Review Plastik PP Wayang, Plastik Aman untuk Kemasan Makanan

Moms, apakah ada yang di rumahnya bebas dari plastik? Salut deh saya sama orang-orang yang punya awareness diet kantong plastik.

 

Saya pun masih mencoba nih untuk hemat kantong plastik. Bukan berarti tanpa plastik sama sekali lho ya karena dalam beberapa hal, kantong plastik masih saya perlukan. Misalnya untuk kantong sampah (ini biasanya saya manfaatin sisa kantong plastik yang ada di rumah), untuk bungkus es batu, untuk bungkus bahan makanan seperti lauk pauk dan sayur-sayuran.

 

Bicara soal plastik untuk pembungkus makanan, biasanya saya pakai dalam rangka “food preparedness”. Lebih cakep kalau semua bahan dimasukkan ke kotak-kotak makanan sih, tapi ternyata wadah saya gak sebanyak itu. Jadi tetap saja perlu kantong plastik terutama untuk membungkus sayuran mentah dan bahan lauk-pauk hewani. Untuk lauk pauk hewani seperti daging dan ikan, saya sengaja menyiapkannya per porsi supaya gampang saat akan mengambil untuk diolah.

 

sayur dan lauk
Plastik PP Wayang untuk membungkus sayur dan lauk

 

Tapi Moms, ternyata nggak semua bahan plastik itu aman dipakai sebagai pembungkus makanan loh. Ada beberapa jenis plastik yang mengandung zat kimia berbahaya kalau bersentuhan langsung dengan makanan. Tentunya makanan yang terpapar zat kimia kalau kita konsumsi juga berbahaya buat kesehatan. Intinya sih, menggunakan wadah plastik untuk makanan kalau nggak sesuai aturan ya bisa menimbulkan risiko penyakit.

 

Terus gimana donk caranya kita tahu kalau kemasan plastik yang kita gunakan itu aman atau enggak untuk wadah makanan?

 

Tanda-tanda plastik yang aman untuk makanan

Plastik yang aman untuk makanan disebut food contact materials. Jenis plastik yang relatif aman untuk kemasan makanan misalnya yang terbuat dari polyethylene terepthalate (PET), high density polyethylene (HDPE), low density polyethylene (LDPE), dan polypropylene (PP).

 

  1. Food Grade

    Moms, plastik yang aman untuk wadah makanan harus banget punya tanda food grade. Tandanya berupa simbol garpu (untuk makanan) dan simbol gelas untuk minuman. Biasanya tanda ini ada di bagian bawah plastik atau di kemasan plastik tersebut.

 

Plastik bertanda food grade ini terbuat dari bahan yang aman untuk makanan dan tubuh, serta sudah melalui uji laboratorium yang cukup ketat. Bahkan, plastik ini biasanya tetap aman ketika kontak dengan makanan dan tahan panas. Tapi menurut saya pribadi sih, sebaiknya hindari penggunaan plastik untuk makanan berkuah panas ya karena dikhawatirkan akan tetap ada zat kimia yang bermigrasi dari plastik ke makanan meskipun dalam jumlah kecil.

Plastik yang tergolong dalam food grade biasanya terbuat dari polietilena (PE), poliprofilina (PP), polistirena dikenal juga dengan styrofoam, dan berbagai kemasan minuman.

 

 

  1. Tidak kotor

    Plastik untuk kemasan makanan yang bagus digunakan adalah yang nggak terkontaminasi dengan kotoran seperti cat atau noda. Sebetulnya kotoran di plastik bisa dicuci pakai air dan sabun sih, nggak masalah. Dengan semakin sering dicuci malah kandungan zat kimia dalam plastik semakin berkurang.

 

Kalau saya pribadi, untuk wadah makanan pasti memilih plastik yang bening dan nggak bernoda.

 

  1. Bisa digunakan berkali-kaliSelama bentuk plastik masih bagus dan layak pakai, plastik bisa digunakan berkali-kali untuk kemasan makanan karena plastik nggak ada masa kadaluarsanya. Menurut ahli, menggunakan plastik berkali-kali justru aman karena semakin sering digunakan dan dicuci, zat kimia yang ada di plastik semakin berkurang. Tapi ingat ya, syarat plastic bisa dipakai berulang adalah plastic yang bahannya sesuai untuk digunakan berulang kali. Kalau nggak salah, untuk kemasan air mineral yang dijual itu pakai bahan plastic yang hanya boleh untuk sekali pakai.

 

Read also: Minyak Bekatul, Minyak Goreng Sehat untuk Diet

Beberapa waktu lalu, saya ikut talkshow dari Badan POM tentang Program Cek KLIK. Intinya adalah sebelum berbelanja, kita tuh wajib banget mengecek 4 hal (KLIK), yaitu: Cek Kemasan, Cek Label, Cek Ijin Edar, Cek Kedaluarsa.

 

Memilih plastik mungkin lebih gampang ya karena nggak ada masa kadaluarsanya. Tapi berhubung plastik yang saya beli adalah untuk kemasan makanan, jadi saya cari yang memang punya label food grade, halal, dan sudah teruji bagus.

 

label di plastik
Label di plastik

 

Salah satu plastik yang rekomended yaitu produksi Panca Budi. Panca Budi ini mengeluarkan banyak jenis plastik sesuai jenis bahannya. Saya sering beli plastik Tomat, Jeruk, dan PP Wayang.

 

web Panca Budi
Web Panca Budi

 

Kalau plastik PE Tomat biasanya saya pakai untuk membuat es batu. Nah, kalau PP Wayang ini saya pakai untuk lebih banyak hal, misalnya kue, makanan tumisan, atau sambal (makanan basah tapi yang nggak berkuah).

