Tips Memilih Tempat Belajar Bahasa Inggris untuk Anak

 

Moms, di zaman now atau yang disebut era globalisasi ini, kita ngga bisa terlepas dari yang namanya bahasa inggris. Hampir segala hal pasti bersinggungan dengan bahasa inggris mulai dari menggunakan gadget, main game, belajar, ujian sekolah, daftar kerja, bahkan cari resep masakan atau belanja online. Jadi, jelas banget ya bahasa inggris sudah menjadi kebutuhan dan merupakan hal yang wajib dipelajari.

 

Beberapa ortu milenial bahkan sudah mengajarkan anaknya berkomunikasi dengan bahasa inggris sejak dini. Iya, bahasa inggris sudah jadi mother tongue mereka. Lalu apa kabar dengan ortu yang kemampuan bahasa inggrisnya standar atau yang nggak telaten ngajarin anaknya berbahasa inggris?

Kalau kamu merasa materi bahasa inggris yang diajarkan di sekolah anak-anak kurang maksimal, atau mungkin kamu belum tahu bagaimana cara ngajarin anak berbahasa inggris secara terstruktur, jangan khawatir… sekarang lembaga kursus bahasa inggris sudah banyak tersedia. Ya kita bisa mengikutsertakan si kecil ke tempat belajar bahasa inggris.

 

belajar bahasa inggris
Source: pixabay

 

Masalahnya, memilih tempat belajar bahasa inggris susah-susah gampang loh, Moms. Kalau kita salah memilih tempat belajar malah jadi pemborosan. Saya berikan beberapa tips tentang bagaimana memilih tempat belajar bahasa inggris ya:

 

 

1. Metode pembelajaran

Memilih tempat kursus bahasa inggris sama artinya memilih dari sekian macam metode pembelajaran yang ditawarkan. Ada tempat kursus yang hanya fokus ke pembelajaran di dalam kelas dan ada pula yang mengedepankan metode pembelajaran interaktif. Sedikit saran sih Moms, pilihlah tempat belajar bahasa inggris yang fokus ke metode pembelajaran interaktif karena anak akan lebih memahami materi dengan baik ketika mereka praktik langsung.

 

 

2. Memilih tempat belajar bahasa inggris yang menyediakan kelas kecil

Tujuan kita mengikutsertakan si kecil ke lembaga kursus bahasa inggris adalah agar anak bisa belajar secara maksimal, kan ya? Kalau suatu kelas terdiri dari banyak murid, pastilah perhatian guru akan terbagi ke banyak murid. Selain itu, bisa jadi anak nggak fokus atau nggak konsentrasi karena terganggu dengan teman sekelasnya. Jadi, lebih bagus sih kita memilih tempat kursus bahasa inggris yang punya kelas kecil, artinya satu kelas jumlah muridnya nggak lebih dari 8-10 orang agar anak bisa menyerap pelajaran dengan maksimal.

 

 

3. Memilih tempat belajar bahasa inggris yang menawarkan tes penempatan

Tes penempatan (placement test) penting dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan anak memahami bahasa inggris. Hasil dari placement test ini juga bisa membantu Moms untuk memilih program tempat belajar apa yang tepat untuk anak. Dari hasil tes ini, Moms juga dapat melihat bagian mana yang anak kuasai apakah reading, listening, writing, atau speaking.

 

outdoor class
Source: pixabay

 

 

4. Pengajar yang handal

Pengajar menjadi salah satu faktor penting dalam memilih tempat belajar bahasa inggris. Sebelum mendaftar ke suatu tempat kursus, sebaiknya tanyakan dulu mengenai kualifikasi pengajarnya. Misalnya, pengajarnya lulusan dari mana, apakah pengajarnya lokal atau native speaker. Oh ya penting juga untuk memilih tempat belajar bahasa inggris yang memiliki trial class (kelas percobaan) agar Moms bisa melihat bagaimana cara / metode guru di tempat belajar tersebut mengajarkan materi kepada siswanya.

 

 

5. Suasana belajar

Nah, yang nggak boleh ketinggalan adalah suasana belajar di dalam kelas yang menyenangkan. Ini bisa memberikan manfaat yang bagus untuk anak loh, Moms. Anak jadi bisa memahami pelajaran dengan lebih baik dan akan rajin mengikuti tempat belajar. Kalau suasananya nggak menyenangkan, anak jadi males dateng ke tempat kursus padahal kita udah bayar mahal, kan?

 

So, pilihlah tempat belajar bahasa inggris yang memiliki suasana belajar menyenangkan dan fasilitas pembelajaran yang mendukung. Belajar bahasa Inggris nggak harus selalu di dalam kelas, loh. Beberapa tempat belajar bahasa inggris seperti EF menawarkan pembelajaran di luar kelas sehingga suasana belajar jadi lebih interaktif.

 

Oh iya, di EF ada program yang dinamakan EF Life Club. EF Life Club ini merupakan kegiatan extrakurikuler yang penting dan merupakan bagian dari pengajaran komprehensif. Dengan tema kegiatan yang beragam, anak bisa melakukan berbagai macam aktivitas seru sambil meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrisnya.

 

Yups, itu tadi beberapa cara memilih tempat belajar bahasa inggris yang (semoga) bisa membantu kamu dalam memilih tempat belajar bahasa Inggris terbaik. Ingat, bahasa inggris merupakan investasi yang sangat penting untuk anak, jadi pilihlah tempat belajar bahasa inggris yang terbaik ya Moms. Kamu ingin si kecil merasakan serunya belajar bahasa Inggris di EF dan jadi jago inggris? Daftar sekarang di EF.ID/aprilceria dan dapatkan diskon terbatas hingga Rp 2,45 juta dan merchandise eksklusif EF! #AkuBisa jago Inggris dengan seru di EF.

 

 

Please follow and like me:
error

5 thoughts on “Tips Memilih Tempat Belajar Bahasa Inggris untuk Anak

  1. metode pembelajaran dan jumlah murid dalam kelas emang penting ya, soalnya kalau bahasa inggris harus plus praktek juga, kalau kelasnya kecil bisa lebih intens prakteknya ya

  2. Anakku yang kecil aku rekomendasikan juga buat belajar bahasa Inggris mba. Soalnya biar dia bisa keliling dunia dan jago bahasa Inggris kayak mba Eska 🙂

    EF emang pilihan terbaik deh 🙂

  3. Informasinya penting banget nih buat para emak emak yang lagi bingung isi liburan sekolah yang panjang.. menarik juga kalo isi liburan dengan les bahasa inggris, makasih tipsnya mbak.. inshaAllah bermanfaat banget ini infonya

  4. Pas aku lagi cari tempat les bahasa inggris buat anakku nih, tapi karena banyak banget jadi bingung. Baca ini tercerahkan, EF memang sih recomend sejak dulu kala heheh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.