Melalui Pandemi bersama Komunitas Bloggercrony Indonesia

Assalamualaykum.

 

Nggak terasa Pandemi Covid19 sudah mengguncang dunia selama setahun ini. Kapan terakhir kali kamu bebas bepergian tanpa masker? Berkumpul dan becanda ria tanpa khawatir tertular virus mematikan itu? Seingat saya, tepat Maret 2020 lalu adalah kali terakhir saya traveling sebelum dunia ini berubah drastis dengan diterapkannya pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

 

Pandemi ini sungguh berdampak besar dalam segala aspek kehidupan. Sebagai blogger, saya rindu sekali berkumpul dengan sesama teman blogger secara offline untuk meliput suatu acara atau naik commuterline bersama untuk menuju ke lokasi sumber ilmu. Kini, rasanya sepi sekali tawaran job untuk blogger dan acara offline hampir tidak ada. Apa ini cuma perasaan saya saja ya?

 

Banyak sekali tantangan bagi para keluarga di tengah pandemi ini. Yang saya lihat dari kondisi teman-teman melalui media sosial, beberapa teman atau suaminya terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat perusahaan tempat bekerjanya bangkrut. Beberapa usaha banyak yang gulung tikar sehingga karyawannya harus kehilangan pekerjaan. Teman-teman pelaku usaha pun banyak yang kehilangan omzetnya.

 

Beradaptasi di tengah pandemi

Meskipun dunia ini berubah 180 derajat akibat pandemi, kita mesti bertahan dan melanjutkan hidup. Bagi yang setahun ini bisa melewatinya dengan waras meskipun penuh cucuran air mata, patut kita acungi jempol ya. Semoga kita semua bisa menjadi bagian dari Keluarga Jempolan yang mampu beradaptasi dengan perubahan dunia, salah satunya memindahkan segala kegiatan offline menjadi kegiatan online. Bisa kita liat betapa media sosial saat ini marak dengan teman-teman yang menawarkan barang dagangannya. Mendadak semua orang menjadi pelaku usaha, ini sebuah kemajuan menurut saya. Saya sendiri termasuk salah satu pelaku usaha makanan frozen food yang memulai usaha online di awal pandemi tahun lalu.

 

momecha kitchen
Ini branding produk usaha saya di kala pandemi

 

Selain berjualan, alhamdulillah saya juga beberapa kali diundang sebagai narasumber untuk mengisi acara-acara online melalui media zoom/google meet atau mengisi kuliah WhatsApp untuk tema edukasi gizi. Dari hal inilah, saya menyadari betapa pentingnya kita membuat portofolio di media sosial, melakukan personal branding, dan membuat konten bermanfaat. Beruntung sekali saya bergabung di komunitas blogger dan berkawan dengan teman-teman blogger yang sangat senang berbagi ilmunya secara cuma-cuma, termasuk ilmu tentang menulis dan bermedia sosial yang memang lekat sekali dengan pekerjaan seorang blogger.

 

work from home
Saat ini segalanya dilakukan secara online, bahkan 2 meeting online kadang bentrok jadwal sehingga harus mempersiapkan beberapa perangkat

 

Komunitas Bloggercrony Indonesia membersamai para blogger

Saya merasa senang dan beruntung menjadi bagian dari keluarga Bloggercrony karena aktivitas yang salah kerjakan banyak difasilitasi oleh Bloggercrony. Selain itu, Bloggercrony ini selain mendorong anggotanya untuk berdaya dan upgrade skill, juga terasa sekali nuansa kekeluargannya. Saya ceritakan sekilas ya tentang beberapa program Bloggercrony untuk para Keluarga Jempolan!

 

  • Blogger Hangout merupakan ajang kopdar santai berbobot ala BloggerCrony untuk membahas  berbagai isu seputar blogging. Waktu itu sebelum pandemi saya sempat mengikuti #BloggerHangout34 yang acaranya offline di Markas Bloggercrony di Cipete. Topik yang kami diskusikan saat itu seputar menjadi travel blogger dari @travelecturer (Mba Donna Imelda) dan ilmu memasak salad ala Chef Jun @resepdapurayah. Saat pandemi ini, Blogger Hangout masih bisa dilakukan secara virtual tapi saya belum pernah mengikutinya lagi.

 

  • Blogger Care: program ini mewadahi blogger untuk berbagi baik melalui tulisan maupun dalam bentuk donasi uang bagi BCC Squad (sebutan untuk anggota Bloggercrony) yang sedang terkena musibah. Misalnya, donasi BloggerCare yang terbaru kemarin disalurkan ke blogger single mom yang anaknya sedang menjalani perawatan tumor pembuluh darah. Selain itu, donasi juga diberikan kepada keluarga blogger untuk biaya tempat tinggal, keluarga blogger yang mengalami PHK, dan beberapa keluarga blogger yang terdampak pandemi COVID19, bahkan ada yang keluarganya meninggal akibat COVID19.

 

  • Blogger Preneur: Nah ini dia program BloggerCrony untuk memfasilitasi blogger yang memiliki usaha atau bloggerpreneur. Alhamdulillah sejak menjadi pelaku usaha, saya langsung join dengan Bloggerpreneur. Kami difasilitasi berpromosi melalui kegiatan BloggerCrony, diberikan channel untuk pengembangan bisnis misalnya melalui workshop.

