Tips Belanja Aman: Ingat Cek KLIK saat Berbelanja

Beberapa waktu lalu saya mengikuti Talkshow Lauching Program CEK KLIK yang diadakan oleh BPOM di Avenue of Stars Lippo Mall Kemang. Acara yang dihelat pada Sabtu, 7 September 2019 seru sekali dipandu oleh host kece Ananda Omesh dan bintang tamu Ussy Sulistiawaty. Di akhir acara ada abang Rio Febrian yang suara merdunya menggegerkan panggung.

Narasumber di event ini juga orang-orang yang mumpuni dalam bidang masing-masing, di antaranya: Ibu DR. IR. Penny K. Lukito, MCP (Kepala Badan POM RI), Bapak Tulus Abadi (Ketua YLKI), Bapak Ojak S. Manurung, SE, M (Kementerian Perdagangan), Bapak Fathurrahman, ST (APRINDO), dan Ussy Sulistiawaty (Womenpreneur dan Selebrity)

Sebetulnya saya memang semangat banget buat dengerin talkshownya karena topiknya seputar emak-emak life yaitu Tips Belanja Aman. Sebagai kaum emak-emak millennial yang hampir tiap weekend selalu belanja kebutuhan sehari-hari, saya penasaran bagaimana sih tips belanja aman menurut BPOM ini? Seperti yang saya ketahui, BPOM ini kan kaitannya sama obat dan makanan. Nah, pasti edukasinya bakalan menarik nih untuk membentuk konsumen cerdas dan berdaya dalam berbelanja.

Berkaca dari pengalaman saya sendiri, pernah beberapa tahun lalu saya keracunan makanan. Waktu itu padahal saya makan bakso kuah panas buatan abang-abang. Nah, sampai di rumah, saya tambahkan kecap kemasan tanpa saya cek tanggal kadaluarsanya. Barangkali memang sudah out of date kecapnya sehingga setelah saya makan bakso, langsung saya merasa pusing, rasanya sekeliling berputar, mual, dan mau muntah. Saya langsung pergi ke UGD rumah sakit terdekat untuk dapat penanganan.

Nah, saya nggak mau hal itu terjadi di keluarga kecil saya. Sebagai seorang ibu yang mengatur segala urusan domestik termasuk urusan belanja dan asupan makanan, saya harus bisa jadi guardian untuk keluarga saya sendiri. Sebelum berbelanja, hal yang pasti harus diingat adalah CEK KLIK. Berikut ini penjelasannya ya.

Cek KLIK:
K = Kemasan (cek kemasan produk dalam kondisi baik)
L = Label (Baca informasi label produk dengan cermat)
I = Izin Edar (Pastikan ada izin edar dari Badan POM)
K = Kedaluwarsa (Pastikan nggak melebihi tanggal kedaluwarsa).

Gampang diingat kan ya? CEK KLIK ini terutama belanja bahan pangan, obat-obatan, kosmetik, suplemen, dan lainnya.

Btw, untuk mengecek izin edar, sekarang sudah bisa kita cek melalui aplikasi android “Cek BPOM”. Kalau kamu ragu sama obat & makanan yang kamu konsumsi hubungi aja HALOBPOM di nomer 1-500-533 ya!

 

Peran pemerintah

Peran pemerintah dalam hal perlindungan konsumen ini mengatur dari hulu ke hilir. Ada 3 fungsi pemerintah yaitu sebagai regulator, eksekutor, dan fasilitator.

✔️ Regulator: bagaimana pemerintah membuat kebijakan

✔️ Eksekutor: mengawasi pelaku usaha. Dengan demikian pengusaha tidak lagi menjual barang yang tak layak (misal produk yang tidak ber-SNI).

✔️ Fasilitator: sosialisasi kepada konsumen seperti pada event CEK KLIK yang saya datangi kemarin.

 

 

Please follow and like me:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.