Review Perlengkapan Bayi: Moller’s Tran Bisa Menambah Nafsu Makan Anak?

Siapa yang anaknya males makan, Moms?

 

Anak males makan alias GTM memang jadi momok bagi para ibu di sebagian belahan dunia. Jadi, beruntunglah kalian wahai para ibu yang anaknya doyan makan apa saja. Kalau anak saya, Halwa (27 bulan), makannya suka-suka dia alias moody. Berat badannya lebih irit dibandingkan teman-teman seusianya.

Pernah banget sekitar satu minggu nafsu makannya menurun. Setiap disodori makanan ogah-ogahan banget. Saya pikir mungkin dia gusinya lagi sakit karena mau tumbuh gigi, mungkin ada sariawan, mungkin lagi nggak enak badan. Waktu itu Halwa masih minum ASI jadi saya masih tenang saja.  “Nggak apa nggak mau makan, masih nge-ASI ini”.

 

Saya pernah baca sharing ibu-ibu tentang vitamin atau minyak ikan Moller’s Tran buat penambah nafsu makan anak. Ada yang berefek anaknya jadi mau makan, tapi beberapa ibu bilang nggak terlalu ngefek ke nafsu makan anak. Diiringi rasa penasaran dan ingin mencoba si Moller’s Tran untuk Halwa, akhirnya saya bertekad membuktikan sendiri deh “sesakti” apa sih perlengkapan bayi berwujud minyak ikan yang nge-hits itu?

 

review mollers tran
Moller’s Trans Tutti Frutti

 

Weits! Tapi harganya mahal euy. Jadi galau mau beli, takut anaknya nggak doyan. Tapi karena Moller’s Tran ini nggak hanya untuk dikonsumsi bayi, tapi juga bisa dikonsumsi ibu hamil dan ibu menyusui, jadi saya tetap confident  membelinya. Toh kalau anak nggak doyan, Moller’s Tran-nya bisa buat saya.

 

Pengalaman Menggunakan Minyak Ikan Moller’s Tran

 

Akhirnya saya beli deh Moller’s Tran varian lemon yang share in jar di botol kemasan 100 ml. Pas dikasih ke Halwa, dia nggak langsung mau donk. Haha, untung saja belinya nggak langsung yang botol gedhe. Biar dikata ada aroma lemon, tapi tetap saja ada amis-amisnya sedikit ya Moms, namanya juga minyak ikan. Waktu itu saya kasih ke Halwa pas umur dia sekitar 1 tahun.

 

Tips dari saya nih: saya campur minyak ikan Moller’s Tran ke dalam minuman Halwa. Minyaknya akan mengapung di permukaan air minum. Jadi, setiap kali minum pakai sedotan, ujung bawah sedotan selalu diletakkan di permukaan air minum. Dengan cara ini, minyak ikannya jadi terminum kan? Hehe.

 

Hasilnya gimana? Well, saya nggak melihat perubahan nafsu makan yang signifikan selama 3 hari, tapi di hari ke-empat konsumsi Moller’s Tran, nafsu makan Halwa kembali lagi. Apakah ini efek dari Moller’s Tran semata? Hemm, Mommy Halwa belum bisa mengambil kesimpulan begitu.

Read also:   Review Perawatan Wajah ID Satin Glow di ID BEAUTY CLINIC

 

 

Memberikan Moller’s Tran setelah Menyapih 

Halwa mulai disapih tepat di usia 2 tahun. Eyangnya Halwa berpesan agar Halwa dikasih minyak ikan. Alasannya biar nafsu makannya bisa bertambah. Iya sih anak-anaknya eyang dari dulu badannya kecil-kecil kaya Halwa dan eyang selalu memberikan minyak ikan untuk boost berat badan anak-anaknya.

 

Berbekal uang sangu dari eyang untuk beli vitamin Halwa, saya mencoba lagi berikhtiar membeli Moller’s Tran yang kemasan botol 250 ml. Kali ini saya mencoba varian Tutti Frutti (Fruity Flavour). Saya lumayan rutin memberikannya ke Halwa setiap hari. Oh ya, Halwanya suka aroma ini. Alhamdulillah, nggak sia-sia beli mahal hehe.

