gerbang kota wisata

Mengintip Mewahnya Hunian Kota Wisata Cibubur

Kamu tahu nggak salah satu keasyikan jadi seorang blogger?

Jalan-jalan! Yups bener banget.

 

Jalan-jalan gratis sambil mencari ilmu tentunya.

 

 

Blogger/Vlogger Gathering di Kota Wisata Cibubur

 

Kali ini saya mau cerita perjalanan saya ke Kota Wisata Cibubur. Sebetulnya lokasinya nggak terlalu jauh dari Depok, waktu tempuh sekitar 1 jam. Kendalanya adalah saya merasa kesulitan dengan transportasinya. Well, saya emang nggak hafal sarana transportasi umum. Udah terlalu nyaman pakai yang online-online, dijemput, lalu diantar sampai tujuan. Beres. Seperti pagi itu, saya diantar abang ojek online menuju ke Kota Wisata Cibubur.

 

Tepatnya Minggu, 7 Juli 2019 saya menghadiri event Blogger/Vlogger Gathering di Kota Wisata Cibubur. Di event itu, saya dan blogger lainnya belajar tentang membuat video. Zaman sekarang, Blogger juga mesti scaling up ilmu buat jadi Vlogger. Narasumber di event itu adalah INIMASABI, anak muda berbakat yang merupakan Duta Youtube Indonesia. Sebetulnya saya pernah ketemu Mas Abi sebelumnya saat acara Training The Trainer Fasilitator Gapura Digital by Google di Bekasi. Dari situ saya tahu kalau Mas Abi ini Master YouTube. Sayangnya saat itu saya nggak sempat berguru tentang bagaimana membuat video yang keren untuk pemula.

 

inimasabi
@inimasabi

 

Acara Blogger/Vlogger Gathering itu seru banget dan bertabur banyak hadiah. Saya mendapat salah satu hadiahnya, yaitu bantal cantik berwarna merah-putih. Di akhir workshop tentang pembuatan video, ternyata kami para audience ditantangin untuk langsung praktik membuat video saat itu juga! Hah! Rasanya nggak siap banget kalau saya harus membuat video dalam waktu singkat. Untung saja temanya sudah ditentukan yaitu tentang Kota Wisata Cibubur. Siang hari itu, kami diajak tour keliling Kawasan Kota Wisata oleh tim manajemen Kota Wisata Cibubur.

 

 

Jalan-Jalan di Kawasan Kota Wisata Cibubur

 

Sebetulnya saya sering mendengar tentang Kawasan Kota Wisata Cibubur meskipun saya belum pernah ke sana sebelumnya. Di benak saya saat itu, “Kota Wisata” merupakan kawasan yang memang khusus dijadikan lokasi wisata. Hmm, nggak sepenuhnya salah sih dugaan saya karena memang Kawasan Kota Wisata Cibubur itu konon ceritanya memang jadi ajang tempat hiburan untuk masyarakat di luar atau di sekitar kawasan itu sendiri.

 

gate kota wisata

 

Desain dan tata wilayahnya yang unik memang menjadi ciri khas dari Kota Wisata Cibubur. Misalnya saja di dalam areanya terdapat wilayah yang disebut Kampung China yaitu tempat wisata dan belanja yang arsitektur bangunannya bergaya China. FYI, di Kampung China ini menyediakan berbagai macam kebutuhan Imlek, makanan tradisional, berbagai macam toko, dll.

 

Selain Kampung China, sebenarnya ada kampung lainnya seperti Kampung Indonesia, Kampung Jepang, Kampung Amerika, Kampung Eropa yang tentunya arsitektur bangunannya menyesuaikan dengan ciri masing-masing namanya. Tapi, seingat saya sih yang masih bisa dibilang bertahan kepopulerannya sampai saat ini ya hanya si Kampung China itu.

 

kampung china
Kampung China (Source: http://www.kota-wisata.com)

 

Saat tour berkeliling kawasan, guide menjelaskan banyak informasi. Katanya sih, ada rencana taman dan hiasan patung yang ada di kanan-kiri air mancur bakal dirobohkan untuk dijadikan pintu exit tol Cimanggis. Yups, nantinya akses ke Kota Wisata Cibubur akan semakin mudah karena nggak perlu exit di Jalan Transyogi yang macettt itu. Wow ini perumahan eksklusif banget ya! Betapa beruntungnya para penghuni perumahan di sana.

 

patung air mancur
Patung dan Air Mancur

 

 

Fasilitas di Kawasan Kota Wisata Cibubur

Kalau ngomongin soal fasilitas, ternyata lengkap pake bangetttt. Ini saya detailkan ya:

  • Bank dan ATM

Di kawasan ini tersedia berbagai macam bank seperti Bank Sinarmas, Mandiri, BCA, CIMB Niaga, Maybank, dll. Fasilitas ATM juga tersedia lumayan banyak.

 

  • Rumah Sakit

Gedung Rumah Sakit Eka Hospital sudah hampir selesai proses pembangunannya. Rencananya rumah sakit akan mulai beroperasi akhir Agustus 2019. Wah kalau rumah sakitnya sudah jadi, ini akan sangat memudahkan penghuni mendapatkan akses kesehatan tanpa perlu jauh-jauh keluar dari kawasan.

 

eka hospital
Rumah Sakit Eka Hospital

 

  • Shophouse

Bangunan rukonya ada banyak. Apa yang kamu butuhkan, hampir semua ada di sini mulai dari apotek, mini market, sanggar les, klinik akupuntur, bengkel, toko baju, dan sebagainya.

 

  • Sekolah dan Tempat Kursus

Yang sempat saya lihat kemarin BPK Penabur yang bangunannya cukup besar dan eye-cathing. Di sana tersedia juga Sekolah Islam Fajar Hidayah,  Sekolah Katolik BHK, dan Sekolah Islam Al-Azhar.

