smartphone oppo

Ini Dia Kriteria Smartphone Yang Mendukung Kegiatan Sehari-hari

Kapan sih pertama kalinya kamu kenal HP? Kalau kamu anak 90-an kaya saya ini, mungkin kamu baru kenal HP pas zaman SMP ya. Dulu fungi HP paling cuma buat telepon dan SMS karena memang fitur HP zaman dulu belum secanggih sekarang. Bahkan, dulu ketika mendapati HP yang ada kameranya dengan layar yang berwarna saja itu adalah hal yang WOW pada zaman itu. Pasti hanya orang tertentu yang berduit saja yang bisa membeli hape “canggih” itu. Nah, di zaman now, HP sudah jauh lebih modern dengan fiturnya yang canggih. Fungsi HP pun bukan sekadar untuk telepon atau SMS, melainkan untuk memotret, chatting, video call, main game, mengerjakan tugas kantor dan lain sebagainya.

 

kegunaan smartphone

Nggak dipungkiri kalau HP atau smartphone seolah menjadi kebutuhan primer saat ini. Hidup kita pastilah hampa tanpa adanya HP, semacam kita sudah bergantung dengan smartphone di era yang serba digital ini. Semua hal rasanya bisa dilakukan dalam satu genggaman, misalnya kita mau belanja online bisa dilakukan dengan smartphone. Mau naik ojek atau beli makanan sekarang bisa kita lakukan secara online. Bahkan kangen sama keluarga atau kerabat nun jauh di negeri seberang juga bisa video call. Jadi ya nggak heran kalau smartphone adalah barang yang wajib dibawa kemana pun kita pergi. Kalau smartphone ketinggalan atau hilang (deuh jangan sampai deh ya), aktivitas kita bisa terganggu banget.

Oleh karena pentingnya smartphone itulah, kita harus selektif dalam memilih kriteria smartphone. Pilihlah smartphone yang memiliki banyak fitur yang bisa mendukung aktivitas kita sehari-hari. Jangan tergiur dengan smartphone yang harganya murah, lalu kita sembarangan memilih dan nantinya smartphone tersebut malah kurang bermanfaat untuk kita. Ujung-ujungnya malah hanya jadi pajangan di rumah.

Agar nggak salah memilih, di bawah ini adalah beberapa kriteria smartphone yang bisa mendukung aktivitas kita sehari-hari:

 

1. Kamera yang mumpuni

Kamera adalah salah satu fitur yang harus kita perhatikan. Kenapa? Karena kamera memiliki banyak fungsi. Bagi yang suka dengan fotografi, pasti mereka akan memanfaatkan kamera smartphone untuk memotret objek-objek tertentu yang dianggap menarik. Selain untuk menyalurkan hobi fotografi, kamera juga bisa kita manfaatkan dalam pekerjaan. Misalnya, saat meeting ada catatan yang harus disimpan dari whiteboard, daripada harus menulis ulang di buku, lebih baik manfaatkan kamera smartphone untuk memotret tulisan hasil meeting tersebut.

 

oppo f11
Oppo F11

Untuk fotografi, tentunya kita butuh kamera yang memiliki kemampuan untuk membuat hasil foto terlihat lebih jelas dan detail. Hmm.. kalau bicara tentang kamera smartphone, saya jadi teringat dengan salah satu brand smartphone terbesar di Indonesia, yaitu OPPO. OPPO belum lama ini meluncurkan produk terbaru mereka dari seri F, yaitu OPPO F11. OPPO F11 ini memiliki keunggulan pada kamera belakang gandanya yang beresolusi 48MP dan 5MP dengan lensa 6P dan bukaan lensa f/1.79 menawarkan hasil gambar berkualitas 48MP yang sangat jernih, serta potret sempurna meski dalam kondisi minim cahaya saat menggunakan Ultra Night Mode. Sedangkan kamera depan 16MP didukung AI Beauty 2.1 yang mampu mengidentifikasi wajah dan mengaplikasikan fitur peningkatan secara otomatis, sesuai kebutuhan.

