Sedang Bepergian? Anda Tetap Bisa Cek Tagihan Listrik dan Bayar dengan Cepat

Bepergian tentunya ada dalam agenda kebanyakan orang, entah bepergian dalam rangka liburan maupun karena tuntutan pekerjaan. Ketika bepergian, bukan berarti kamu bisa meninggalkan urusan di rumah atau kantor begitu saja. Misalnya, tagihan listrik anda setiap bulan tetap harus dibayar. Kalau tidak memiliki anggota keluarga yang bisa menangani urusan tersebut, kamu tentunya tetap harus mengurus tagihan tersebut sendiri.

Cek tagihan listrik – shutterstock.com

Sekarang ini, kamu tidak perlu khawatir lagi soal mengurus tagihan karena kamu bisa cek tagihan listrik dari mana saja dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital. Berikut ini adalah cara untuk melakukannya.

  • Cari situs yang aman dan tepercaya

Sekarang ini ada banyak situs yang menawarkan jasa cek dan bayar tagihan listrik PLN secara online. Namun, kamu harus berhati-hati dalam memilih situs yang akan digunakan mengingat adanya ancaman kejahatan digital. Bentuk kejahatan tersebut di antaranya kebocoran informasi pribadi, seperti alamat ataupun nomor kartu kredit. Untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan, kamu perlu memilih situs yang tepercaya saja.

Untuk memastikan suatu situs cukup tepercaya, pastikan kamu mengecek reputasinya. Kamu bisa melihatnya dari review yang diberikan oleh orang-orang secara online. Pastikan kamu memilih situs yang telah memiliki banyak pelanggan, dikelola secara profesional, dan memiliki review yang baik seperti Traveloka. Di situs ini banyak orang memberikan review yang cukup memuaskan, dan berarti Traveloka telah cukup tepercaya dan tidak mengecewakan pelanggan.

  • Menyiapkan gadget dan koneksi internet yang baik

Untuk mengakses internet, kamu membutuhkan perangkat elektronik yang masih bekerja dengan baik. Kamu bisa mengunakan komputer atau laptop. Namun, kalau kesulitan menemukan komputer umum dan sedang tidak membawa laptop, kamu tidak perlu khawatir. Tidak hanya melalui komputer atau laptop, kamudapat cek dan bayar tagihan listrik PLN secara online melalui gadget.

Read also:   Rencana Liburan ke Gili Trawangan
Cek tagihan listrik – shutterstock.com

Untuk mengecek tagihan secara online, yang terpenting adalah adanya koneksi internet yang cukup baik, baik menggunakan paket internet sendiri maupun memanfaatkan WiFi. Kalau menggunakan internet sendiri, pastikan kamu memiliki paket internet yang cukup. Mengakses situs yang menawarkan cek dan bayar tagihan memang tidak membutuhkan kuota besar, tetapi tanpa paket internet yang tepat, kamu bisa saja kehabisan kuota ketika akan cek tagihan listrik. Jangan sampai kamu mengalami masalah demikian, ya.

  • Kunjungi situs di browser atau aplikasi mobile

Melalui laptop atau gadget, buka browser dan kunjungi situs yang menyediakan jasa cek dan bayar tagihan listrik. Beberapa situs juga memiliki versi aplikasi yang bisa kamu unduh dan pasang di gadget. Mengujungi situs melalui browser atau aplikasi memiliki tujuan dan fitur yang sama atau mirip, jadi kamu bisa memilih cara mana yang menurut kamu paling nyaman.

  • Cara cek tagihan

Setelah mengunjungi situs yang telah dipilih, misalnya Traveloka, kamu bisa langsung masuk ke akunmu, kemudian memilih menu menuju cek tagihan. Nama menu pastinya tergantung pada situs mana yang kamu pilih. Sebagai contoh, untuk cara cek tagihan listrik di Traveloka, kamu perlu untuk memilih menu “Bayar Tagihan”, kemudian “Listrik PLN”, dilanjutkan dengan “Tagihan Listrik”.

Pada kolom yang tersedia, masukkan nomor meter atau ID pelanggan kamu atau pihak lain yang ingin kamu cek. Setelah memasukkan nomor dan tekan “Beli Sekarang”. Dalam hitungan detik, akan muncul jumlah tagihan kamu di layar. Cek tagihan tersebut dan pastikan kesesuaiannya dengan nomor meter atau ID pelanggan kamu.

Cek tagihan listrik – concept.de

Cara di atas berlaku untuk kamu yang sudah menjadi anggota situs. Kalau belum, kamu perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Ketika membuka situs, kamu akan melihat menu daftar. Masukkan alamat nama, alamat e-mail, tanggal lahir, dan kata kunci akun.

Read also:   Demi "Empat Jengkal", Ini 4 Cara Mencegah Obesitas

Biasanya, pesan konfirmasi pendaftaran akan dikirim secara otomatis ke alamat e-mail yang digunakan. Cek inbox-mu, buka pesan tersebut, dan klik tautan konfirmasi yang ada di dalamnya. Setelah dikonfirmasi, pendaftaran akunmu selesai. Kamu dapat menggunakan situs bersangkutan untuk cek tagihan listrik PLN atau tagihan lain, sesuai dengan macam jasa yang ditawarkan situs yang dipilih.

  • Melakukan pembayaran

Setelah mengetahui jumlah tagihan, kamu bisa langsung melakukan pembayaran. Sama seperti pengecekan tagihan, pembayaran sekarang ini pun mudah dilakukan secara online. Metode pembayaran yang tersedia cukup bervariasi, yaitu dengan cara transfer, ATM, kartu kredit, dan direct debit. Untuk pembayaran di situs besar seperti Traveloka, kamu juga bisa memilih pembayaran melalui minimarket yang mudah dijumpai di Indonesia, yaitu Indomaret dan Alfamart.

Menariknya, pembayaran tagihan listrik secara online bisa dilakukan tanpa tambahan biaya besar atau bahkan gratis. kamu hanya membayar sejumlah tagihan saja, tidak perlu ada pengeluaran lainnya. Pembayaran secara online pun bisa menjadi alternatif pembayaran yang lebih murah daripada kamu pergi ke kantor offline PLN dan mitranya. Inilah yang membuat cek dan bayar tagihan online tetap menarik untuk dipilih ketika kamu sedang bepergian atau bahkan saat sedang di rumah.

Please follow and like me:

11 thoughts on “Sedang Bepergian? Anda Tetap Bisa Cek Tagihan Listrik dan Bayar dengan Cepat