Cara Mencuci Gorden Menggunakan Mesin Cuci

Adakah ibu-ibu yang hobi mencuci pakaian? Saya sih NO, nggak tahu ya kalau kamu. Hehe.

 

Mencuci itu adalah kegiatan yang cukup melelahkan, setuju nggak? Apalagi kalau dikerjakan tanpa bantuan alat apapun. Bayangkan saja, kamu harus mencuci pakaian semua anggota keluarga satu persatu, membilasnya, lalu mengeringkannya. Belum lagi urusan menyetrika. Saya angkat tangan deh.

 

angkat tangan
Nyerah deh kalau harus mencuci banyak pakaian tanpa mesin cuci

 

Mencuci yang dilakukan tanpa mesin cuci pastilah takes time. Untuk itulah keberadaan mesin cuci dirasa sangat membantu para ibu. Pekerjaan mencuci yang dilakukan menggunakan mesin cuci akan lebih cepat selesai. Selain lebih hemat waktu, kamu pun bisa mengerjakan pekerjaan lainnya sambil menunggu cucian selesai. Saya sendiri nih biasanya sembari menunggu cucian selesai, pekerjaan lain seperti masak, mencuci piring, atau menyuapi anak juga bisa selesai dalam waktu bersamaan. Wanita itu kan multitasking, ya kan?

 

By the way, kalau kamu mau membeli mesin cuci ini, kamu bisa mengecek terlebih dahulu harga mesin cuci Sharp terbaru agar kamu bisa menyesuaikannya dengan budget.

 

Sekarang ini, hampir semua rumah tangga memiliki mesin cuci. Bahkan, mesin cuci lazim diberikan sebagai kado pernikahan. Saat saya menikah, teman kantor iuran membeli kado dan mereka nanya ke saya “Mau dibelikan apa nih?”, tanpa pikir panjang saya langsung menjawab “Mesin cuci”. Hehehe. Saya merasa itu jawaban yang tepat karena sekarang saya sudah merasakan sendiri bahwa menggunakan mesin cuci sangat membantu pekerjaan saya lebih efektif dan efisien. Selain itu, saya juga jadi lebih hemat pengeluaran karena saya nggak perlu lagi pakai jasa laundry. Kalau kamu belum punya mesin cuci dan berniat membelinya, kamu cari tahu dulu deh model seperti apa yang kamu inginkan. Kamu bisa mengecek harga mesin cuci Sharp terbaru di beberapa toko elektronik.

 

Read also: 5 Cara Berterima Kasih kepada si Mbak ART

 

 

Mencuci Gorden Menggunakan Mesin Cuci

Biasanya jenis bahan apa saja sih yang kamu cuci dengan mesin cuci? Kalau saya biasanya menggunakan mesin cuci untuk mencuci baju harian, baju kantor, celana, daster, rok, gamis, kerudung, sprei, dan kain-kain lainnya. Jarang banget (bahkan nggak pernah, seingat saya) saya mencuci selimut tebal, karpet, bantal, dan gorden dengan mesin cuci. Menurut saya, bahan-bahan tertentu sebaiknya dicuci manual menggunakan tangan, atau serahkan ke laundry. Kenapa? Ya karena khawatir mesin cuci bisa merusak bahan, atau sebaliknya, mesin cucinya yang rusak.

 

Kalau bicara soal gorden, kamu mencuci gorden setiap kapan sih? Kalau saya, emm, kayanya saya belum pernah mencuci gorden di rumah deh. Hahaha. Ya ampun, gorden itu kan lebar banget dan bahannya cukup tebal ya, saya rasa sulit deh kalau harus mencucinya menggunakan mesin cuci.

 

Nah, gorden di rumah saya kan lumayan ada beberapa helai yang lebar-lebar. Saya pikir-pikir, kalau saya pakai jasa laundry buat mencuci gorden pastilah banyak banget budget yang perlu dipersiapkan. Tapi, saya baru tahu ternyata kita nggak perlu khawatir lagi karena mencuci gorden dengan jenis mesin cuci apapun sebenarnya bisa saja dilakukan loh, asalkan kita memperhatikan bahan-bahan gorden tersebut. Bahan gorden tertentu pastinya memerlukan cara pencucian yang berbeda agar gorden tidak mudah rusak.

 

Read also: ‘uPang’ Alat Sterilisasi Botol Susu Bayi dengan Sinar UV

 

Di bawah ini ada 3 cara mencuci gorden dengan mesin cuci sesuai dengan bahan gorden yang digunakan. Berikut ulasannya.

 

1. Bahan satin atau polyester

Bahan satin atau polyester ini cenderung memiliki tekstur yang cukup lembut dan mudah diatur sehingga tidak masalah jika dicuci menggunakan mesin cuci. Caranya yaitu sama seperti mencuci pakaian lainnya, namun penggunaan deterjennya yang harus diperhatikan. Gunakanlah deterjen yang memiliki kandungan lembut agar tidak merusak gorden.

