Perlengkapan Bayi yang Wajib Dibawa saat Traveling

Assalamualaykum mommy, daddy, om, dan tante semuanya…

 

Ini tulisan saya di awal tahun 2020 yang idenya sudah lama banget bersemayam di alam bawah sadar, hehe. Tapi karena Mommy Halwa ini sok sibuk jadi baru terealisasi deh artikelnya. Well, kali ini saya mau cerita soal perlengkapan bayi yang wajib dibawa nih saat mau traveling bareng anak.

 

Saat Halwa bayi usia 1 bulan sampai sekarang dia berusia 3 tahun, sebetulnya pengalaman travelingnya  sudah cukup banyak, baik dalam kota, luar kota, antarkota dalam provinsi (udah kaya trayek bus saja, hehe), antarprovinsi, maupun mancanegara. To be honest, sebagai emak yang males rempong, buat saya sih lebih enak bawa anak traveling saat dia masih full ASI eksklusif karena nggak banyak perintilan yang harus dibawa. Apalagi kalau Mom melakukan direct breastfeeding (DBF) alias menyusui langsung.

Pernah pertama kalinya Halwa saya ajakin pergi menginap di salah satu hotel di Jakarta ketika usianya masih 4 bulan dan masih full ASI. Traveling kami saat itu untuk urusan kerjaan kantor saya yang mengharuskan saya fullday sedari pagi sampai siang harus stanby di ruang meeting untuk mengurus workshop nasional. Otomatis saya nggak bisa menyusui langsung karena Halwa lebih sering tinggal di kamar hotel dengan pengasuhnya. Nah, saat itu perlengkapan bayi yang saya bawa (selain popok & baju, tentunya) adalah alat pumping, botol / media pemberian asip, mainan, popok, tissue, dan sabun pembersih botol.

 

Lain usia bayi, lain lagi perlengkapan bayi yang harus dibawa traveling. Misalnya saat anak masuk usia MPASI nih, saya harus menyiapkan extra 1 koper kecil khusus untuk bawa perintilan MPASI-nya saat traveling. Rempong? IYA BANGET! Hahaha, tapi ya sudah nikmati saja karena kerempongan ini suatu saat akan dirindukan kan ….

 

traveling dengan anak

 

Yang pasti, saat anak mulai masuk fase oral dan fase MPASI ketika dia akan lebih sering memasukkan sesuatu ke dalam mulutnya, baik itu mainan ataupun makanan, kita sebagai orang tua perlu banget memperhatikan kebersihan dan keamanannya. Apalagi masa 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) si anak merupakan kesempatan terbaik kita dalam memberikan 1000 Hari Perlindungan untuk kesehatan di masa depannya.

 

Okay, ini saya buatkan list perlengkapan bayi yang wajib dibawa Mommy Halwa saat traveling. Saat traveling pun, kebersihan dan keamanan peralatan bayi harus tetap kita perhatikan ya Mom. Check it out!

 

DAFTAR PERLENGKAPAN BAYI YANG WAJIB DIBAWA SAAT TRAVELING (Bayi Usia ASI Eksklusif)

 

1.      Pakaian dan selimut

Saya nggak perhitungan kalau bawa baju bayi saat traveling. Apalagi kalau bayi masih sering gumoh & gampang keringetan, saya akan bawa baju lebih banyak. Pakaian akan saya masukkan koper, tapi saya tetap bawa 2-3 stel pakaian yang dibawa di tas bayi untuk kebutuhan selama perjalanan. Pakaian ini pun saya bawa beberapa macam: baju untuk bepergian, baju tidur/baju main, kaos kaki, topi bayi, dan jaket.

 

2.      Perlengkapan mandi

Daftar wajib: handuk, sabun, shampoo, dan minyak telon. Kalau mau lebih praktis bawa sabun sekaligus shampoo (head to toe). Ketika Halwa masih mandi pakai bak mandi bayi, hal pertama yang saya lakukan begitu sampai di kamar hotel adalah menelpon bagian housekeeping atau operator untuk minta bak mandi bayi & gayung. Biasanya hotel-hotel tertentu memang menyediakan fasilitas ini.