 

Efeknya bagaimana? Hemm, baiklah saya akui setelah disapih, nafsu makan Halwa jadi meningkat. Kebetulan saya ngasih Moller’s Tran-nya memang setelah Halwa disapih jadi saya nggak bisa memastikan apakah nafsu makan meningkat akibat disapih atau akibat konsumsi Moller’s Tran.

 

 

Jadi, Moller’s tran bisa nambah nafsu makan nggak?

FYI, dalam 3 bulan setelah disapih dan selama diberi Moller’s Tran, berat badan Halwa naik sekilo. Itu sudah sangat membahagiakan hati Mommy Halwa lah. Artinya, rata-rata peningkatan berat badannya per bulan sekitar 300 gram. Itu sudah bagus banget untuk anak-anak di tahapan usianya.

 

Nah Moms, meskipun nampaknya si Moller’s tran ini berdampak pada kenaikan berat badan Halwa, saya belum bisa menyimpulkan bahwa kenaikan ini disebabkan hanya karena konsumsi Moller’s Tran. Seperti yang saya bilang tadi, pemberian Moller’s Tran ini tepat ketika Halwa baru disapih. Dan menurut pengalaman ibu-ibu di luar sana, nafsu makan anak akan meningkat setelah disapih.

 

Tapi Moms, kalau ada rezeki, saya  mau repeat order si minyak ikan ini. Terlepas dari nafsu makan anak yang naik turun, Moller’s Tran ini kan suplemen yang kaya akan vitamin dan DHA, cocok untuk anak-anak di masa pertumbuhannya.

 

 

Tentang Moller’s Tran COD Liver Oil

Moller’s Tran adalah the best brand Omega-3 di Norwegia. Suplemen ini kaya akan Omega-3 (DHA dan EPA), Vitamin A, E, dan D. Minyak ikan ini cocok dikonsumsi oleh anak-anak dan dewasa.

Read also:   Kelas Parenting bersama Tiga Generasi: “Mendisiplinkan Anak sejak Bayi, Bisa Nggak Ya?”

 

label moller tran
Label Moller Tran

 

Terkait dosis pemberiannya, kalau di labelnya hanya tertulis “Recommended daily dosage for children above 3 years and adults: 5 ml”. Jadi, kalau saya ambil kesimpulan berarti di bawah 3 tahun dosis pemberiannya di bawah 5 ml ya… Hem, tapi kalau baca beberapa referensi lainnya sih boleh diberikan pada anak usia 6 bulan ke atas sebanyak 5 ml.

 

Ada 3 varian rasa: Tutti Frutti, Lemon, dan Natural.

Saran saya sih beli yang tutti frutti atau lemon karena ada aroma buah ketika botol dibuka dan minyak ikan diminum. Rasanya sebenarnya hambar, jadi beneran kaya minum minyak. Nah kalau belinya yang ada aroma-aromanya mungkin si kecil lebih suka daripada yang nggak ada aromanya sama sekali. Betul nggak?

 

Kalau tutup botolnya sudah dibuka, harus disimpan di lemari es dan segera dikonsumsi dalam waktu 3 bulan ya Moms.

 

Manfaat Moller’s Tran ini antara lain untuk memenuhi kebutuhan DHA si kecil yang lagi growing up, menaikkan selera makan, menaikkan daya tahan tubuh, menyediakan vitamin A, D, dan E.

 

Warna tutup botolnya koq beda?

Nah, buat yang banyak bertanya kenapa Moller’s Tran di satu varian warna tutupnya nggak sama, saya dapat penjelasannya di salah satu akun online shop @miracleshop1788, kurang lebihnya begini:

 

Moller’s tran ini, ada edaran: Eropa/Singapore/Norway dan edaran UK.

 

Apa perbedaan edaran Singapore vs UK?

  1. Dari segi kandungan sama persis saat dibandingkan komposisi yang tertera di label belakang.

  2. Bahasa di label edaran Singapore surprisingly justru pakai bahasa Norway, sedangkan edaran UK pakai bahasa asal mereka yaitu Inggris.