 

  • Blogger View yaitu kegiatan offline alias kodar BCC Squad yang difasilitasi oleh pihak ketiga yang membutuhkan publikasi blogger. Di kala pandemi ini jelas hampir tidak ada kegiatan yang bersifat mengundang kerumunan masa. Semoga setelah pandemi, kami para blogger bisa Kembali berkumpul secara offline.

 

Tentang Blogger Day 2021

Kali ini saya mau berbagi tentang keseruan acara BloggerDay 2021 lalu. Meskipun dua minggu telah berlalu, rasanya peserta masih belum bisa move on dari serunya temu virtual BCC Squad Hal ini dibuktikan dengan ramainya obrolan di grup WhatsApp BloggerDay2021 hingga saat ini, he he he.

 

Sabtu, 6 Maret 2021 lalu, Kak Gita Siwi selaku host membuka acara Blogger Day 2021 dengan suaranya yang renyah dan powerful, dilanjutkan dengan welcome speech dari ketua panitia (Kak Fawwaz) dan ketua Bloggercrony yaitu “Pak Lurah” Satto Raji. Oh iya, bukan BCC Squad kalau nggak rame donk ya, di kolom chatbox dari awal acara hingga akhir bukan main ributnya para peserta berkomentar hahaha.

 

Selanjutnya, acara tahunan untuk mengapresiasi performa blogger dengan konten yang berkualitas atau Most Wanted Blog Award jatuh kepada Kak Herva Yulianti dengan blognya https://www.bundanameera.com/. Buat kamu yang ingin tahu ilmu seputar HRD, bisa banget kunjungi blognya Kak Herva ya…

herva yulianti
Selamat Mba Hervaaa!!

 

Nah, acara yang asyik diikuti oleh semua anggota Keluarga Jempolan di rumah adalah… jreng… jreng…jreng…. Virtual Trip Family! Yeayyy, jujur saja ini kali pertama saya ikut virtual trip loh, acara ini dipandu Kang Idfi Pancani selaku licenced tour leader dengan tujuan ke USA! Saya nge-trip virtual bareng Halwa & suami. Seru banget karena kami terbawa suasana naik pesawat, landing di Dulles International Airport lalu langsung menuju ke Niaga Falls untuk menikmati deburan air terjunnya. Kemudian kami melanjutkan perjalanan ke Jurrasic World untuk bertemu dengan satwa superlangka nan mengerikan (LOL). Terakhir, tentu saja kami tak lupa mengunjugi Disneyland untuk melihat parodi karnaval para tokoh Disney. Seru banget, semoga nanti kami beneran bisa mengunjungi lokasi-lokasi tersebut. Aamiin!

 

virtual trip usa
Keseruan Virtual Trip ke USA

 

Acara lainnya yaitu Webinar Blogger Hangout yang dimoderatori oleh Kak Helen Simarmata. Nah ini sesi yang isinya “daging” semua dengan topik pertama yaitu “Senjakala Content Creator” yang menghadirkan Kang Maman Suherman yang merupakan seorang penulis & pegiat literasi dan Shafiq Pontoh sebagai pegiat media sosial. Di sini, ditekankan sekali untuk kita berkolaborasi dan selalu update ilmu & skill supaya kita tidak menghadapi “senjakala”. Kang Maman berpesan agar kita jangan malu untuk belajar kepada yang lebih muda karena mereka memang biasanya punya banyak kreativitas dan melek teknologi.

 

blogger hangout 50
Webinar 1: Senjakala “Content Creator”

 

Satu webinar lainnya yang nggak kalah penting untuk mendukung kewarasan para emak dalam menemani belajar daring anak-anaknya di rumah yaitu webinar dengan topik “Tantangan Pembelajaran Jarak Jauh” yang menghadirkan langsung psikolog klinis, mba Ifa H. Misbach sehingga para peserta bisa langsung konsultasi dengan Mba Ifa di sesi ini. Juga, ada Kak Kania Safitri selaku mom influencer yang sharing tentang suka duka mendampingi anak belajar daring. Para peserta berharap nanti diadakan sesi khusus dengan Mba Ifa lagi karena yang kemarin pada belum puasss berkonsultasi (semoga tim BCN/X mendengar keinginan kami. Hehehehe).

 

blogger hangout 51
Webinar 2: “Tantangan Pembelajaran Jarak Jauh”

 

Well, keseruan acara Blogger Day 2021 ini selain kami bermain kuis Kahoot, juga banyak bertabur hadiah. Ada sesi Lucky Draw yang memunculkan nama pemenang untuk mendapatkan hadiah dari para BloggerPreneur. Sebelum lupa, acara ini didukung juga oleh KITATAMA EVENT @kitatama.id dan jajaran para BloggerPreneur yaitu @duorajistore @katalensaku.photoworks @ebigsoo_fashion_ @anesacooking @geraiaksesoris2 @aykoprojects @makarame @resepdapurayah @dapursesukahati @hennahijab_collection @asiboostertea @kitatama.id @sreehandmate @photo_coffee_

 

MasyaAllah ramai sekali ya? Hadiahnya banyak, acaranya semarak, peserta jadi enakkk. Prinsipnya sih supaya semua kebagian hadiah. Duh, saya nggak ngerti lagi si Bloggercrony ini baiknya kebangetan deh! Mudah-mudahan suatu saat, saya bisa juga berada di barisan BloggerPreneur untuk ikut mendukung acara, doakan ya pemirsaaa….

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.