Tips Mengatasi Bibir Kering dan Pilihan Lipcream yang Sesuai

Tips Mengatasi Bibir Kering dan Pilihan Lipcream yang Sesuai.

Bagi orang yang nggak doyan dandan kaya saya ini, cuma ada 4 macam kosmetik wajah yang selalu saya bawa dalam pouch: bedak, sunscreen, lipstick, dan lipbalm. Menurut saya, barang-barang itu wajib dipakai oleh seorang wanita meskipun dia nggak hobi dandan.

Untuk pemilihan bedak atau sunscreen buat saya nggak ada masalah, apalagi saya punya langganan dokter kecantikan di Tanah Baru, Depok yang biasa meresepkan produk sunscreen whitening. Fungsi sunscreen whitening ini selain melindungi kulit dari sinar UV, foundation yang covering tapi tetap ringan, dan kalau sudah pakai ini nggak perlu lagi pakai bedak. Praktis kan? Alhamdulillah cocok juga pemakaiannya di kulit saya. Nah, kalau untuk pemilihan lipstick dan lipbalm ini yang saya masih suka kesulitan. Bibir saya termasuk tipe bibir kering yang gampang mengelupas. Jadi suka nggak percaya diri begitu deh dan saya orangnya males untuk browsing atau hunting lipstick, lipcream, dan semacamnya. Beda banget sama temen kantor saya yang hobi gonta ganti merk dan warna lipstick demi mencari warna dan tekstur yang pas sesuai keinginan.

Do’s and Don’ts untuk Mengatasi Bibir Kering

Berbeda dengan kondisi kulit tubuh lainnya, kulit pada bibir tidak mempunyai kelenjar minyak untuk menghasilkan pelumas yang dapat menjaga kelembapan bibir. Selain itu, bibir yang tidak punya pelindung terhadap sinar UV ini jika terkena paparan sinar matahari bisa menjadi kering, pecah-pecah, dan mengelupas. Oleh karena itu, kita perlu melakukan perawatan untuk menjaga kesehatan bibir kita.

Don’ts:

1. Menggigit Bibir

Sebaiknya jangan menggigiti bibir kering atau pecah-pecah, Kulit bibir kita lembut dan tipis sehingga kebiasaan menggigiti bibir bisa menyebabkan kulit bibir berdarah dan menyebabkan lebih banyak iritasi.

2. Mengelupas kulit bibir

Read also:   Nikmati Romantisme Pulau Bali di 5 Destinasi Wisata Ini

Kadang tangan kita gemas untuk mengelupas kulit bibir yang mati. Tapi ingat, kalau kita mengelupas kulit bibir yang belum benar-benar mati malah akan menyebabkan bibir terluka. Sebaiknya biarkan kulit bibir melakukan regenerasi sel kulit mati dengan sendirinya.

3. Menjilat bibir

Kalau bibir terasa kering, kadang kita secara reflek menjilatnya agar bibir basah dan lembap kembali. Tapi kenyataanya, hal itu justru akan lebih membuat bibir semakin kering karena air liur yang bergesekan secara intens dengan kulit bibir bisa menghilangkan kelembapan alami bibir kita.

Do’s:

  • Minum cukup air

Hal ini sebenarnya cara yang paling mudah dilakukan, tapi terkadang kita, bahkan saya sendiri, sering melalaikannya. Kesehatan tubuh akan terjaga jika tubuh kita cukup asupan air minum. Dampaknya jika tubuh terhidrasi dengan baik adalah mencegah bibir kering dan pecah-pecah.

  • Gunakan lipbalm/pelembap bibir

Sering mengoleskan lipbalm bisa membantu bibir untuk tetap lembap. Oleskan lipbalm pada bibir sebelum kita menggunakan lipstick dan sebelum tidur. Perlu diperhatikan ya agar tidak menggunakan pelembap bibir dengan rasa karena bisa menyebabkan bibir semakin kering. Kenapa? Pelembap yang mengandung rasa bisa memicu kita buat sering menjilati bibir sehingga bibir akan cepat kering.

Untuk lipbalm ini, perlu juga dipilih produk yang mengandung SPF untuk melindungi dari sinar matahari. Kalau untuk bibir saya yang kering, saya cocok pake produk Sebamed LipCare Stick SPF 25 dan The Body Shop “Vitamin E” SPF 15.

  • Perhatikan penggunaan lipstick

Memiliki bibir kering ternyata tidak boleh sembarangan memilih lipstick, terutama jenis lipstick matte. Karena teksturnya yang kering, jenis matte tidak banyak mengandung pelembap sehingga bisa membuat bibir semakin kering. Padahal jenis matte yang menawarkan warna-warna tidak mengkilap tuh sebenarnya kesukaan saya bangettt.

Sekarang saya pakai Revlon Colourbrust Lipstick warna Soft Rose. Lipstick ini cocok untuk pemakaian sehari-hari dan nyaman di bibir saya karena teksturnya yang lembap. Harga juga ramah di kantong. Produk lain yang lagi saya taksir adalah lipcream dari Wardah.

Produk Lipcream Wardah selain sudah tersertifikasi halal, harga lipcream wardah juga sesuai dengan budget saya. Pilihan warna yang ditawarkan juga beraneka ragam dan menawan hati, plus daya tahan warnanya cukup baik! Yang menarik dari lipcream ini adalah bagi pemilik bibir kering bisa tetap menggunakan lipcream matte karena tekstur dari lipcream Wardah tidak akan membuat bibir kita kering seperti layaknya lisptick matte kebanyakan. Jadi, berhubung lipcream ini punya tekstur matte, bagi pemilik bibir kering kaya saya ini perlu mengoleskan lipbalm sebelum mengaplikasikan si lipcream matte ini.

Sekian tips do and don’t untuk si pemilik bibir kering dan pilihan lipcream matte yang bisa digunakan. Semoga bermanfaat. Ingat selalu untuk merawat bibir sexi kita ya.

Please follow and like me:

One thought on “Tips Mengatasi Bibir Kering dan Pilihan Lipcream yang Sesuai

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *