Bermain di Taman Pemuda Pratama, Taman Ramah Anak di Kota Depok

Taman Pemuda Pratama, Taman Ramah Anak di Kota Depok

Yang mengaku warga Depok, ada yang belum pernah dengar Taman Pemuda Pratama? Saya tahu sekilas tempat ini dari postingan seorang teman di beranda Facebook. Karena lokasinya di Tanah Baru, cukup dekat dengan rumah saya, minggu lalu saya ajak suami dan anak bermain ke taman ini. Nggak akan menyesal pergi kesini karena selain tamannya bersih, rapi, taman ini juga menyediakan beberapa wahana ramah anak.

Tujuan dibangun Taman Pemuda Pratama ini adalah sebagai dukungan kepada pemerintah kota Depok yaitu program Kota Layak Anak (KLA), dengan demikian akan menjadi bentuk sinergritas antara warga dengan pemerintah yang menjadikan Taman Pemuda Pratama sebagai sarana bermain yang ramah anak (dikutip dari website tamanpratama.id)

Taman Pemuda Pratama berlokasi di JL. Sairin RT.01/011 Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji – Kota Depok. Kalau dari arah Tugu Tanah Baru, sekitar 1 km dari arah tugu kita belok kiri di Gang Saidan, lurus mentok sampai di perempatan jalan nanti posisi tamannya ada di seberang lapangan, cukup eye catching koq!

FYI, Taman Pemuda Pratama buka setiap hari Selasa – Minggu, mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB. Pertama kali ke sana, saya tiba pukul 17.45 WIB loh, dan petugas masih mengizinkan kami melihat-lihat area taman sebelum pukul 18.00 WIB. Hari Senin taman ini tutup untuk maintenance dan kebersihan.

Masuk taman ini free of charge! Yes, GERATISSSS … ! Pantas saja taman ini rameeee pengunjung. Terima kasih banget deh sama si empunya taman, dr. Pratama Persada, karena sudah menyediakan tempat hiburan gratis di Depok (deket rumah saya pulak, hehehe). Eits, tapi untuk beberapa wahana dikenakan biaya ya, misalnya wahana yang perlu biaya kebersihan atau pengganti makanan hewan. Pembelian tiket untuk masuk wahana bisa dilakukan di loket (sebelah ujung dekat kantin) sebelum masuk ke area taman.

Read also:   Berbelanja di Supermarket Asuransi Online Futuready

 

Yuk yang sudah pada penasaran, kita lihat ada apa saja sih di taman bermain ini?

 

WAHANA

Berikut ini beberapa biaya yang dikenakan untuk setiap Wahana

Biaya wahana di Taman Pemuda Pratama Kota Depok

1. Playground

Ini salah satu favorit anak-anak. Bermain di playground ini gratisss. Anak-anak bisa bermain sambil berolahraga. Ada perosotan, jaring-jaring untuk berjalan, pasir putih, dan arena panjat tebing khusus untuk anak.

 

Halwa yang masih berusia 1,5 tahun Cuma bisa main perosotannya, itupun full pengawasan orangtua.

 

2. Kolam Renang Khusus Anak

Kolam buka setiap Selasa-Minggu, pukul 09.00 – 17.00 WIB. Kolam renang didesain unik dengan 2 kedalaman yang aman untuk anak-anak. Meskipun kolam renang diperuntukkan untuk anak, orangtua dihimbau agar selalu mengawasi anak-anaknya bermain di kolam. Tiket masuk kolam renang cukup terjangkau:

  • Hari Selasa – Jumat Rp 10.000
  • Hari Sabtu – Minggu Rp 15.000
  • Hari libur Rp 15.000
Kolam renang anak

Kemarin kami (Halwa maksudnya) belum sempat cobain kolam renangnya, dia terlalu excited ngeliat ikan berenang dan bermain di playground.

 

3. Rumah Kelinci

Waktu kami berkunjung ke sana selalu di sore hari (di atas pukul 17.00 WIB) dan kebetulan Rumah Kelinci sudah tutup, jadi kami nggak bisa masuk dan memberi makan kelinci deh. Walaupun begitu, pengunjung tetap bisa melihat kelinci-kelinci lucu ini dari luar pagar koq, eits, tapi nggak boleh melompat ke dalam pagar ya!

Rumah Kelinci

 

Kalau kamu mau ke rumah kelinci, datanglah Selasa – Minggu pukul 09.00 – 17.00 WIB (sebelum jam 5 sore deh pokoknya ya). Untuk memberi pakan kelinci, kamu dikenakan biaya seharga Rp 10.000.

 

4. Kolam Ikan

Kolam ikan menjadi tempat favorit bayi-1,5 tahun-kami. Yep, Halwa betaaah banget nongkrong di tepi selokan buat ngasih makan ikan. Selokan ini mengelilingi area taman dengan ribuan ikan nila merah yang berhabitat di dalamnya. Untuk tiket pakan ikan dikenakan biaya Rp 5.000.

Read also:   Resensi Novel: "Embun di Atas Daun Maple"  
Selokan habitat ikan nila merah di sekitar taman

 

Halwa lagi asyik liat ikan

 

5. Panahan/Archery

Kami belum mencoba masuk ke wahana ini, at least, ini bisa jadi salah satu referensi kalau mau panahan kami nggak perlu jauh-jauh ke Sawangan atau Matoa Golf hehehe.

Menurut info jadwal yang saya lihat kemarin, rincian biaya untuk Archery sebagai berikut:

  • Hari Selasa – Jumat Rp 20.000
  • Hari Sabtu – Minggu Rp 25.000
Arena panahan/archery

 

6. Motor ATV

Cukup seru sih pas ngeliat orang naikin motor ATV mengelilingi taman. Suatu saat saya pingin nyobain juga ah, ini biayanya:

  • ATV Dewasa Rp 20.000 untuk 1x putaran
  • ATV Anak Rp 15.000 untuk 1x putaran
Siap berkeliling area taman dengan motor ATV

 

7. Paintball

Kalau permainan ini dikhususkan untuk dewasa ya. Kemarin saya sempat lihat lokasinya tapi nggak bertanya-tanya lebih lanjur tentang peraturan dan cara reservasinya.

  • Hari Selasa – Jumat Rp 30.000
  • Hari Sabtu – Minggu Rp 35.000
Arena bermain paintball

 

8. Batu Terapi

Buat yang mau merasakan sensasi “pijat refleksi”, cobain deh berjalan keliling lingkaran di arena Batu Terapi. Pelan-pelan saja, dapat satu putaran sudah cukup bagus!

FASILITAS

Selain wahana-wahana di atas, di Taman Pemuda Pratama ini terdapat juga beberapa fasilitas lainnya seperti area parkir yang luas untuk kendaraan roda dua dan roda empat (tarif parkir roda dua Rp 3.000 dan roda empat Rp. 5.000).

Area parkir yang luas

 

Area parkir khusus roda dua

Nah, kalau capek bermain atau sekadar mau santai sejenak, kita bisa memanfaatkan area gazebo yang cukup luas dan bersih. Menurut info, gazebo ini bisa juga digunakan untuk mengadakan pesta, berbagai acara kebudayaan, atau sekadar berkumpul reunian. Prosedurnya ditanyakan langsung saja ya ke yang berwenang 🙂

Area gazebo yang luas untuk bersantai

Selain itu, ada juga fasilitas musholla dan toilet di dalam taman. Oh ya, ada juga stasiun radio Bina Swara di dalam area taman.

Read also:   Nak, Selalu Ada Cinta dalam Untaian Doa Untukmu

Ada larangan membawa makanan dan minuman dari luar demi menjaga kebersihan taman. Peraturan ini diberlakukan per 1 April 2018. Sayangnya, peraturan ini belum efektif dijalankan karena saya masih melihat beberapa orang tua yang sedang menyuapi anak di area taman. Meskipun nggak boleh bawa makanan/minuman, jangan khawatir karena di dekat lokasi parkir ada kantin Taman Pemuda Pratama, penjual kaki lima juga banyak berdagang di depan lokasi taman. Walaupun begitu, tetap saja tidak boleh bawa makanan ke dalam area taman ya.

Larangan membawa makanan/minuman ke dalam area taman

Yuk sama-sama menjaga kebersihan fasilitas taman. Harapan saya ke depan, semoga di Depok akan banyak bermunculan taman-taman bermain serupa, yang ramah anak, dan fasilitas memadai.

Please follow and like me:

16 thoughts on “Bermain di Taman Pemuda Pratama, Taman Ramah Anak di Kota Depok