Setelah selesai dicuci, sebaiknya gorden dikeringkan dengan cara diangin-anginkan saja karena gorden khawatir akan rusak jika dikeringkan menggunakan pengering mesin cuci.

 

mesin cuci sharp
Mencuci gorden menggunakan mesin cuci? Bisa koq

 

2. Bahan linen dan katun

Gorden dengan bahan linen dan katun bisa dicuci menggunakan mesin cuci dan deterjen jenis apapun. Namun, saat mencuci gorden dengan bahan ini, jangan dikeringkan menggunakan fitur tumble dry pada mesin cuci agar gorden tidak rusak dan tidak kusut juga. Sebaiknya kamu mengeringkannya langsung di bawah sinar matahari agar gorden cepat kering. Kalau mesin cuci sudah tidak berfungsi dengan baik dan kamu berencana menggantinya, sebelum membeli coba cek dulu  harga mesin cuci Sharp terbaru.

 

3. Bahan gorden berenda

Untuk mencuci gorden dengan bahan yang satu ini, kamu harus cukup berhati-hati. Gorden renda umumnya memiliki tekstur yang halus, berbahan tipis, dan sedikit menerawang. Oleh karena itu, sebisa mungkin kamu menggunakan deterjen dengan kandungan yang cukup lembut. Jika memungkinkan, kamu bisa menggunakan pelembut agar gorden lebih lembut dan wangi.

 

Untuk pengeringannya, jangan menggunakan pengering pada mesin cuci ya. Menggunakan pengering pada mesin cuci hanya akan membuat gorden berenda ini menyusut. Jadi, sebaiknya kamu menjemurnya langsung di bawah sinar matahari.

 

Itulah beberapa tips mencuci gorden dengan menggunakan mesin cuci. Kalau kamu berencana beli mesin cuci baru, kamu bisa membelinya di Bukalapak. Harga mesin cuci sharp terbaru juga bisa kamu cek di Bukalapak.com dengan berbagai penawaran harga terbaik. Cukup menggunakan smartphone saja, kamu bisa mendapatkan mesin cuci yang kamu inginkan.

 

Read also: 4 Merk Stroller Bayi Yang Bagus di Bawah Rp 2 Juta

 

 

-SKA-

Please follow and like me:
error

16 thoughts on “Cara Mencuci Gorden Menggunakan Mesin Cuci

  1. hahaha kok samaan sih
    Gorden di rumah itu seingat saya, sejak dipasang sampai sekarang, belum pernah di cuci deh. Bukan prioritas hehe, nggak kayak sprei atau selimut yang sering kena ompol.

  2. kalau gorden ama bedcover aku masih cuci pake mesin cuci, sih. Kalau karpet emang kasi ke laundry hihihi…
    Terima kasih lho, tipsnya. Ntar lebih aku perhatiin deh, saat nyuci gorden.

  3. Kalau gordenku masih kucuci tangan hihi karena bahannya tipis, biasanya kucuci bergantian, jendela depan dulu setelah kering, baru buka yang lain karena takut ketukar heheh

  4. Pas kemarin renovasi rumah, gorden walaupun udah di ungsikan eh masih tetap aja kotor berdebu. Mau nyuci eh belum sempat. Baca tulisan mba Eska bikin aku semangat untuk nyuci gorden pakai mesin cuci 🙂

  5. Wah sama! Aku juga minta dibeliin mesin cuci aja buat kado nikah. Hehehe.
    Aku belum pernah nyuci gorden pake mesin cuci nih, kalau nyuci manual pernah dan itu kerja keras banget makasih tips nya mbak, aku mau cobain nyuci gorden di mesin cuci nanti.

  6. Kalau di rumahku, pakai mesin cuci yang front loading pada dasarnya memang aman mencuci pakaian yang halus, jadi untuk gorden yang vitrase pun aman

  7. Kalau yang gorden berenda itu lebih hati2 banget, ya. Selain tentang deterjen, takut rendanya jadi rusak. Duhh…deg2an nyuci gorden jadinya. Tapi tanpa mesin cuci ya gempooor ya, Mbak. Hahaha.

  8. Hehehe sama mba aku belum pernah nih nyuci gorden sendiri. Karena takut rusak gordennya atau mesin cucinya yang rusak. Baca iji jadi kepikiran cuci gorden pakai mesin cuci aja biar gampang n cepet hihihi

  9. Wkwk, duh, jadi inget gorden yang belum dicuci.. Udah 2 tahun padahal. Ups…

    Habisnya bingung Kak, kalau yang ini dicuci, nanti kami pakai apa buat nutup jendela, wwkwk.. Belum punya cadangannya soalnya, hiks..

  10. Bener banget ya terkadang terlupakan nie aku sendiri mau cuci gorden sedih si rasanyaa… Harus di inget lagi

  11. Aku kalau gordennya terlalu lebar, jadi takut mesin cucinya keberatan yaa…
    Jadi rusak nanti motornya.
    Tapi, kalau yang tipis-tipis, boleh laah…

    Cuuss,
    Kepoin harga mesin cuci di Bukalapak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.