 

3.      Perlengkapan Pumping

Ini yang lumayan harus detil ya menyiapkannya. Perlengkapan pumping yang saya bawa antara lain:

 

a.      Pompa ASI

Saya pakai pompa ASI Spectra 9+ yang praktis dibawa karena mesin elektriknya portable. Kalau ada yang mau baca review pompanya, silakan klik link hidupnya ya.

spectra 9 plus
Spectra 9 Plus

 

b.     Botol Kaca / Kantong ASIP (ASI Perah)

Kalau mau repot sedikit, saya bawa botol kaca steril untuk menyimpan ASIP. Kalau mau praktis ya pakai kantong ASIP. Setelah ASIP dimasukkan ke wadah tersebut, kita tentunya perlu kulkas untuk menyimpan ASIP ya. Nah, kalau kebetulan kamar hotel saya nggak menyediakan kulkas ya saya akan nitip di bagian dapur hotel. Kalaupun di kamar hotel ada kulkasnya, dilihat lagi ada freezernya atau enggak. Kalau nggak ada freezer, itu artinya ASIP hanya bisa bertahan 24 jam di lemari pendingin ya Moms.

 

c.      Slabber / Celemek Makan Bayi

Dari usia masuk MPASI sampai Halwa usia 3 tahun, saya masih setia pakai celemek makan bayi. Alasannya simple saja sih karena saya males baju bayi kotor setiap setelah makan. Hehehe.

 

d.     Botol Bayi / Media Pemberian ASIP

Ketika nggak bisa memberikan ASI secara langsung, keberadaan botol bayi (saya pakainya botol sendok), sendok, pipet, dot, dll menjadi sangat penting untuk media memberikan asi perah kepada bayi.

 

e.      Sabun Pembersih Botol & Sikatnya

Hal yang penting dan tak boleh ketinggalan adalah sabun pembersih botol bayi. Saya bawa alat pumping, botol kaca, dan mainan bayi tentunya saya juga perlu membersihkannya setiap saat pakai sabun dan sikat khusus. Biasanya saya pakai Sleek Baby Pembersih Botol dengan 8 Proteksi untuk membersihkan botol-botol bayi.

sleek bottle cleaner

 

4.      Popok, Kapas, Tissue

Bawa tissue basah & tissue kering jangan lupa ya Moms. Kalau anak masih bayi banget perlu deh bawa kapas lembut untuk membersihkan pantat selesai pup atau pipis.

 

Nah, berikut ini adalah tambahan daftar barang yang wajib dibawa traveling ketika bayi sudah masuk usia MPASI. Sselain daftar di atas, perlengkapan bayi lainnya yang wajib dibawa menurut Mommy Halwa adalah:

 

 

TAMBAHAN DAFTAR PERLENGKAPAN BAYI YANG WAJIB DIBAWA SAAT TRAVELING (Bayi Tahap MPASI)

 

5.      Perlengkapan Makan Bayi

Ini juga mesti detil menyiapkannya jangan sampai ada yang ketinggalan. Tentunya saya pilih produk bayi yang aman untuk peralatan makannya.

 

a.      Piring / Mangkok & Lunch Box

Yang biasanya saya bawa traveling adalah 1 mangkok dan 1 lunch box. Mangkok ini yang sekaligus ada tutup dan sendoknya. Suka deh sama mangkoknya Nubi. Lunch box dibawa untuk antisipasi saja tapi seringnya terpakai koq.

b.     Botol / Gelas Minum

Saya biasanya bawa sippy cup dan botol bayi yang ada straw-nya. Kalau sippy cup sih bisa apa saja, tapi kalau botol bayi dengan straw saya percaya sama Tommee Tippee karena botolnya nggak bocor jadi aman kalau dibawa traveling.

c.      Sendok dan Garpu Bayi

 Untuk sendok bayi saya bawa agak banyakan sekitar 3-4 lah buat ganti-gantian.

 

6.      Alat Masak

Well, yang bikin rempong sebetulnya ini sih. Heheheee. Alat masak yang biasanya saya bawa antara lain:

 

a.      Slow Cooker / Rice Cooker

Bawa kompor listrik bagus saja kalau mau, tapi ya rempong banget. Jadi demi alasan kepraktisan, saya nggak merekomendasikan. Sebaiknya bawa slow cooker ukuran kecil atau rice cooker khusus traveling.

b.     Saringan / Hand Blender

Oh ya, tekstur makanan harus disesuaikan dengan usia dan kemampuan makan anak. Kalau anak masih suka makanan lembek jangan lupa bawa saringan / hand blender ya Moms. Saya sih prefer pakai saringan karena nggak punya hand blender. Hehehe.

c.      Parutan Keju & Pisau Kecil

Ini opsional sih sebetulnya. Berhubung anak saya doyan makan keju jadi saya wajib bawa parutan. Pisau berguna untuk kupas buah atau memotong. Tapi kalau nggak bawa pisau pun nggak masalah karena kita bisa pinjam pisau hotel.