  3. Label depan di edaran Singapore tertera vitamin A, D, E sedangkan edaran UK-Eropa hanya tertera vitamin A dan D. Why? PAGB atau semacam BPOM Indonesia di UK punya kriteria ketat dibandingkan negara-negara lain. Jadi, labelnya harus dicek dan di-approve sama mereka. Selain itu, vitamin yang tertera hanya yang tertinggi yaitu A dan D. Untuk list semua kandungan dan vitamin bisa dilihat di belakangnya.
  4. Warna tutup:
Read also:   Resensi Novel: "Embun di Atas Daun Maple"  

Singapore:

Putih untuk Tutti Frutti

Hijau untuk Lemon

Kuning untuk Natural

 

UK:

Putih untuk Tutti Frutti dan Natural

Hijau untuk Lemon.

 

Kenapa berbeda? Sejauh ini tidak mempunyai warna yang pasti dan bisa berubah-ubah sesuai batch yang diproduksi. Mereka tidak punya kontrol untuk warna tutup. Edaran Singapore sejauh ini selalu pasti warnanya.

 

 

Tips dari saya buat yang mau coba membeli Moller’s Tran

 

  1. Coba dulu beli yang kemasan share in jar (buat nge-test anaknya doyan atau enggak). Biasanya kalau beli di online shop ada koq yang menawarkan kemasan share in jar. Harganya so pasti jauh lebih murah daripada harga botolan. Kemasannya cuma 50 – 100 ml.

  2. Semisal nggak dapet yang kemasan share in jar, beli saja barengan sama teman yang pengen cobain juga Moller’s Tran. Kan lumayan patungan sama temen, lebih terpercaya juga kan? 1 botol isi 250 ml, bagi saja dengan dua orang temen. Lumayan hemat dan nggak nyesek-nyesek banget kalau anak ternyata nggak doyan. Tapi menurus saya, anak itu bukan soal doyan atau nggak doyan sih, dia butuh penyesuaian aja dengan tekstur, rasa, dan aroma dari si minyak ikan ini. CMIIW ya.

    share in jar
    Kemasan Moller’s Trans share in jar ada nih di Bukalapak

  3. Kalau beli di online shop, carilah pelapak yang trusted, recommended, dan harga murah! Haha, andalan emak-emak banget ya olshop begitu. Murah dan terpercaya. Gimana cara nyarinya? Kalau saya sih, biasanya memanfaatkan fitur FILTER yang ada di e-commerce. FILTER dengan urutan harga yang termurah. Setelah itu, lihat star rating dan review dari para buyer. Kalau saya sendiri lebih baik pilih yang harga agak mahal dikit tapi reviewnya bagus-bagus.

Sekian tips dan review dari saya. Semoga bermanfaat

 

-SKA-

Please follow and like me:

13 thoughts on “Review Perlengkapan Bayi: Moller’s Tran Bisa Menambah Nafsu Makan Anak?

  • Moller’s Tran…. hhmm aku baru ngeh nih hehehe… anak2ku udh gedean sih Di atas usia 6 bulan bisa nih ya sesuai takaran aja pemberiannya. Oooh begitu ya tiap tutup botolnya diberi warna2 berbeda ubtuk menunjukkan rasa buahnya… jadi tau deh. Beli Share in Jar aja dulu kali ya supaya yakin.

  • Aku jadi baca-baca nih, kegunaan Moller’s Tran selain buat menambah nafsu makan, kandungan lainnya apa ya…kebetulan aku lagi cari vitamin buat pertumbuhan otak anak,. Karena kalau efeknya menambah nafsu makan, anakku bisa makin buanyak makannya hahahahaha….

    Thanks for sharing ya Mba…

  • Iya ya beli dulu yang share in jar, khawatir anaknya enggak suka.
    Tapi emski begitu ternyata produk ini gak cuma buat anak2 aja ya tapi buat bumil atau ibu2 lain jg bisa dikonsumsi. TFS info produknya.

  • Wah, belum coba nih Mba. Biasanya kalo ada arom buah buah kan anak kecil pada suka ya. Dulu konsumsiin minyk ikan gt pas Hanin juga usianya malah di bawah 2 th, tp tok minyak ikan jd pd nolak. Haha

  • Anakku tuh tipe picky eater, makannya sih banyak tapi kl lagi suka makan A ya itu terus. Aku prnh denger temen juga pakai ini buat nafsu makan anak krn kebetulan anaknya agak susah makan. Bisa banget neh jd solusi tambhan suplemen anak. Thanks for sharing mbak.

  • Leave a Reply

    Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *