Manfaat Tersembunyi dari Coklat dalam Masakan

Siapa yang nggak tahu coklat atau chocolate? Anak-anak dan orang dewasa suka cokelat meskipun ada juga yang nggak suka karena rasanya terlalu manis atau pahit. Jenis makanan yang satu ini umumnya ada yang dijual dengan varian yang siap santap, namun ada juga yang dibuat khusus untuk bahan masakan. Untuk chocolate yang siap santap tentu tinggal kita makan saja sebagai camilan dan kurang tepat jika digunakan dalam masakan. Untuk masakan, seperti pada pembuatan kue, saus, permen, atau dessert biasanya menggunakan jenis coklat tersendiri.

 

Ada berbagai macam jenis coklat untuk masakan, seperti couverture chocolate, compound chocolate, dark chocolate compound, milk chocolate compound, white chocolate compound, kakao, dan masih banyak lagi. Masing-masing jenis chocolate tersebut cukup berbeda satu sama lain, sehingga penerapannya pada olahan masakan pun juga berbeda. Chocolate jika dikonsumsi sangat bagus untuk kesehatan kulit, membantu menurunkan berat badan, baik untuk otak, meningkatkan mood, dll. Nggak heran kalau bahan satu ini sangat disarankan penggunaannya karena membuat citarasa masakan  menjadi lebih berciri khas dan lebih nikmat. Untuk yang ingin berbelanja bahan masakan dengan harga lebih terjangkau, bisa berkunjung langsung ke Tokowahab.

 

Read also: Minyak Bekatul, Minyak Goreng Sehat untuk Diet

 

coklat
Source: Pixabay

 

Pada masakan, bahan coklat ini sering dimanfaatkan untuk berbagai olahan berikut ini:

 

Cake dan kue kering.
Menggunakan chocolate dalam olahan cake atau kue kering bisa menambah aroma, rasa, dan warna menjadi berciri khas. Untuk jenis chocolate yang digunakan adalah cocking chocolate dan chocolate bubuk.

 

Dessert.
Banyak dessert yang menggunakan bahan dasar chocolate, seperti pudding chocolate, soufflé atau mousse, dll. Chocolate yang digunakan biasanya berupa cooking chocolate maupun yang berbentuk bubuk. Dibandingkan cooking chocolate, chocolate yang bubuk lebih sedikit digunakan dalam pembuatan dessert karena kadar chocolate yang tinggi dan warnanya yang terlalu pekat.

 

Minuman.
Baik untuk minuman dingin maupun minuman hangat, chocolate ini juga sering digunakan. Chocolate sangat cocok jika dicampur dengan susu sehingga minuman menjadi lebih lezat dan kaya aroma.

 

Praline.
Jenis merk bubuk coklat yang sering digunakan untuk membuat pralien atau chocolate yang diisi dan dicetak menggunakan cetakan khusus adalah couverture chocolate. Couverture mengandung lebih banyak cocoa butter dibandingkan dengan cooking chocolate sehingga mampu menghasilkan bentuk yang bagus dan mengkilat. Selain itu praline juga lebih mudah dikeluarkan dengan cetakan jika menggunakan bahan couverture chocolate dibandingkan dengan chocolate jenis lainnya.

 

Well, itu tadi sekilas tentang coklat dan manfaatnya, semoga bisa menambah wawasan ya.

 

 

-SKA-

Please follow and like me:
error

7 thoughts on “Manfaat Tersembunyi dari Coklat dalam Masakan

  1. Wow, aku demen banget makan cokelat, anak2 juga. Biasanya brownies enak dan legit itu bahan cokelatnya premium ya alias mahal hihihi. Bagus loh buat kesehatan banyak manfaatnya, asal jangan lupa menggosok gigi sebelum pergi bobo. Suka minuman cokelat juga bisa yang dingin atau panas tergantung sikon. Btw menurut KBBI yang benar itu ‘cokelat’ bukan ‘coklat’, dear Eska 🙂 TFS yach. Ah jadi mau minum cokelat panas.

  2. Nah pengetahuan nih. Semua orang hampir suka ya yang namanya cokelat tapi jenis dan bahkan manfaatnya nggak banyak yang tahu. Aku paling hapal cokelat itu bisa menenangkan dan paling suka yang dark chocolate.

  3. Aku suka banget sama coklat. Diolah apapun tetap enak ya… Postingan ini bikin aku jadi tahu jenis-jenis coklat, ternyata banyak ya…
    Waktu ke sebuah toko coklat di Malaysia, aku malah baru tahu Indonesia termasuk lima besar penghasil Cokelat di dunia, sayang tingkat konsumsinya masih rendah banget ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.