 

 

7.      Bahan Makanan

Kalau pergi hanya dalam waktu singkat, biasanya saya bawa bahan makanan sendiri. Tapi kalau cukup lama perginya, saya lebih milih belanja di minimarket sekitar hotel.

Bahan – bahan makanan yang biasanya saya gunakan: beras, mie, keju parut, telor, abon, kentang, sayuran (wortel, buncis), buah-buahan.

 

 

Nah itu tadi hal-hal yang wajib dibawa saat bepergian dengan anak, baik dari mulai anak bayi sampai anak masuk usia MPASI. Kalau anak sudah di atas 2 tahun, nggak serempong itu karena anak biasanya sudah mulai belajar toilet training, sudah disapih, dan sudah bisa makan makanan keluarga.

 

SABUN PEMBERSIH BOTOL: Perlengkapan Bayi yang Sering Terlupa

 

Hal yang saya mau ingetin (karena ini sering terlupa) adalah bawa sabun cuci pembersih botol bayi. Dulu di awal-awal saya sering banget kelupaan bawa sabun cuci ini. Kenapa penting bawa sabun pencuci botol? Ya karena saya pakai alat pumping, botol – botol, alat makan bayi, dll setiap hari. Tentunya saya harus pastikan peralatan tersebut bersih dan aman sebelum dipakai.

 

Bagaimana memastikan kebersihan dan keamanan peralatan yang kita pakai?

Tentunya kita juga harus memilih untuk hanya menggunakan produk bayi yang aman donk. Apalagi untuk bayi baru lahir yang rentan kuman penyakit, saya concern banget sama kebersihan. Bahkan pas anak saya bayi, kalau ada yang mau sentuh si kecil saya suruh cuci tangan dulu, hehe.

 

Oke kembali ke sabu pembersih botol, dari zaman dulu sampai sekarang saya masih suka pakai Sleek Baby Pembersih Botol dengan 8 Proteksi yang berfungsi sebagai pembersih botol dan peralatan bayi dengan formula Food Grade. Kalau ada claim “food grade”saya merasa tenang karena itu artinya aman untuk bayi.

 

sleek bottle

 

Biasanya di botol susu bekas tempat ASIP, saya mendapati sisa lemak susu dan bau nggak sedap yang masih menempel di dalam botol. Baunya bener-bener aduhai deh sampai kadang saya jijik sendiri dengan bau ASIP. Nah, kalau pake Sleek, sisa lemak susu dan baunya bisa hilang karena Sleek mengandung stain removal formula.

 

FYI nih Sleek Baby Pembersih Botol kini hadir dengan Formula Baru, dilengkapi dengan 8 proteksi untuk si kecil. Saya tuliskan sekalian ya ke-8 proteksi tersebut biar pembaca tau kenapa saya nyaman memilih Sleek.

 

IMPROVED FORMULA 8 PROTEKSI

  1. Food Grade : Formulasi Food Grade yang berarti tidak mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan dan aman untuk si Kecil.
  2. Natural Anti Bacterial : Bahan alami yang mampu membasmi kotoran dan kuman secara maksimal pada perlengkapan si Kecil termasuk botol susunya.
  3. Stain Removal : Mampu membersihkan noda yang menempel, sisa lemak dan bau yang tidak sedap pada peralan makan si Kecil secara keseluruhan.
  4. Hypoallergenic : Formula Hypoallergenic mampu meminimalisir terjadinya iritasi kulit, gatal dan kasar pada kulit. Perlindungan bukan hanya untuk si Kecil tapi juga untuk Bunda juga saat mencuci.
  5. Dermatologically Tested : Sabun pencuci botol yang sudah teruji klinis atau Dermatology Tested !
  6. Microbiological Tested : Produk yang sudah teruji efektif dalam membunuh Mikroorganisme yang berbahaya
  7. High Quality Concentrate : Hanya perlu sedikit saja, botol susu si kecil sudah bersih dan terlindungi dari kuman!
  8. Paraben Free : Sabun pencuci botol, peralatan makan dan mainan  si kecil yang tidak mengandung paraben dan bahan pengawet lainnya sehingga aman untuk si kecil

Sekian ya sharing perlengkapan bayi yang wajib dibawa saat traveling bareng anak, tentunya versi Mommy Halwa. Meskipun sedang melakukan traveling, kebersihan dan keamanan perlengkapan bayi harus selalu kita jaga untuk alasan kesehatan si kecil. Semoga bermanfaat.