Melalui seri F ini ternyata OPPO mulai memperkenalkan identitas baru mereka sebagai portrait master dan meninggalkan imagenya sebagai selfie expert.

 

Read also: Belajar Fotografi dengan Modal Smartphone

 

2. RAM yang besar

Random Access Memory (RAM) memiliki tugas untuk mendukung pemrosesan data. RAM berkolaborasi dengan prosesor dalam melakukan pengolahan data. Semakin besar kapasitas RAM, maka akan semakin lancar pula prosesor menjalankan tugasnya dalam mengolah informasi. Dengan RAM yang besar kita tidak perlu khawatir smartphone akan berjalan lambat atau nge-lag saat sedang digunakan.

Kalau ingin puas menggunakan smartphone dengan lancar, pilihlah kriteria smartphone yang setidaknya memiliki RAM sebesar 4GB. Dijamin! Saat kita membuka banyak aplikasi pun, smartphone tidak akan berjalan lambat. Seperti OPPO F11 yang memiliki kapasitas RAM sebesar 4GB dengan penyimpanan internal 128GB yang bisa diperluas sampai 256GB dengan tambahan microSD.

 

3.  Daya tahan baterai kuat

Kamera, prosesor, RAM, dan penyimpanan memang menjadi faktor penentu dalam memilih smartphone, tapi jangan lupa kalau semua itu tidak akan ada artinya jika daya tahan baterai yang dimiliki kurang mumpuni. Faktor penentu daya hidup baterai yang utama adalah kapasitasnya yang saat ini menggunakan satuan mili ampere hour atau disingkat mAh. Tapi, yang harus kita ingat adalah kita juga harus bisa menentukan daya hidup baterai dengan memahami seberapa besar aplikasi-aplikasi yang ada pada smartphone akan memakan daya baterai tersebut.

Kriteria smartphone OPPO F11 yang memiliki kapasitas baterai sebesar 4.020mAh, dan didukung oleh teknologi VOOC 3.0 Flash Charge, yaitu teknologi pengisian daya cepat dan dalam waktu yang singkat dibanding charger lainnya. Jadi, kita bisa menggunakan smartphone dengan daya tahan baterai lebih lama dan konsumsi daya yang lebih rendah.

 

4. Desain

Sekarang ini para produsen smartphone memberikan tampilan yang berbeda pada desain produk mereka. Dibandingkan sebelumnya, smartphone masa kini terlihat lebih cantik dan menarik. Ini bisa jadi salah satu faktor penentu saat kita memilih smartphone. Warna-warna gradasi menjadi pilihan untuk membalut body smartphone kekinian.

 

desain oppo
Desain Smarphone Oppo

Salah satunya OPPO yang memberikan desain dengan menerapkan keindahan alam pada OPPO F11 melalui warna gradasi. OPPO menjadi produsen smartphone pertama yang membuat desain gradasi tiga warna, Thunder Black. Desain unik ini memadukan warna merah dan biru menjadi warna hitam klasik, seperti meteor yang melesat melintasi langit malam. Aurora Green terinspirasi dari warna samudra biru yang terhubung dengan benua hijau yang subur. Dengan pola ikonik berbentuk S, warna biru dan hijau tersebut menyatu menjadi satu, dan ketika terpapar dengan cahaya yang dinamis, ia akan memancarkan vitalitas yang berbeda.

 

Read Also: Sajikan Gambar Menarik untuk Artikel Blog

 

Untuk OPPO F11 ini sudah bisa kita dapatkan di toko-toko resmi OPPO, baik online maupun offline. Harga yang diberikan untuk satu unit smartphone canggih ini adalah Rp. 3.999.000,-. Penjualan perdana sudah dilakukan sejak tanggal 23 Maret 2019.

 

Untuk informasi lebih lanjut tentang OPPO F11 ini, kita bisa cari tau disini: https://www.oppo.com/id/smartphone-f11/

Please follow and like me:
error

24 thoughts on “Ini Dia Kriteria Smartphone Yang Mendukung Kegiatan Sehari-hari

  1. Buat saya, yang paling penting adalah Kamera, kemudahan mengetik di keyboard dan prosesornya. Bukan apa-apa, soalnya ada beberapa smartphone yang kurang enak dipakai mengetik panjang panjang, padahal saya aliran yang ngedraft posting blog di HP makanya penting banget handphone yang UI bagus. Oh iya, sama satu lagi, harganya terjangkau heheh

  2. Karena daku seorang pengguna Oppo garis keras heheheh, keluarnya Oppo F11 bikin semangat menabung menggebu lagi nih…

    Untuk RAM besar, kamera 64 MP, batere hemat is a muat, dan Oppo so far never disappointed me

  3. tiap beli ponsel, yg jd pertimbangan utama selalu kualitas jepretan kamera. di era media sosial, pasti maunya jeprat jepret kan… nah kalau fotonya bagus, jadi hepi. ngerasa gak sia2 punya hp baru, ahaha

  4. Aku sekarang nulis artikel, edit foto dan lainnya semua di hape jadi memang hapenya kudu mumpuni hehe, butuh kamera hp yang bagus, dan RAM gede plus baterai kuat ya..

  5. 3 yang disebutkan paling pertama itu memang yg dibutuhkan banget sama saya. Terkadang saya bisa tutup mata deh sama design (krn alasan budget), selama 3 yg pertama itu terpenuhi ^_^

  6. Kamera salah satu pertimbangan buat beli smartphone, soalnya butuh foto dengan kualitas bagus apalagi kalau jepret di foto bisa langsung posting enggak ribet lagi harus mindahin foto dari memory kamera. OPPO F11 ini spesifikasinya keren, nabung dulu ah mau ganti HP baru.

  7. Suamiku suka tanya kalo mo beliin HP.
    “Umi penginnya yang kaya apa?”
    Tentu bukan merujuk pada model, tapi lebih mentingin apa…?

    OPPO F11 ini paket komplit.
    Kamera, RAM, design dan cencu…harga.

  8. Kenal hp itu pas SD, cuma orang2 tertentu yang punya dan itupun masih yg layar hitam putih. SMP kls 3,beberapaa teman udah punya… Aku nebeng punya bapakku.. Heheh

    Baru kls 2 SMA dibeliin sendiri…

    Bdw, hp skrg keren2. Anak kecil aja udah punya hp kalau zaman now

  9. Sepaham dengan Pertimbangan saya kalau ganti HP, baterai kudu yg tahan lama, memory internal yg besar, kamera yg mumpuni dan RAM tentunya wajib dipertimbangkan karena HP dibutuhkan utk kerjaan.

  10. dulu sempat mikir ga butuh ram yg gede. ternyata makin ke sini, makin banyak aplikasi keren2 yang pengen saya install. jadinya butuh yg ram-nya jgn keterlaluan minimalisnya 🙂

  11. Bener banget mba, keempat faktor tadi selalu menjadi pertimbangan saat memiliki smartphone. Kemampuan fotografi dari kamera yang terpasang dari smartphone seakan udah mutlak di jaman yang serba cantik or ganteng dikit cekrek 😉

  12. Setuju mba, pertimbangan paling penting buat saya sendiri adalah kamera dan RAM hehehe especially kamera karena kamera yang bagus sangat membantu saat mau jeprat jepret dadakan 😀

  13. Wew jadi udah ga selfie expert lagi ya tapi portrait master
    OPPO F11 emang cakeeeep apalagi night mode-nya itu lho. Hasil fotonya minim noise!

  14. Bagi blogger kaya aku memilih handphone dengan kamera tang kece dan juga baterai yang tahan lama memang penting banget. Jangan sampai pas event justru habis baterai deh.

  15. Kriteria hape yang saya cari, kamera bagus, RAM gede dan hemat baterai. Karena penting banget tuh, apalagi pas lagi liputan.
    Tetiba hape lowbat itu rasanya kezel banget. Kerjanya jadi gak maksimal.
    Bisa jadi referensi nih, Mbak. Thanks yaaa…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.