hotel budget airy

Hotel Budget Airy dan Peranannya dalam Ekonomi Digital

Pernahkah kamu berencana traveling ke suatu tempat dan mencari akomodasi murah dengan kualitas lumayan baik? Saya pernah banget. Seringnya sih saya cari penginapan murah hanya sekadar untuk transit semalam atau dua malam. Nah, bagaimana cara mencari hotel budget yang berkualitas bagus? Yaaa saya browsing dan baca review orang yang pernah singgah di hotel budget.

Mencari hotel budget sekarang ini semakin mudah karena ada Airy. Pernah tahu apa itu Airy? Atau mungkin kamu pernah bermalam di suatu hotel yang ternyata hotel tersebut jaringan dari Airy?

acara airy room
Blogger dalam acara Airy Room, sumber: Hiip Indonesia

 

Tentang Airy

Di era digital saat ini banyak sekali start-up bermunculan di Indonesia. Hal ini banyak berdampak pada perkembangan di sektor wisata dan akomodasi. Airy sebagai start-up Indonesia sekaligus sebagai virtual hotel operator berkomitmen untuk mengelola kamar-kamar berkualitas. FYI, jaringan hotel budget Airy sudah mencapai lebih dari 1000 properti yang mencakup 16.000 kamar yang tersebar di lebih dari 90 kota di Indonesia.

Jadi, kalau kamu berkunjung ke kota-kota di Indonesia, kamu bisa langsung cek kamar-kamar hotel yang sudah jejaring Airy supaya kamu bisa dapat hotel budget Airy dengan harga miring. Rata-rata harga kamar hotel budget Airy sekitar <250k (ultra budget) dan 250k – 500k (budget). Murah ‘kan?

Meskipun dikatakan hotel budget, Airy punya standar kenyamanan yang diterapkan di kamar-kamar hotelnya, antara lain: Wifi gratis, TV layar datar, air hangat, air minum gratis, AC, tempat tidur bersih, dan perlengkapan mandi.

 

airy room event
Blogger dalam event Airy Room source: Hiip Indonesia)

 

Airy Community

Selain menjadi smart budget hotel yang bermitra dengan hotel-hotel lokal di Indonesia, Airy juga menawarkan pelatihan keterampilan bagi para karyawan mitranya. Dengan ini, harapannya Airy bisa menekan tingkat pengangguran di Indonesia serta bisa meningkatkan kualitas karyawannya.

 

Read also: Review Best Western Premier The Hive Hotel

 

Airy dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal

Kamu tahu nggak kalau Indonesia menduduki urutan ke-42 dari 136 negara di dunia dalam hal indeks daya saing pariwisata. Hal ini didiskusikan lebih lanjut di acara diskusi panel dalam tema “Memajukan Perhotelan di Era Digital untuk Pemberdayaan Ekonomi Daerah” yang diadakan pada tanggal 2 Juli 2019 di Balai Kartini.

Hadir sebagai pembicara di acara tersebut Bapak Khairul Anwar (Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan/Kemenaker), Bapak Agus Setiawan (Kementerian Pariwisata/Kemenpar), Bapak Sukiyo (Direktur Bina Standardisasi Kompetensi dan Pelatihan Kerja Kemenaker), dan Mas Viko Gara (VP Commercial Airy). Diskusi panel dimoderatori oleh Desi Dwi Djayanti dari Katadata.co.id.

 

diskusi panel airy
Diskusi Panel di acara “Peran Airy dalam Ekonomi Digital untuk Pemberdayaan Masyarakat Lokal”

Menurut Bapak Khairil Anwar selaku Sekjen Kemenaker, tingkat pengangguran di Indonesia saat ini sebesar 6,9 juta. Ini adalah angka pengangguran terendah yang dicapai Indonesia setelah masa reformasi. Pak Sukiyo menambahkan bahwa Kemenaker senang sekali kalau bisa bekerjasama dengan Airy melalui Airy Community dalam hal upgrading skill tenaga kerja agar APBN bisa terserap untuk melatih tenaga kerja di Indonesia.

Kebutuhan traveling yang sedang nge-trend ini membuat orang dengan budget pas-pasan pun ingin traveling. Bapak Agus Setiawan dari Kemenpar mengatakan bahwa untuk menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara, pemerintah menyiapkan paket Hot Deals yang merupakan bundling tiket pesawat, very, spa, dan akomodasi. Nah, peluang seperti ini yang ditangkap oleh Airy dengan memberikan paket hot deals untuk menarik wisatawan dengan budget minim.

Di acara tersebut, Airy yang bekerjasama dengan Katadata Indonesia juga me-release hasil riset tentang kontribusi Airy di sektor pariwisata dan dampak yang dihasilkan di bidang ketenagakerjaan serta bagaimana Airy mampu berkontribusi bagi pemberdayaan ekonomi lokal.

 

 

 

-SKA-

Please follow and like me:
error

8 thoughts on “Hotel Budget Airy dan Peranannya dalam Ekonomi Digital

  1. iya ya, aku baru kepikiran jadinya kalau airy ikut andil dalam perkembangan bisnis di Indonesia. Kalau bisnis pariwisata Indonesia maju, bisa banyak pekerjaan tercipta, SDM kita bisa banyak terserap.

  2. Aku lagi memilih nih, hotel di jaringan Airy yang pas sama kantong dan kebutuhan, buat liburan nanti. Memang ya Airy memudahkan banget untuk menginap. Dan salut juga sama inisiatif Airy membangun Airy community yaa…

  3. Aku tuh udah pernah nginap di Airy, mba. Fasilitasnya juga bagus plus dapat perlengkapan mandi 🙂

    Selain itu, juga banyak hotel yang sudah kerjasama dengan Airy

  4. Menyenangkan banget ya kita bisa menginap di kamar2 keren Airy 🙂 Ternyata dengan hotel budget semacam ini, mengurangi pengangguran dengan adanya Airy Community. Tingkat pariwisata juga meningkat. Pastinya Airy paham perasaan mamah2 zaman now yg mau nginap dengan jaminan kenyamanan tapi dompet ga bolong hehehe 🙂

  5. Wisatawan jadi gak takut berkunjung ke Tanah Air salah satunya berkat adanya Airy yang sangat terjangkau sebagai tempat menginap. SDM pun semakin banyak yang diberdayakan ya, kereeen.

  6. Pernah sekali nginepmdi hotel Airy, awalnya masuk kyk gak meyakinkan. Tapi wes gopp, toh cuma buat numpang bobo semalam, eh ternyata meski rate murah dna masuk hotel budget ternyata pelayanannya oke lho. Mungkin krn ma Airy standar pelayanannya disamakan kali ya 😀

  7. Berharap banget tiket pesawat makin terjangkau supaya pariwisata kita jadi tuan rumah juga di negeri sendiri.. Pingin gitu kan ke kota apa trus nginep di Airy.. Penasaran sih aku belum pernah nih nginep di sana, tapi kalo diliat memang standar kenyamanannya tinggi juga ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.