 

 

Kenapa saya suka pakai kantong PP Wayang?

Berikut ini alasannya kenapa akhirnya saya tertarik pakai PP Wayang untuk keperluan sehari-hari di rumah:

 

  1. Kantong PP Wayang ini adalah produk kantong plastik jenis PP (Polypropylene) yang punya karakter transparan, bening, dan jernih dengan permukaannya mengkilap.
  2. Plastik PP Wayang dibuat dari bahan biji plastik berkualitas Grade A dan standar Food Grade (nggak mengandung bahan biji plastik daur ulang) sehingga aman dipakai untuk kemasan makanan dan minuman.
  3. Kantong plastik PP Wayang terdapat seal yang dibuat 2 lapis untuk benar-benar memastikan kekuatan kantong plastik PP Wayang selalu prima dan terjaga, serta nggak mudah jebol.
  4. Plastik PP Wayang punya beberapa sertifikasi:
    1. Sertifikasi ISO 9001 = Sertifikasi dalam hal manajemen produksi & penjaminan mutu produk
    2. Setifikasi Halal MUI
    3. Indonesia Best Brand Award (2011 – 2018) = Penghargaan untuk produk pilihan masyarakat
  5. Produk plastik PP Wayang punya berbagai ukuran lengkap dan ketebalan untuk memenuhi setiap kebutuhan masyarakat.

 

Kegunaan Plastik PP Wayang

Bisa untuk apa saja sih plastik ini? Ternyata banyak banget kegunaannya, tinggal nanti disesuaikan saja dengan ukurannya ya:

  • Pembungkus hasil laundry
  • Pembungkus kue jajanan pasar
  • Pembungkus kerupuk tradisional
  • Pembungkus bumbu kering (bumbu masak)
  • Pembungkus perhiasan dan aksesoris perempuan

 

Oh ya, plastik wayang ini punya tampilan logo baru yang lebih cantik menurut saya. Logo lama kaya lebih old-fashioned gitu, kalau logo baru tampil lebih segar dan modern. Ini perbandingan logo lama vs logo baru:

 

logo lama
Logo lama

 

logo baru
Logo baru

 

Di mana bisa beli Plastik PP Wayang?

Plastik PP Wayang ini bisa dibeli di toko plastik tradisional yang ada di pasar atau toko sekitar rumah. Mau beli secara online juga bisa di marketplace yang menjual produk ini.

 

Anyway, artikel saya ini memang membahas cara memilih plastik dan rekomendasi plastik untuk kebutuhan sehari-hari. Tapi bukan berarti kita harus boros plastik ya. Sebagai bagian dari Gerakan cinta lingkungan, please selalu bijak dalam menggunakan plastik. Okay?

 

Referensi:

https://nasional.kompas.com/read/2009/06/06/19364166/kiat.memilih.wadah.plastik.yang.aman

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180118212709-255-270043/3-cara-mengetahui-kemasan-plastik-yang-aman-buat-makanan

https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/kode-wadah-plastik-untuk-makanan/

 

 

Please follow and like me:

14 thoughts on “Review Plastik PP Wayang, Plastik Aman untuk Kemasan Makanan

  1. Plastik yang aman untuk wadah makanan harus banget punya tanda food grade. Tandanya berupa simbol garpu (untuk makanan) dan simbol gelas untuk minuman.

    Nah ini harus diperhaikan ya, jangan gegabah memakai plastik untuk wadah makanan.

  2. Siaap~
    Gak boleh pakai plastik secara sembarangan. Aku juga pakai PP Wayang lhoo…karena rekomendasi bagus untuk makanan alias food grade. Penting banget untuk menjaga kesehatan keluarga dengan menggunakan produk terbaik.

  3. Tak pernah terpikir buat nyuci plastik terus dipakai lagi, Mbak. Biasanya kalau udah bau bekas makan atau apa, tak buang. Lah, piring gelas aja numpuk nyucinya 2 hari sekali #eh!

  4. Plastik untuk pembungkus makanan memang harus diperhatikan betul-betul ya, mesti jeli dan teliti. Tenang deh jadinya kalau ada plastik buat pembungkus makanan yang aman

  5. Aku masih pake plastik ini untuk tempat membungkus sayur berkuah di bentonya anakku. Kalau pas lauknya kering ya ga usah pake plastik, cukup letakkan di tempat bekalnya aja. Kalau kualitasnya bagus dan food grade gini jadi enggak was-wasnya menggunakannya sebagai bungkus makanan.

  6. Kalau mau pakai plastik sebagai tempat makanan harus dipastikan dulu ya, itu plastik food grade.

    Plastik PP Wayang ini memang bagus, bening banget, tebel dan bersih. Dan yang paling penting, plastik ini aman untuk bungkus makanan. Bisa buat naruh sayur pas bawa bekal ke kantor nih.

  7. Setuju, bijak berplastik, baik jumlahnya maupun kualitas plastiknya sehingga aman bagi kesehatan kita. Yang bisa jadi referensi ya plastik pp Wayang ini memang. Dari dulu mutunya bisa jadi andalan

  8. Aku pake juga plastik wayang ini buat bungkus makanan. Memang harus plastik yang seperti karena aman buat makanan ya. Semoga penjual makanan juga memakai plastik ini.

  9. Sleek kan ada yang travel pack kit ya, Mbak. JAdi udah lengkap buat dibawa bepergian. Tapi kalau gak sempat bawa pun mudah kok repurchasenya. Tapi yang bener yang memang jadi item wajib gini. Namanya aja sama baby ya , Mbak. Amannya sih emang list buat keperluan baby lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.