Berapa Harga Pipa PPR dan Apa Saja Sih Kelebihannya?

Assalamualaykum

Baca judulnya, sudah tau donk ini mau bahas soal pipa, ye kan? Pipa PPR apa sih?

Nah, ini saya yang awam soal per-pipa-an akhirnya pun browsing soal si pipa PPR yang katanya punya karakter unik. Jadi, pipa PPR adalah salah satu jenis pipa termoplastik yang sifatnya mampu mengalirkan air bersuhu tinggi dan bertekanan.

Pipa ini dinamakan PPR  karena berasal dari bahan baku Polypropylene Random (PP-R) type 3 yang merupakan standar bahan baku pipa termoplastik untuk saluran sanitasi air panas dan air dingin. Tentu saja pipa ini cocok digunakan untuk skala rumah tangga, industri, atau kebutuhan komersial lainnya.

Karena banyak manfaat dari pipa PPR, permintaan pasar pun tinggi sehingga harga pipa PPR juga cenderung stabil. Do you know, pipa ini mampu bertahan hingga lebih dari 50 tahun, loh asalkan digunakan sesuai prosedur.

 

Nah, apa saja sih kelebihan dari pipa PPR ini? Baca yuk!

 

Amat Ramah Lingkungan

Dewasa ini pemerintah turut mendukung berbagai sektor industri yang berlandaskan ramah lingkungan atau go green. Rupanya, pipa PPR ini memenuhi syarat karena berbahan baku dari Polypropylene Random dengan tipe 3. Meskipun ada faktor plastiknya, pipa ini terbilang bisa didaur-ulang dengan mudah.

Cukup Ringan

Pipa ini penampakannya tebal. Tapi ketika kamu coba membawa atau mengangkatnya, bobotnya nggak seberapa berat. Tanpa meminta bantuan dari orang lain pun, kamu bisa koq memindahkan sendiri. Karena sifat pipa ini mudah dibawa ke mana saja, penerapan pipa PPR ini pun lebih mudah dan efisien serta mampu beradaptasi dengan cepat terhadap medan yang berkaitan.

Mampu Meredam Bising Suara

Di saluran sanitasi biasanya terdengar suara bising yang tidak nyaman di telinga. Namun, ketika kamu menggunakan pipa PPR, hal semacam itu nggak akan terjadi.

Read also:   Arisan Backlinks: Inna Riana si Emak Riweuh yang Produktif dengan Segudang Aktivitas

Mampu Bertahan terhadap Gempa

Sama seperti pipa HDPE, jenis pipa PPR ini juga terkenal sangat lentur. Jadi, misalnya terjadi gempa pun, permukaan pipa ini nggak akan rusak. Harga pipa yang murah, serbaguna, serta tahan gempa menjadi keunggulan tersendiri yang patut kamu pertimbangkan. Pasalnya, benturan berat maupun ringan kapan-kapan bisa saja terjadi.

Memiliki Permukaan Dalam yang Licin

Hal yang paling menyebalkan dari urusan pipa adalah kalau ada sumbatan kotoran di saluran pipa karena bisa menimbulkan masalah di induk saluran. Nah, potensi penumpukan kotoran akan kecil terjadi kalau kita menggunakan pipa PPR. Dengan permukaan sisi dalam yang licin dari pipa PPR, setiap kotoran diperkirakan bisa melewati pipa ini dengan lancar.

Mampu Bertahan dari Abrasi

Abrasi adalah pengikisan batuan yang disebabkan oleh tekanan air. Kalau di dunia plumbing, abrasi yang dimaksud berada di dalam pipa ketika saluran bekerja. Nah ini dia keunggulan dari pipa PPR yaitu mampu bertahan hingga lebih dari 50 tahun lamanya.

Mendukung Teknik Penyambungan Ulir

Dalam penyambungan pipa, ada 2 teknik yang terkenal: teknik lem dan teknik ulir. Biasanya teknik ulir digunakan untuk menyambung pipa jenis lain maupun aksesori seperti valve. Meski berbeda jenis pipa, teknik ulir ini tetap bisa diaplikasikan bersama pipa PPR.

 

Pipa PPR juga terkenal memiliki sifat yang higienis. Jadi aman ketika digunakan sebagai saluran air bersih dengan tekanan serta suhu yang tinggi. Di manakah tempat yang tepat untuk mendapatkan pipa PPR?

 

Salah satunya ada di Rucika. Jika kamu membeli melalui Rucika, harga pipa PPR sangat terjangkau. Untuk ukuran ½ inci dengan spesifikasi PN 10 saja cuma 43 ribu rupiah.

Please follow and like me:

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *