Belajar Fotografi dengan Modal Smartphone

Hasil foto bagus hanya dengan modal smartphone, emang bisa ya?

Bisaaaa banget! Asal tau caranya sih. Walaupun nggak punya kamera DSLR, kita tetap bisa mengoptimalkan hasil jepretan kita dengan smarphone yang kita punya. Jadi nggak perlu minder karena nggak punya kamera DSLR yang lensanya mahal-mahal itu, pakai smartphone bisa kok.

Minggu lalu, saya mendapat kesempatan mengikuti acara workshop fotografi yang diselenggarakan oleh Kompakers Depok. Kompakers Depok adalah komunitas wanita pecinta fotografi yang based-nya di wilayah Depok. Acara dengan tema “Foto Keren dengan Modal Smartphone” di Gedung Felfest IFC UI pada Hari Sabtu, 10 Maret 2018. Para pembicara, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan hasil gambar foto yang bagus:

Rule Of Third
Rule of Third adalah salah satu prinsip dasar komposisi fotografi yang paling populer bagi mayoritas penggemar fotografi. Aturan komposisi ini menjadi pondasi keseimbangan elemen foto sehingga foto tampak lebih enak dipandang. Object yang menjadi focus foto bisa diletakkan posisinya pada titik-titik merah pada gambar di bawah ini

Cahaya
Dalam teknik fotografi, arah cahaya yang jatuh ke object sangat menentukan kesan dan hasil ingin yang diperoleh. Sumber cahaya bisa didapatkan secara alami yaitu cahaya matahari dan cahaya buatan (flash). Cahaya terbaik untuk memotret adalah sinar matahari pagi dan sore, terutama di waktu pukul 08.00-10.00 dan 15.00-17.00 WIB. Sebisa mungkin hindari sinar matahari siang hari karena arah datangnya cahaya tegak lurus.

Moment dan Timing
Kita tidak bisa men-setting semua gambar foto yang akan diambil karena ada beberapa gambar di mana kita harus menunggu moment yang tepat untuk bisa mendapatkannya misalnya saat acara sacral pernikahan, saat matahari terbenam di tengah lautan, dll. Oleh karena itu, moment dan timing adalah hal yang juga perlu diperhatikan untuk memperoleh foto sesuai keinginan kita.

Read also:   Persembahan Pampers untuk Momen Pertama bersama Buah Hati


Smartphone apa yang bagus untuk fotografi?

Wah kalau ini pastinya banyak ya, apalagi saat ini semakin banyak smartphone canggih dengan beragam fiture. Ada juga smartphone yang memang sengaja mengunggulkan fiture kamera.

Kalau smartphone yang hasil fotonya bagus tapi harganya murah kira-kira apa ya?

Nah ini dia, saya baru dapat info produk terbaru keluaran dari Advan yaitu Advan G2 (Baca: “Jitu”). Kenapa disebut Jitu? Ini beberapa keunggulan Advan G2:

1. Kamera bagus dan harga bersahabat
Banyak ponsel keren yang hasil jepretan fotonya bagus, tapi harganya mahal. Nah, produk Advan G2 ini memiliki keunggulan kamera bagus tapi harganya relatif terjangkau dibandingkan dengan smartphone lain sekelasnya.

2. Desain keren dan harga terjangkau
Desain smartphone Advan G2 nggak kalah menarik dengan produk-produk Samsung, Oppo, Vivo, dll. Simpel, berkelas, dan harga terjangkau.

3. Data hilang bisa dilacak dan aman
Kalau kita kehilangan smartphone, hal yang paling disesali adalah data yang ada di dalamnya. Advan G2 ini punya fiture anti theft, di mana kita bisa langsung lock data kita dan back-up data melalui cloud.

4. Bobot ringan
Bobot Advan G2 yang hanya 150 gram ini tidak membuat pegal tangan. Beda dengan Samsung Note 4 saya, kalau kelamaan dipegang bisa bikin kebas haha.

5. Baterai tahan lama
Ini dia yang selalu dicari-cari, jadi dengan baterai berkapasitas 3500mAH ini, kita nggak perlu berkali-kali menge-charge si Advan G2 ini. Bye-bye powerbank deh ya.

Pas banget lagi pengin beli kamera dengan budget terjangkau, yang fiture kameranya oke, baterai tahan lama, canggih pula, eeh pas banget dapat info tentang si Advan G2 ini. Saya langsung jatuh hati pas tau kualifikasinya.

Read also:   Yuk Konsumsi Telur dan Daging Ayam, si Protein Hewani Padat Gizi

Di workshop ini, saya juga mencoba mengambil gambar dengan si Advan G2 dan emang terbukti bobotnya enteng, enak digenggamnya. Harga smartphone ini Rp 2.499.000 dan kalau beli si Shopee saat flash sale kita bisa dapat harga miring loh.

Please follow and like me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *