Sajikan Gambar Menarik untuk Artikel Blog

Pernah nggak Mommies membaca blog yang isinya hanya tulisan tanpa gambar? Menurut saya membaca blog yang isinya melulu tulisan terasa hambar dan membosankan. Memang sih kalau konten artikelnya bagus dan berkualitas, hal itu nggak akan jadi masalah. Tapi alangkah lebih baik kalau saja artikel berkualitas dipadukan dengan gambar yang juga berkualitas? Pastinya itu akan membuat tampilan blog lebih hidup dan menarik minat pembaca untuk mampir membaca tulisan kita.

Nggak dipungkiri, gambar memang punya kekuatan tersendiri buat menarik perhatian reader agar lebih fokus membaca konten blog dari awal hingga akhir. Artikel yang menggunakan gambar menarik tentunya akan beredar lebih cepat di media sosial dibandingan dengan artikel dengan kualitas yang sama tapi dengan gambar yang kurang menarik. Jadi, yuk mulai sekarang kita tampilkan gambar terbaik untuk menyejukkan mata para reader kita. Mommies nggak perlu bingung untuk cari gambar-gambar yang menarik karena saat ini sudah banyak website yang menyediakan gambar gratisan dengan kualitas baik, misalnya Pexels, Pixabay, Gratisography, StockSnap.io, Unsplash, Death to Stock Photos, Tookapic Stock, PicJumbo,  Im Free, New Old Stock, Jay Mantri, Life of Pix, etc (saya belum pernah explore ke semua situs tersebut, by the way).

Photo by Mantas Hesthaven on Unsplash

Terlepas dari hal-hal di atas, untuk menjadi seorang blogger selain kemampuan dan kreativitas dalam membuat tulisan, sebenarnya kita juga perlu punya bekal dalam hal kemampuan pengambilan gambar. Memang sih, itu bukan hal pokok karena kita bisa saja mengambil gambar dari situs-situs free license tapi kalau saya sih berasa lebih puas kalau kita bisa menggunakan hasil jepretan sendiri untuk dipajang di artikel meskipun ya hasilnya masih alakadarnya, maklum bukan profesional ya. Hihi.

Saya pernah mengikuti workshop belajar fotografi ‘hanya’ dengan menggunakan kamera smartphone yang dipandu oleh Mba Ariana. Beliau menyarankan para peserta workshop untuk install aplikasi bernama Snapseed yang bisa didownload di Playstore. Di Snapseed ini fitur edit fotonya komplit pliiit, tinggal kitanya saja yang perlu rajin-rajin explore dan utak-atik biar bisa menghasilkan poto editan yang berkelas. Hadeuh kemana saja saya ya koq baru tahu ada aplikasi keren semacam ini. Hehehe.

Coba deh Mommies kunjungi IG @ariana_arriana di sana kita akan disuguhi berbagai hasil karya menarik Mba Ariana yang memang master dalam hal per-fotografi-an ini. Mba Ariana sering membuka kelas workshop fotografi, Mommies yang tertarik ikutan daftar kelas workshopnya bisa cek infonya di IG beliau.

Kalau lihat di profil IG Mba Ariana, beliau menggunakan Canon Eos 1300D dan smartphone Oppo F1s untuk urusan pemotretan. Memang sih smartphone Oppo ini punya keunggulan di kamera yang bisa menghasilkan foto dengan hasil yang bagus. Smartphone produksi Tiongkok ini bahkan menyebut produknya sebagai camera phone karena mengunggulkan kamera utama maupun depan. Bagi pecinta selfie yang mencari perangkat smartphone dengan harga terjangkau boleh lah Oppo ini masuk dalam wishlist.

Photo by Tim Gouw on Unsplash

Oke Mommies, mari kita mulai percantik blog kita dengan menyisipkan gambar-gambar menarik baik yang didapat dari situs free license maupun hasil jepretan kamera kita sendiri. Saya pun masih harus banyak belajar editing foto nih.

 

Please follow and like me:
error

13 thoughts on “Sajikan Gambar Menarik untuk Artikel Blog

  1. Wah, nice sharing mba, saya termasuk yang tidak menggunakan gambar orang lain (free lisence) lebih banyak gambar dari hp atau camera sendiri.. tapi jika sedang tidak ada stock foto yang sesuai dengan judul blog, bisa juga jadi refensi ini.

  2. Aku setuju kalau foto itu termasuk penting dalam suatu blog. Katanya sih ga apa2 foto hasil kita kurang bagus yg penting asli dinandingkan upload lebih banyak foto dari orang lain. Betul ga tuh?

    1. keren ya mba Nurul? Kalau dipelajari lagi buat ngoprak tools-nya pasti hasilnya akan semakin bagus karena emang lengkaap di aplikasi itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.