Untuk info produk Sleek Baby Pembersih Botol dengan 8 Proteksi bisa langsung kunjungi ke:

FB : https://id-id.facebook.com/SleekJugaSayangAnak/

IG : https://www.instagram.com/sleekbaby_id/

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Please follow and like me:

23 thoughts on “Perlengkapan Bayi yang Wajib Dibawa saat Traveling

  1. wah seneng banget adek Halwa, bisa ikut mamanya bertugas ke luar kota. Saya kalau tugas luar, biasanya sendirian aja, anak-anak di rumah. Tapi kalau daerah masih di area Jawa Timur dan kerjaan nggak terlalu butuh perhatian, anak-anak boleh ikut.

    Emang resikonya, bawaan jadi banyak. Tapi anak jadi tahu juga kerjaan mamanya

  2. jadi inget waktu anak pertama lahiran, pergi ke rumah mertua aja nih, udah kayak pindahan! baju bayi dua tas – handuk sampe shampo sabun – peralatan makan – semuaaaa

    kalo dulu pikirannya kayak sekarang pasti ga kayak pindahan lagi – cukup bawa botol 1 – sleek dan baju beberapa setel – pospak – kelar

  3. Been there! rempong bebawaan saat traveling sama bayi hihi. Kita satu tas kecil dia sekoper gede peralatannya. Dn dimanapun kebersihan mesti teteup dijaga. Diantaranya nyuci perlatannya pakai Sleek Baby ya

  4. Klo punya bayi bawaan segambreng, pas balita segambreng eh pas udah anak anak ko saya tetep segambreng ya? Haha
    Bener ya pasti dirindukan momen kaya gini, klo udah gede, bawa masing masing atau merekaudah gak mau ikut bareng efisi udah punya acara masing masing hihu

  5. benda lainnya yang harus dibawa salah satunya adalah stroller. Kalau ayah bundanya pegal anak-anak bisa didorong menggunakan stroller.

  6. Liat listnya panjang bener ya. Tapi memang kenyataannya harus gitu. Ngerasain punya anak 3 aku kalo traveling udah kaya pindah rumah. Hahaha. Demi perjalanan yang nyaman haqiqi

  7. Lumayan juga ya mbak kalau semakin tahun barang bawaan untuk si kecil tambah banyak dan tas pun juga banyak pula isinya
    Penting selama traveling anak nyaman dan tetap mengkonsumsi sesuai asupannya ya mbak

  8. Melakukan perjalanan bersama bayi memang lebih banyak ‘perintilan’ yang dibawa, itu jadi poin penting agar anak tetap nyaman ya meski sedang bepergian. Termasuk untuk urusan segala kebersihannya

  9. Pergi bareng bayi memang harus siap bawa banyak barang. Apalagi kalau sudah mulai mpasi. Selain makanan buat si kecil, perlengkapan makan dan minum yang bersih dan aman digunakan harus tersedia. Biar liburan tetap menyenangkan tidak beresiko anak sakit karena kurangnya kebersihan. Untung ada sleek ya…

  10. Sleek kan ada yang travel pack kit ya, Mbak. Jadi udah lengkap buat dibawa bepergian. Tapi kalau gak sempat bawa pun mudah kok repurchasenya. Tapi yang bener yang memang jadi item wajib gini. Namanya aja sama baby ya , Mbak. Amannya sih emang list buat keperluan baby lengkap.

  11. Keinget zaman anak masih bayi aku juga le mana2 bawa pompa asi dan botol juga gelas dan sendok. Meski bisa nen langsung khawatir aja gtu kalau gak diperah ntr PD keras. Emang penting bawa pembersih botol juga ya kyk Sleek ini soalnya walau traveling jauh harus memastikan perlengkapan utk bayi yg dibawa bersih yaa

  12. Butuh perencanaan yang cermat tentunya untuk membawa berbagai perlengkapan untuk anak ketika traveling bersama gini. Jangan sampai hendak piknik tapi kebutuhan anak malah keteteran.
    Salah satunya dengan tetap membawa pembersih alat minum dan makan untuk anak gini, pilih yang aman untuk si buah hati ya.

  13. Sleek emang andalan banget buat traveling sama bayi, apalagi ada ukuran khusus traveling & skrg udah punya formula baru 8 proteksi… ngga pernah lupa bawa sleek kl aku jalan2 sama anak2 biar kebersihan mrk terjaga terus

  14. Luar biasa banget bawaan traveling kalau sama anak ya mba. Aku belum punya anak sih, tapi noted banget ini buat bekal nanti. Ternyata ada Sleek juga yang wajib dibawa untuk bersihin peralatan anaknya biar tetap higienis ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.