Selain itu, ada banyak tempat kursus yang ada di lokasi Kota Wisata antara lain Kumon, EF, ILP, dan lainnya.

 

Read also: Bermain di Taman Pemuda Pratama, Taman Ramah Anak di Kota Depok

 

  • Sport

Lokasinya dekat Marketing Office. Fasilitasnya meliputi kolam renang, arena futsal, tenis, badminton, squash, tenis meja, basketball, jogging track, fitness center, spa, kelas aerobik, dan 5 Stars Gym. Wuiih banyak banget ya! Nggak ada alasan buat nggak berolahraga di sini.

sport club
Sport Club di Kota Wisata (Source: http://www.kota-wisata.com)

 

  • Transportasi Umum

Di Kota Wisata ternyata tersedia Feeder Busway, Intrabus untuk berpindah lokasi di dalam Kota Wisata, Mini Bus Transportation menuju ke bandara, Taxi Pool di depan Kompleks Sentra Eropa, serta Bus JR Connection.

 

  • Food City

Jangan takut kelaparan di sini (selama kita punya uang untuk membeli makanan, hehe) karena banyak kafe dan restaurant di lokasi Kota Wisata. Contohnya: Steak 2511, McDonald’s, Raffel’s, Mang Kabayan, Saung Sunda, Coffee Toffee, Saint Cinnamon & Coffee,  Sharon Bakery, dll.

Oh ya, kemarin para blogger diajak makan di beberapa kedai yang tersebar di kawasan Kota Wisata seperti Nasi Bogana, Soto Semarang, Soto Padang, dll. Kebetulan saya dapat kesempatan menyicipi Soto Semarang.

 

  • Tempat Ibadah

Kawasan ini mempunyai Masjid Jami’ Darussalam dan Gereja Maria Bunda Segala Bangsa.

 

  • Fresh Market

Jangankan Alfamart, Indomaret, atau Lawson, di lokasi ini tersedia juga loh pasar tradisional, HERO Supermarket, dll.

 

fresh market
Fresh Market (Source: http://www.kota-wisata.com)

 

  • Servis lainnya

Hmm, apa lagi yang kira-kira kamu butuhkan? Servis kendaraan? Reflexiologi? Semua tersedia di sini.

 

  • Taman Kota

Nah kalau taman kota ini, katanya sedang dipersiapkan untuk dibangun di depan HERO Supermarket.

 

  

Residential di Kota Wisata Cibubur

 

Di atas lahan seluas 480 ha (yang kemudian ekspansi menjadi 750 ha), ada 5 cluster di kawasan ini: Nashville, New Visalia, Bellwood, Nebraska, dan Visalia.

Kemarin saya berkesempatan “mengintip” dalamnya salah satu rumah di Cluster Nashville. Saya langsung nggak ingin pulang karena betah. Hehe. Coba kalau saya ada uang pas, langsung saya beli cash keras deh itu rumah. Hahaha.

 

Ini dia beberapa penampakan ruangan di dalam rumah:

 

sampel rumah

 

sampel rumah

 

sampel rumah

 

sampel rumah

 

sampel rumah

 

 

Akses Menuju Kota Wisata Cibubur

Akses ke sana nggak terlalu sulit sebenarnya. Yang sulit menurut saya adalah kalau jadi penghuni Kota Wisata tapi nggak punya kendaraan sendiri, jadi nggak bebas kemana-mana hehe.

Lokasi Kota Wisata ini strategis, sekitar 6 km dari exit tol Cibubur. Kalau dari arah tol Jagorawi, lurus saja ke arah TransYogie / alternatif Cibubur menuju Jonggol Cileungsi atau Taman Buah Mekar Sari (jaraknya sekitar 13 km).

 

akses kota wisata cibubur

 

Kota Wisata ini dekat dengan beberapa tempat wisata. Selain Taman Buah Mekar Sari, dekat juga dengan Cibubur Camping, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan beberapa lapangan golf.

 

Sekian dulu ya cerita jalan-jalan bareng blogger-nya, insyaAllah kita sambung di lain waktu.

Buat yang mau tahu informasi lebih lanjut tentang Kota Wisata Cibubur, silakan cek ke akun sosial medianya ya kakak….

 

Read also: Keseruan Blogger Day 2019 di Trans Studio Bandung

 

Sosial Media

https://www.instagram.com/kotawisata.cibubur/

‘https://twitter.com/KotaWisata_SML

https://m.facebook.com/kotawisatacibubur.sinarmasland/

https://www.youtube.com/channel/UCiDAlLvTGk3BmAZeRSMHLYw

Please follow and like me:
error

12 thoughts on “Mengintip Mewahnya Hunian Kota Wisata Cibubur

  1. Ini tuh yang dulu Kampung Cina “China Town” yang terkenal itu bukan? Wah enak bener tinggal di sini lengkap fasilitasnya. Fresh market, sekolah, taman kota, food city dan lain2 bakalan bikin betah penghuni rumah ya. Lokasinya strategis nih. Eska udah pilih2 yang mana nih kira2 sesuai minat? Hehehehe… mewah ya seperti di foto2 itu ruangan rumahnya hhhmm…keren!

  2. Intipannya sukses membuat aku kagum lho.. minggu lalu deh aku lewatin kota wisata ini.. dari gerbangnya aja udah mewah ya.. dan sekarang berhasil mengintip dalemnya.. mau punya rumah juga disini.. masih asri banget ya suasananya

  3. Dekat sama trans yang baru itu duh jadi huniannya emang jadi inceran keluarga baru nih. Apalagi akan banyak transportasi massal yang mudah digunakan. Ngurangin polusii

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.