MNC Vision Priority yang menghadirkan diskon hingga 50% untuk hotel-hotel, restoran, tempat wisata dan berbagai merchant menarik lainnya yang bekerja sama dengan MNC Vision. Waaaah, ini mah asyik banget ya. Ibarat pepatah, sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui.

 

 

Liburan panjang ini jangan sampai membuat anak lupa belajar (ya ampun baru aja liburan sudah disuruh belajar aja sih, tante. LOL). MNC Vision ngasih diskon 50% untuk berlangganan channel besmart yaitu channel bimbel pertama di Indonesia yang memberikan tayangan  edukatif, menghibur, dan juga sesuai dengan kurikulum nasional kelas 4-6 Sekolah Dasar (SD). Jadi, anak-anak bisa belajar dengan semangat dan nyaman tanpa perlu keluar rumah. Promo diskon besmart ini hanya berlaku hingga 31 Desember 2018.

 

 

Untuk keluarga Indonesia yang belum berlangganan, MNC Vision memberikan kesempatan untuk pelanggan baru mendapatkan penawaran menarik berupa free ala carte dan free Open All Channel hingga 4 bulan yang disesuaikan dengan paket berlangganan. Selain itu pelanggan juga akan mendapatkan keistimewaan free biaya instalasi. Promo ini berlaku selama periode 18 Desember hingga 6 Januari 2019.

 

Yuk segera nikmati Seru Bareng MNC Vision di akhir tahun ini!

 

 

 

-SKA-

Please follow and like me:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.